7 Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Alami
Kesehatan Tubuh

7 Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Alami

21 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Rizki Indra

Hipertensi atau darah tinggi menjadi salah satu jenis penyakit yang cukup banyak dialami masyarakat. Tidak bisa dianggap remeh, kondisi ini dapat menempatkan kamu pada risiko yang lebih berbahaya. Untuk itu perlu diketahui bagaimana cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang mampu menjaga kondisi tekanan darah supaya lebih stabil nantinya.


Perlu diketahui, bahwa kondisi tekanan darah tinggi adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan, sehingga penting bagi kamu untuk mengontrol kondisinya, supaya terhindar dari komplikasi atau bahkan kondisi yang lebih buruk. Untuk itu, penting bagi kamu menjaga kesehatan serta gaya hidup untuk menjaga kondisi. Ada beberapa cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang bisa dilakukan. Simak di bawah ini.

1. Bawang Putih


Bawang putih dikenal mampu turunkan tekanan darah tinggi. Salah satu bumbu yang selalu ada dalam menu masakan ini memang dikenal bermanfaat. Menurut studi Pharmacognosy Review, disebutkan bahwa bawang putih dapat menurunkan tekanan darah, terutama tekanan darah sistolik pada penderita hipertensi primer atau esensial.


Terdapat senyawa bernama allicin yang dikenal sebagai salah satu kandungan pada bawang putih yang berperan menurunkan tekanan darah tersebut. Kandungan yang satu ini berfungsi meningkatkan produksi oksida nitrat yang membuat pembuluh darah lebih rileks sehingga tekanan darah menurun.


Bawang putih juga dikenal mampu turunkan kolesterol. Namun perlu diingat bahwa bahan yang satu ini dapat bereaksi dengan obat-obatan tertentu, sehingga sebaiknya kamu tetap berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan bawang putih.

2. Kayu Manis


Jenis rempah yang satu ini juga dikenal mampu turunkan hipertensi atau tekanan darah. Sebuah penelitian journal Nutrition mengungkapkan bahwa penambah cita rasa makanan yang satu ini berkesinambungan dengan penurunan tekanan darah, pada penderita diabetes tipe 2. Namun memang, kayu manis belum terbukti langsung dapat mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi dan perlu untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

3. Jahe


Jahe memang banyak dikenal sebagai tanaman herbal untuk bantu mengatasi beragam penyakit, salah satunya tekanan darah tinggi. Bahan yang satu ini berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mengendurkan otot-otot di sekitar pembuluh darah.


Tak hanya itu, kandungan saponin, flavonoid, amine, alkaloid, dan terpenoid yang ada di dalamnya juga diyakini mampu menurunkan tekanan darah. Pada penelitian yang dipublikasikan di Cleveland Clinic dikatakan bahwa jahe dapat menurunkan kolesterol, di mana kolesterol menjadi salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi.

4. Seledri


Seledri adalah sayuran berwarna hijau yang mengandung salah satu zat bernama phthalide yang berperan mengendurkan jaringan dinding pembuluh arteri, sehingga tekanan darah pun dapat berkurang.

5. Basil


Basil juga dikenal sebagai bahan alami yang dapat menurunkan tekanan darah karena terdapat kandungan bernama eugenol yang peranannya yang dapat memblokir reaksi kalsium penyebab menyempitnya pembuluh darah.

6. Akar Kucing


Tanaman yang satu ini pun ternyata banyak digunakan sebagai obat herbal untuk beberapa penyakit, termasuk hipertensi. Cara kerjanya adalah dengan menghambat kalsium di dalam sel-sel tubuh. Suplemen mengandung bahan herbal yang satu ini dapat kamu temui di apotek.

7. Kapulaga


Bahan alami lainnya yang mampu turunkan tekanan darah tinggi ialah kapulaga. Dalam journal of ethnopharmacology dikatakan, bahwa bahan yang satu ini mampu menurunkan tekanan darah dengan menghambat reaksi kalsium, sama halnya seperti kerja obat calcium-channel blocker.


Demikian informasi mengenai cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang harus dipahami. Baiknya, kamu konsultasikan dahulu pada dokter untuk keamanan serta dosisnya yang pas. Yang terpenting adalah bagaimana caranya kamu menjaga pola hidup dan kesehatan dengan sebaik mungkin agar terhindar dari penyakit yang satu ini.

Share: