Berikut 5 Cara Jaga Berat Badan agar Ideal
Kesehatan Tubuh

Berikut 5 Cara Jaga Berat Badan agar Ideal

20 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Rizki Indra

Banyak orang yang mencari cara agar berat badan ideal. Pasalnya, berat badan yang ideal tentu bisa menambah rasa percaya diri dan juga membuat tubuh lebih sehat. Tidak terlalu gemuk dan berujung pada obesitas, maupun terlalu kurus dan kekurangan nutrisi. Cara supaya berat badan ideal sebenarnya tidak sulit, asalkan kamu tahu cara yang tepat. Di bawah ini ada beberapa cara agar berat badan ideal yang kamu inginkan dapat terwujud. Pastikan dilakukan secara konsisten ya, dengan begitu dapat membantu kamu untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal.

1. Makanan Sehat dan Kaya Nutrisi


Untuk menjaga berat badan agar selalu ideal, kamu wajib memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Agar kondisi tubuh tetap ideal dan sehat maka dibutuhkan makanan dengan gizi yang seimbang.


Konsumsi buah, sayuran, daging tanpa lemak, sumber protein seperti ikan, tempe, tahu dan telur. Selain itu, konsumsi kacang-kacangan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap ideal. Makanan cepat saji, makanan manis dengan kadar gula tinggi hingga makanan berlemak dan berminyak wajib dihindari jika ingin memiliki berat badan yang ideal.

2. Makan Sering dengan Porsi Kecil


Salah satu tips untuk menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal adalah dengan menghindari kebiasaan makan dalam porsi banyak. Ganti kebiasaan makan tersebut dengan makan lebih sering dalam porsi kecil, karena dianggap lebih baik untuk menjaga kondisi badan agar tetap ideal.

3. Camilan Sehat


Memiliki berat badan yang ideal dan proporsional bukan berarti membuat kamu tidak boleh makan sama sekali atau bahkan menghindari mengonsumsi camilan. Walaupun sebenarnya camilan merupakan salah satu sumber kalori tambahan yang sering kali menambah berat badan.


Jangan khawatir, kamu bisa tetap menikmati camilan namun pilihlah yang sehat dan kaya nutrisi. Beberapa camilan sehat yang bisa kamu nikmati adalah buah-buahan, yoghurt, coklat hitam, hingga roti gandum.


Agar berat badan tetap ideal, kamu wajib menghindari makanan ringan yang tidak sehat. Misalnya seperti makanan manis atau gorengan karena memiliki kandungan gula dan minyak yang tinggi. Selain bisa membuat badan tidak ideal, terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat juga berdampak pada kesehatan karena bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit,seperti kolesterol, diabetes, jantung hingga kanker.

4. Istirahat Cukup


Istirahat yang kurang bisa mengakibatkan banyak hal, salah satunya adalah mengganggu metabolisme tubuh sehingga membuat berat badan menjadi tidak ideal. Hal inilah yang nantinya akan membuat tubuh mengalami penurunan berat badan secara drastis atau bahkan mengalami obesitas karena kurangnya waktu istirahat di malam hari.

5. Rutin Berolahraga


Keinginan memiliki berat badan ideal tanpa dibarengi dengan olahraga adalah omong kosong belaka. Atur jadwal olahraga rutin setidaknya satu kali dalam satu minggu untuk membantu tubuh mencapai berat badan yang ideal. Olahraga tidak hanya bisa membantu menjaga tubuh agar tetap ideal. Namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani.


Itulah berbagai cara agar berat badan ideal dan juga sehat. Pastikan tidak melakukan diet sembarangan dan ekstrim yang justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Lemonizen!

Share: