Penyebab Kulit Kepala Kering dan Cara Mengatasinya
Kesehatan Tubuh

Penyebab Kulit Kepala Kering dan Cara Mengatasinya

21 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Rizki Indra

Kondisi kulit kepala kering tentu bisa menjadi penyebab rasa tidak nyaman. Apalagi, kondisi ini bisa menyebabkan munculnya ketombe dan membuat rambut semakin menipis. Awal mula dari kulit kepala kering adalah muncul rasa gatal, iritasi,dan mengelupas yang biasanya berupa serpihan kecil dan kering.


Lapisan pelindung alami kulit kepala bisa menghilang dan dapat menyebabkan benda-benda asing masuk lalu menempel. Oleh karena itu, menjadi penyebab kulit kepala kering sehingga terjadi iritasi, memerah, gatal, dan sensasi tegang atau kencang. Terdapat dua jenis penyebab kulit kepala menjadi kering, yaitu faktor internal dan eksternal. Simak penjelasan lebih lengkap di bawah ini.

1. Faktor Internal


Ketika kulit kepala mengalami penyakit seperti dermatitis atopik atau peradangan kulit biasanya ditandai dengan kulit kering, pecah-pecah, dan memerah, serta berlangsung dalam waktu lama. Dermatitis seboroik atau eksim seboroik atau psoriasis seboroik, menyebabkan kulit bersisik dan muncul ketombe, rasa gatal dan nyeri.


Adanya eksim di kepala menyebabkan kulit kepala jadi kering, meradang, serta gatal. Biasanya eksim juga terjadi pada anak-anak maupun anak bayi disebut cradle cap atau crib cap dan menghilang ketika anak usia 1 tahun. Psoriasis, kondisi kulit kepala memerah, kering dan bersisik karena terkelupas dan menumpuk, terdapat juga di belakang leher, telinga, dan kering.


Faktor internal lain adalah usia semakin tua kulit kepala akan semakin kering. Kemudian, stres bisa karena emosional maupun fisik, faktor genetik, dan pergantian hormon. Kulit kepala yang kering dari faktor dalam mesti diketahui supaya dapat tertangani dengan cepat.

2. Faktor Eksternal


Penyebab kulit kepala kering dari faktor eksternal adalah menggunakan produk perawatan rambut secara berganti-ganti. Lalu, perbedaan temperatur cuaca atau iklim (dingin dan udara kering), polusi udara atau lingkungan, makanan tidak sehat, merokok, dan pengaruh obat-obatan.

Inilah Cara Mengatasi Kulit Kepala yang Kering Secara Alami


Kulit kepala yang kering dengan rasa gatal, memerah, dan mengelupas dapat menyebabkan kesehatan terganggu. Apabila terjadi secara berkelanjutan akan membuat kualitas hidup menjadi terganggu atau menurun. Ada beberapa cara mengatasi kulit kepala yang kering, diantaranya konsultasi dengan dokter atau menggunakan bahan alami. Simak di bawah ini.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai khasiat sebagai anti radang sehingga membantu mengurangi iritasi dan menjadi pelembap efektif. Oleskan secara langsung pada kulit kepala dan diamkan selama 10 menit. Lalu, cuci dengan air hingga bersih.

2. Minyak Kelapa

Perawatan kulit banyak menggunakan minyak kelapa karena dinilai bisa melembapkan. Memiliki sifat antijamur dan  antibakteri yang bisa membantu untuk mengurangi resiko terjadi infeksi. Minyak kelapa juga bisa membantu obati dermatitis atopik. Cara pakai dengan mengoleskan secara langsung, pijat perlahan, dan diamkan selama 10 menit sebelum mencuci rambut.

3. Cuka Sari Apel

Kandungan cuka apel sebagai agen antimikroba mengatasi gejala kulit kepala yang kering. Bisa juga menghilangkan bakteri atau jamur yang menimbulkan rasa gatal. Serta anti radang yang membantu eksfoliasi kulit kepala. Cara pakainya, cukup campurkan air 1 banding 2, langsung oleskan ke kulit kepala, diamkan 5 menit, dan cuci dengan sampo lembut.


Kulit kepala kering memang sangat mengganggu penampilan dan kesehatan. Oleh karena itu, mengetahui penyebab dan cara mengatasi merupakan hal penting. Dengan demikian, kamu bisa mengatasi kulit kepala yang kering agar tidak mengganggu penampilan dan kenyamananmu.

Share: