6 Manfaat Udang Selain Meningkatkan Hormon Tiroid
Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Udang Selain Meningkatkan Hormon Tiroid

05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Rizki Indra
Selama ini, manfaat udang seringkali tertutupi dengan pendapat bahwa udang adalah makanan yang tidak sehat karena mengandung kolesterol tinggi. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya benar. Penelitian menunjukkan bahwa meski memiliki kadar kolesterol yang tinggi, kandungan nutrisi yang ada pada udang membuatnya cenderung tidak berbahaya untuk kesehatan jantung.
banner consideration shipping bg blue

Selain itu, selama kita mengkonsumsinya dalam batas wajar dan tidak berlebihan, manfaat dari udang masih bisa didapatkan secara optimal. Udang merupakan makanan yang bergizi tinggi karena rendah kalori, mengandung protein, lemak sehat dalam jumlah yang cukup besar, dan merupakan sumber asam lemak omega-6 dan omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaat udang untuk kesehatan? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Mencegah Anemia



Udang mengandung 21 persen vitamin B12 yang berfungsi sebagai nutrisi penunjang produksi sel darah merah sehingga dapat membantu mencegah penyakit anemia. Selain itu, vitamin B12 juga bermanfaat untuk pembuatan DNA, material genetis yang terdapat pada tiap sel. Karenanya, dapat membuat metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak dalam sel tubuh menjadi sempurna.

2. Menguatkan Tulang



Kalsium dan fosfor yang terdapat dalam udang adalah dua zat yang bekerja sama membentuk tulang dan gigi yang kuat. Ketika mengonsumsi udang, sebaiknya makan bersama kulitnya karena kulit udang mengandung glucosamine. Kandungan ini bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian tulang. Penipisan atau kerusakan pada tulang rawan ini dapat mengakibatkan nyeri yang hebat pada persendian yaitu pengapuran.

3. Mencegah Rambut Rontok



Manfaat udang juga berlaku bagi kesehatan rambut. Pasalnya, udang berpotensi mencegah kerontokan rambut kepala. Hal ini karena zinc berperan dalam memberikan kebaikan tersebut. Kekurangan zinc telah dikaitkan dengan masalah rambut rontok, jadi pastikan asupan zat ini cukup untuk tubuh.
banner consideration promotion bg blue

4. Memelihara Kesehatan Otak



Rutin mengkonsumsi makanan laut ini dapat membantu menjaga kesehatan otak kamu. Kadar zat besi dalam udang diperlukan tubuh untuk produksi hemoglobin yang berperan untuk mengikat oksigen. Produksi hemoglobin yang optimal akan melancarkan aliran oksigen ke dalam tubuh, termasuk ke otak. Saat kecukupan oksigen di otak ini terpenuhi, maka dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan pemahaman kamu. Kandungan astaxanthin dalam manfaat udang juga dapat meningkatkan daya ingat, ketahanan sel otak, dan menurunkan risiko peradangan otak.

5. Menjaga Kesehatan Jantung



Hasil studi telah menemukan bahwa, 356 wanita yang mengkonsumsi kerang dan udang dengan teratur memiliki kadar trigliserida dan tekanan darah yang signifikan lebih rendah, daripada mereka yang tidak mengkonsumsi kerang dalam makanan sehari-harinya. Penelitian ini telah membuktikan, bahwa orang yang mengkonsumsi udang secara teratur tidak memiliki resiko terkena penyakit jantung daripada mereka yang tidak mengkonsumsinya.

6. Mencegah Kanker



Manfaat udang dapat mencegah kanker karena kandungan selenium yang ada pada udang yang dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, terutama kanker prostat. Selain itu, kandungan zinc dalam udang dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat. Asupan zinc yang dibutuhkan oleh tubuh relatif sedikit, yaitu 10-15 mg setiap harinya dan dengan konsumsi udang, kebutuhan tubuh akan zat ini akan terpenuhi.

Penelitian menunjukkan, bahwa kombinasi sulforaphane dan selenium dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap kanker sebanyak 13 kali lipat. Makanan dengan kaya akan sulforaphane ini meliputi brokoli, kubis, dan sayuran hasil dari silangan lainnya. Lebih dari itu, selenium juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Nah Lemonizen, itulah 6 manfaat udang yang bisa kamu rasakan. Mengkonsumsi udang sangat baik bagi tubuh, tetapi ingat jangan sampai berlebihan ya.
Share: