Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

11 Manfaat Mengonsumsi Quinoa, Superfood Pengganti Nasi

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
12 Oct 2021
Clock Icon
13 menit
Manfaat Quinoa

Quinoa adalah salah satu jenis biji-bijian yang dapat menggantikan nasi. Belakangan,quinoa banyak diperbincangkan karena sifatnya yang bebas gluten atau gluten free. Bukan hanya itu, quinoa juga diketahui kaya akan kandungan protein dan mikronutrien lainnya. Sehingga tidak heran kalau biji-bijian yang juga disebut Chenopodium quinoa ini mendapatkan julukan sebagai ‘superfood’.


Memiliki rasa yang sedikit creamy, lembut, sekaligus renyah, quinoa dapat diolah menjadi berbagai sajian yang nikmat. Mulai dari quinoa goreng, salad hingga smoothies sekalipun. Lemonizen tertarik mencoba quinoa? Sebelum menikmati superfood yang satu ini, yuk ketahui manfaat konsumsi quinoa untuk tubuh!


1. Kaya Nutrisi

Manfaat quinoa untuk kesehatan tubuh adalah kaya akan nutrisi. Dilansir dari LiveScience, Quinoa disebut sebagai ibu dari biji-bijian karena memiliki beragam nutrisi di dalamnya. Menurut data dari Healthline, dalam secangkir quinoa yang sudah dimasak (185 gram), terdapat berbagai kandungan meliputi:


Protein: 8 gram

Serat: 5 gram

Mangan: 58% dari asupan yang direkomendasikan (RDA)

Magnesium: 30% dari RDA

Fosfor: 28% dari RDA

Folat: 19% dari RDA

Tembaga: 18% dari RDA

Besi: 15% dari RDA

Seng: 13% dari RDA

Kalium: 9% dari RDA

Lebih dari 10% dari RDA untuk vitamin B1, B2 dan B6. Sejumlah kecil kalsium, B3 (niacin) dan vitamin E.


2. Tinggi Serat

Dibandingkan dengan berbagai jenis biji-bijian yang lain, quinoa memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Melalui studi yang telah dilakukan pada 4 varietas quinoa, diketahui bahwa kandungan seratnya mencapai 10-16 per 100 gram. Jumlah ini diketahui lebih tinggi hingga dua kali lipat bila dibandingkan kebanyakan biji pada umumnya.


Kandungan serat dalam quinoa terbagi atas serat larut dan serat tidak larut. Serat larut dalam quinoa diketahui dapat berperan membantu kondisi kesehatan tubuh. Mulai dari mengurangi kadar gula darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan rasa kenyang dan membantu menurunkan berat badan. Sementara serat tidak larut tidak memiliki manfaat kesehatan yang sama seperti serat larut.


3. Bebas Gluten


Sebagian orang memiliki intoleransi pada kandungan gluten dalam makanan. Nah, kabar baiknya quinoa merupakan sumber serat yang bebas gluten sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang memiliki intoleransi pada gluten atau penyakit seliak. 


Penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan quinoa sebagai pengganti bahan bebas gluten khas seperti tapioka halus, kentang, jagung, dan tepung beras dapat secara drastis meningkatkan nilai nutrisi dan antioksidan dari makanan. Sehingga mengonsumsi quinoa sangat cocok bagi kamu  yang tidak ingin melepaskan makanan pokok seperti roti dan pasta.


4. Tinggi Protein dan  9 Asam Amino Esensial

Makanan yang mengandung 9 asam amino esensial dapat dikatakan sebagai makanan berprotein lengkap. Kabar baiknya, quinoa memiliki 9 asam amino esensial ini. Sehingga dapat dikatakan, quinoa adalah sumber protein nabati yang sangat baik. Termasuk untuk vegetarian dan vegan.


5. Mengandung Antioksidan Tinggi

Manfaat quinoa untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah memiliki antioksidan tinggi. Antioksidan adalah zat yang dapat menetralisir radikal bebas dan dipercaya dapat membantu melawan penuaan sekaligus banyak penyakit dalam tubuh. Nah, quinoa juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang tentunya dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh.


6. Membantu Menurunkan Berat Badan


Untuk menurunkan berat badan, biasanya kamu perlu mengatur asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Quinoa yang tinggi akan protein dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Quinoa juga diketahui memiliki indeks glikemik rendah sehingga cocok bagi kamu yang sedang melakukan pengurangan asupan kalori. 


Meski begitu, hingga saat ini tidak ada penelitian yang melihat efek quinoa pada penurunan berat badan. Namun sifatnya yang dapat membuat rasa kenyang lebih tahan lama, tentu dapat berpengaruh bagi mereka yang sedang menjalankan diet atau penurunan berat badan yang sehat.


7. Kandungan Mineral Tinggi

Superfood yang satu ini dikenal memiliki kandungan magnesium tinggi yang dapat memenuhi 30% asupan magnesium harian. Namun di sisi lain, quinoa juga mengandung asam fitat, yang dapat mengikat mineral ini dan mengurangi penyerapannya. Untuk mengurangi sebagian besar kandungan asam fitat di dalamnya, kamu bisa merendam quinoa sebelum dimasak.


8. Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan meningkatkan kadar gula darah. Makanan dengan indeks glikemik tinggi akan lebih cepat merangsang rasa lapar dan mempermudah seseorang mengalami obesitas. Sementara quinoa memiliki indeks glikemik rendah yang tentunya baik untuk penurunan berat badan.


9. Tinggi Flavonoid


Flavonoid adalah salah satu kandungan yang telah lama terbukti baik untuk kesehatan. Nah, quinoa diketahui memiliki dua jenis flavonoid yakni quercetin dan kaempferol dengan jumlah yang tinggi. 


10. Meningkatkan Kualitas Metabolisme

Manfaat quinoa untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah bisa meningkatkan kualitas metabolisme. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan nutrisinya yang tinggi. 


11. Cocok untuk Diet

Quinoa mudah didapatkan di supermarket dan dapat diolah ke dalam berbagai makanan.

Bahkan quinoa dapat disantap sebagai menu sarapan, makan siang dan makan malam. Sehingga quinoa sangat cocok sebagai menu dietmu. 


Nah itu tadi deretan manfaat quinoa untuk kesehatan tubuh. Untuk Lemonizen yang ingin mencoba pilihan sumber karbohidrat selain nasi, quinoa bisa jadi pilihan yang wajib dicoba. 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.