Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

10 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas Secara Alami

Rizki Indra
Rizki Indra
17 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara mengatasi bibir kering dan mengelupas secara alami yang mudah dilakukan.

Kondisi bibir kering dan pecah-pecah memang umum dialami banyak orang. Penyebabnya pun beragam, mulai dari panas dalam, kondisi lingkungan maupun kebiasaan buruk seperti kurang minum air putih. Meski demikian, hal ini sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja. Karena selain dapat mengganggu penampilan, gangguan ini juga bisa menurunkan rasa percaya diri dan membuat tidak nyaman. Untuk itu penting bagi kamu mengetahui cara mengatasi bibir kering dan mengelupas secara alami seperti berikut ini.

1. Banyak Minum Air Putih


Pastikan tubuh kamu terhidrasi dengan baik, karena salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah adalah adanya kekurangan cairan atau dehidrasi yang dialami oleh tubuh. Tak lupa juga, sebaiknya kamu konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak air dan serat sehingga kesehatan dan asupan air terjaga dengan baik.

2. Gunakan Petroleum Jelly


Cara kedua adalah menggunakan petroleum jelly. Hal ini dapat bermanfaat untuk menjaga kadar cairan pada permukaan kulit, sehingga bibir kamu akan tetap terjaga kelembapannya.

3. Gunakan Pelembab Bibir


Pelembab bibir yang mengandung tabir surya dapat melindungi bibir kamu ketika terpapar sinar matahari. Karena sinar ultraviolet dapat menjadi salah satu penyebab bibir kamu terasa kering dan mengelupas.

4. Memilih Produk Kosmetik yang Tepat


Jika kulit atau bibir kamu termasuk sensitif, maka pilihlah produk kosmetik atau lipstik yang tepat dan cocok dan tentu saja terjamin keamanannya. Hindari sering mengganti atau mencoba berbagai macam produk.

5. Perhatikan Kebiasaan


Ketika bibir dalam keadaan mengelupas, hindari menarik kulit yang terkelupas atau menggigit bibir. Jangan pula menjilati bibir dengan tujuan untuk melembabkan. Selain itu, jika kamu terbiasa bernapas melalui bibir, kini baiknya biasakan untuk bernapas menggunakan hidung, dan ketika bibir sedang kering, batasi aktivitas di ruangan ber-AC.

6. Gunakan Madu


Selain petroleum jelly, kamu juga dapat menggunakan madu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah tersebut. Sebagai saran, gunakan lah madu asli di bagian bibir kamu, karena yang tidak asli biasanya mengandung banyak gula.

7. Gunakan Mentimun


Mentimun juga bermanfaat untuk bibir kering. Gosok mentimun pada permukaan bibir selama 15 detik, diamkan, kemudian bilas. Cara tersebut dipercaya mampu bantu mengatasi bibir kering juga menghilangkan bercak hitam di area bibir.

8. Batasi Minuman Berkafein


Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas secara alami lainnya adalah dengan membatasi konsumsi minuman berkafein. Contohnya seperti kopi, minuman bersoda dan beralkohol. Karena dapat menyebabkan bibir menjadi lebih kering dan mengganggu sistem pencernaan nantinya.

9. Hindari Menggigit Benda Berbahan Logam


Jika kamu terbiasa menggigit benda logam pada aktivitas sehari-hari, seperti klip kertas, perhiasan, dan lain sebagainya, mulai saat ini sebaiknya dihindari. Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan bibir kering bahkan iritasi.

10. Menggunakan Scrub Bibir


Kamu dapat membuat dan menggunakan scrub bibir untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan mengelupaskan sel-sel mati yang ada di permukaan bibir. Cara membuat scrub ini juga sangat mudah, yaitu:

  • Campurkan 2 sdt gula pasir dengan beberapa tetes minyak zaitun, kemudian aduk hingga merata.
  • Tambahkan ½ sdt madu, aduk kembali secara merata.
  • Biarkan selama 5 menit supaya gula menjadi lembut.
  • Oleskan scrub buatan yang telah dibuat pada bibir dan gosok perlahan.
  • Cuci atau bilas dengan air hangat setelah selesai.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi bibir kering dan mengelupas secara alami yang bisa kamu ikuti. Perlu diingat, kondisi lingkungan, perilaku kebiasaan, dan asupan makanan serta minuman yang kamu konsumsi bisa memengaruhi kesehatan bibir. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan, serta memilih asupan yang baik agar tubuh sehat dan bugar.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.