Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

10 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Bunda Wajib Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
16 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Daftar perlengkapan bayi baru lahir wajib diketahui dari sekarang.

Menjelang hari kelahiran pastinya membuat Bunda merasa gugup dan perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan sempurna untuk merawat bayi tercinta. Termasuk membeli daftar perlengkapan bayi baru lahir yang mungkin sedikit membingungkan bagi ibu muda yang baru memiliki anak pertamanya. Lalu, apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan oleh ibu muda?

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dipersiapkan

Kebutuhan pokok untuk bayi baru lahir harus dipersiapkan dengan baik, agar nantinya Bunda tidak merasa kewalahan ketika harus mempersiapkannya saat si kecil sudah lahir. Dalam menentukan daftar perlengkapan bayi baru lahir memang bukan hal yang mudah untuk Bunda yang baru akan memiliki momongan. Untuk itu Bunda harus mengetahui daftar perlengkapan bayi yang wajib dimiliki, seperti berikut ini.

1. Popok Bayi


Perlengkapan paling utama yang harus Bunda beli ialah popok bayi. Perlu bunda ingat bahwa bayi yang baru lahir biasanya memerlukan 10 hingga 12 kali ganti popok dalam sehari. Jadi Bunda harus mempersiapkan stok popok bayi yang cukup untuk beberapa hari ke kedepannya.

Penggunaan popok sekali pakai bisa menjadi pilihan karena lebih praktis dan memudahkan dalam menggantinya di malam hari. Popok sekali pakai juga tidak merepotkan Bunda untuk mencuci.

2. Baju dan Celana Bayi


Perlengkapan bayi selanjutnya yang harus dipersiapkan ialah baju dan celana bayi. Ini menjadi perlengkapan pokok yang harus dibeli. Bunda bisa memilih baju bayi dengan kancing depan untuk memudahkan saat melepaskan pasang.

3. Kaos Kaki dan Sarung Tangan Bayi


Bunda setidaknya perlu menyiapkan 3 hingga 4 pasang kaos kaki dan sarung tangan untuk si kecil nantinya. Tambahkan juga beberapa topi berbahan lembut untuk penutup kepala bayi ketika diajak ke luar rumah. Perlengkapan ini juga sangat untuk membuat si kecil tetap merasa hangat dalam kondisi cuaca yang dingin.

4. Bedong dan Selimut Bayi


Bedong bayi juga sangat diperlukan untuk membedong si kecil agar dia merasa lebih nyaman. Ketika di dalam kandungan posisi bayi juga seperti dalam keadaan dibedong. Bunda bisa menyiapkan 3 hingga 4 kain katun yang lembut untuk membedong si kecil.

Selain bedong, selimut bayi juga penting. Bunda bisa membeli dua jenis bahan selimut. Ketika cuaca panas gunakan selimut berbahan katun tipis dan ketika cuaca dingin gunakan selimut dengan bahan tebal seperti wol.

5. Perlengkapan Mandi Bayi


Kulit bayi masih cenderung sensitif sehingga membutuhkan perlengkapan mandi khusus dengan formula yang tidak menimbulkan alergi. Bunda perlu membeli bak mandi, handuk bayi, sabun dan sampo bayi, bedak bayi, minyak telon, dan pelembab bayi.

6. Kelambu dan Tempat Tidur Bayi


Tempat tidur bayi bisa Bunda persiapkan untuk memberikan kenyamanan ketika si kecil tidur. Kelambu juga penting agar si kecil terhindar dari gigitan nyamuk. Daripada menggunakan obat anti nyamuk yang mungkin bisa membuat kulit si kecil mengalami iritasi.

7. Bib Bayi


Biasanya bayi kerap kali mengeluarkan ASI yang diminumnya atau sering disebut gumoh ketika sedang bersendawa. Bib bayi yang dipasang di leher akan melindungi pakaian si kecil dari kejadian tersebut.

8. Deterjen Khusus Bayi


Ketika Bunda mencuci perlengkapan si kecil jangan menggunakan deterjen biasa. Sebaiknya gunakan deterjen khusus bayi karena kulit si kecil masih sensitif terhadap bahan-bahan kimia yang ada pada deterjen biasa.

9. Mainan Bayi


Untuk melatih sistem motorik si kecil Bunda bisa membeli mainan bayi. Seperti mainan kerincing, mainan musik, dan mainan lunak yang tidak berisiko melukainya.

10. Perlengkapan untuk Mengganti Popok


Ketika Bunda mengganti popok si kecil. Pasti akan membutuhkan beberapa perlengkapan. Berikut perlengkapan yang harus dipersiapkan bola kapas tanpa pewangi dan alkohol, tisu basah hypoallergenic, alas kedap air, dan tempat sampah khusus popok.

Itulah beberapa daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus Bunda persiapkan. Pastikan untuk memilih produk yang berkualitas dan di khususkan untuk bayi ya Bunda. Mengingat bayi baru lahir masih memiliki kulit yang sangat sensitif. Dengan persiapan yang baik, maka si kecil akan memiliki perlengkapannya sendiri yang lengkap dan sesuai kebutuhan. Jadi, jangan sampai melewatkan berbagai perlengkapan ini ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.