10 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Kamu Selain Untuk Diet

Buah berbentuk unik yang dikenal dengan nama buah kaktus ini memang berasal dari keluarga kaktus. Memiliki tampilan kulit yang terlihat runcing dan seperti sisik.

banner consideration shipping bg blue

Di balik rasanya yang lezat, buah naga ternyata memiliki manfaat untuk diet dan manfaat kesehatan lainnya. Penasaran apa saja manfaat buah naga? Yuk simak ulasan berikut.

1. Mengurangi Berat Badan

Ketika melakukan program diet, orang akan lebih ditekan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya serat dan rendah kandungan kalorinya. Makanya, orang yang sedang melakukan diet lebih baik memperbanyak konsumsi makanan dari sayuran dan buah-buahan yang memang rendah kalori. Kandungan serat yang tinggi pada buah naga ini bisa membantu untuk menurunkan berat badan yang sebelumnya terlalu berlebihan.

2. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Manfaat buah naga yang kedua adalah untuk sistem pencernaan. Buah naga dapat membantu untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus yang berguna untuk kesehatan saluran pencernaan kamu.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kemampuan tubuh untuk menangkal infeksi juga ditentukan dari jenis makanan yang kamu konsumsi. Vitamin C dan karotenoid yang ada pada buah naga bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi. Hal ini karena kemampuannya untuk melindungi sel darah putih dari kerusakan.

4. Membantu Meredakan Penyakit Kronis

Buah naga mengandung antioksidan baik yang dinilai mempunyai potensi menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, diabetes, arthritis dan yang lainnya. Antioksidan tersebut akan bekerja dengan lebih baik apabila didapatkan secara alami dari makanan daripada suplemen.

5. Kaya Serat yang Baik Untuk Tubuh

Tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, serat juga dapat berperan untuk melindungi tubuh dari kondisi lain seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan menjaga berat badan ideal.banner consideration promotion bg blue

6.  Meningkatkan Kadar Zat Besi di Tubuh

Zat besi sulit didapatkan di buah-buahan, tapi buah naga menyediakan zat besi yang diperlukan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan mencerna makanan untuk dijadikan sumber energi.

7. Sumber Magnesium yang Baik

Kandungan magnesium yang terdapat pada buah naga terhitung tinggi jika dibandingkan dengan buah lainnya. Mengkonsumsi satu buah naga berukuran sedang seberat 100 gram akan memenuhi 18% kebutuhan magnesium harian tubuh yang baik untuk proses biokimia yang berlangsung di tubuh. 

8.  Baik untuk Jantung

Buah naga disebut dapat membantu mengurangi risiko kamu terkena serangan jantung dan stroke. Manfaat ini karena adanya kandungan antioksidan yang di dalamnya. Selain itu, biji dari buah naga juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang akan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di tubuh.

9. Mengurangi Peradangan di Tubuh

Bagi kamu yang menderita nyeri kronis akibat rheumatoid arthritis dengan mengkonsumsi buah naga akan membantu untuk mengurangi peradangan yang terjadi. Adanya anti peradangan yang ada pada buah ini bisa sangat membantu adanya peradangan pada tubuh. Walaupun  begitu, buah naga tidak akan menghilangkan nyeri kronis secara total. Buah ini hanya sebagai pereda.

10. Membantu Mengontrol Gula Darah

Manfaat buah naga yang terakhir adalah bisa membantu untuk mengontrol gula darah tubuh. Kandungan serat yang ada pada buah naga bermanfaat untuk penderita diabetes tipe 2. Serat akan membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga membatasi konsumsi makanan kamu. 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah 10 manfaat buah naga yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu. Mulai sekarang jangan lewatkan untuk konsumsi buah naga sebagai pelengkap asupan harian ya.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami