Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

10 Makanan yang Membuat Susah Tidur, Jangan Dikonsumsi Saat Malam Hari!

Lulu
Lulu
01 Jan 2021
Clock Icon
11 menit
10 Makanan yang Membuat Susah Tidur, Jangan Dikonsumsi Saat Malam Hari!

Beberapa jenis makanan atau minuman sudah dikenal memiliki efek buruk terhadap tidur, seperti misalnya kopi. Apalagi jika dikonsumsi saat sebelum waktu tidur.

Hal itu tentu tidak ingin mengejutkan dan sudah banyak orang yang menghindari mengonsumsinya karena memiliki tidur yang berkualitas.

Kalau begitu, inilah yang dilansir dari Delish, inilah 10 makanan yang tidak boleh dikonsumsi sebelum tidur:

1. Sayuran Cruciferous


Menurut penelitian baru yang dikumpulkan oleh Eat Clean, sayuran yang lebih baik jika dimakan saat makan siang. Sayuran silangan, seperti brokoli dan kembang kol, mengandung vitamin yang sangat baik, tetapi juga mengandung banyak serat tak larut, sehingga membutuhkan waktu lama untuk dicerna.

Ahli gizi holistik, Elissa Goodman, menjelaskan bahwa jika makan sayuran tersebut sebelum tidur, "tubuh Anda akan tetap bekerja untuk mencernanya saat Anda tertidur," yang pada intinya akan membuat tidak dapat tidur nyenyak di malam hari.

2. Daging Merah


Daging merah, seperti steak atau daging giling, mengandung protein tinggi dan memiliki efek serupa pada tubuh seperti sayuran silangan yang sebelumnya.

3. Saus Tomat


Saus tomat termasuk sayuran yang harus dihindari, karena keasamannya yang tinggi, sering kali menjadi penyebab mulas pada pagi hari dan gangguan pencernaan.

Ahli diet, Alissa Rumsey, mengatakan bahwa jika ingin mengonsumsi tomat lebih baik setidaknya 3 jam sebelum tidur. Makanan pedas, yang juga terkenal menyebabkan mulas, membuat tidur malam lebih gelisah karena meningkatkan suhu inti tubuh.

4. Daging Dan Keju yang Diawetkan


Daging dan keju yang diawetkan yang mengandung tyramine, asam amino yang membuat tubuh lebih waspada. Oleh karena itu, mengonsumsinya sewaktu-waktu sebelum tidur akan membuat tubuh tetap bekerja.

Jadi, lebih baik konsumsi makanan ini beberapa jam sebelum tidur agar tubuh dapat istirahat dengan baik ketika malam hari.

5. Cokelat Hitam


Cokelat hitam juga mengandung asam amino yang membuat tubuh menjadi waspada, mirip dengan yang ditemukan pada daging dan keju yang diawetkan.

Pada kenyataannya, dark chocolate memiliki energi dua kali lipat, telepon camilan yang jauh lebih enak untuk sore hari di tengah malam.

6. Kopi


Poin ini seharusnya tidak mengherankan, tetapi sebenarnya minum kopi tetap dapat memiliki lebih banyak efek pada tidur yang diharapkan. 

Kafein dapat bertahan di sistem tubuh selama berjam-jam, jadi pilih selama beberapa jam sebelum tidur.

7. Alkohol


Meskipun segelas anggur merah dapat mengantuk, alkohol sebenarnya sangat mengganggu siklus tidur dan memiliki efek negatif pada tahap REM selanjutnya.

8. Soda


Selain memiliki efek samping yang menakutkan, soda juga mengerikan untuk tertidur. Soda penuh dengan gula, yang membuat tubuh tetap terjaga, bahkan berhubungan dengan tidur yang lebih lama.

9. Jus Jeruk


Jus jeruk minuman sebelum tidur yang baik karena jus jeruk sangat asam, yang tidak pernah disarankan untuk dikonsumsi sebelum tidur, terlepas dari pengonsumsinya menderita refluks atau tidak.

Jus jeruk juga bisa sangat manis, yang sama sekali tidak membantu usaha untuk lebih mudah tertidur.

10. Udara


Berlawanan dengan dugaan, tetapi terlalu banyak sebelum kemungkinan besar akan mengganggu tidur, karena dapat menahan buang udara kecil, sehingga tidur tidak terganggu.

Jauh lebih baik untuk menghidrasi lebih banyak di siang hari dan memudarkan asupan H2O beberapa jam sebelum waktu tidur.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.