Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

2 Cara Daftar BPJS Online Keluarga di Masa Pandemi Ini

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Cara daftar BPJS online keluarga sangat mudah.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS merupakan salah satu badan hukum pemerintah yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. Arti dari jaminan sosial adalah suatu bentuk perlindungan sosial yang menjamin seluruh rakyat agar bisa memenuhi dasar hidup yang layak. Untuk mendapatkan pelayanan ini, masyarakat diharuskan untuk mendaftar lebih dulu. Pendaftaran ini bisa dilakukan secara offline dan online. Berikut cara daftar BPJS online keluarga yang bisa Anda ikuti.

1. Melalui Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP) Elektronik


Sebelum mendaftar, Anda perlu tahu bahwa keluarga yang dimaksud disini meliputi suami, istri, dan anak, sedangkan anggota keluarga tambahan seperti orangtua dan mertua tidak bisa mendaftar BPJS keluarga dan hanya bisa didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan mandiri. banner consideration shipping bg blue

Selain itu, ketentuan pendaftaran BPJS Keluarga adalah dilakukan dalam waktu yang bersamaan atau sekaligus dengan seluruh anggota keluarga. Pendaftaran tidak akan diloloskan jika seluruh anggota keluarga tidak didaftarkan dalam waktu bersamaan.

  • Pertama, calon pendaftar harus masuk lebih dulu ke Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP) Elektronik. Setelah itu, isi seluruh data yang diminta seperti NIK milik pendaftar, memilih opsi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), pilih kelas perawatan, isi bagian alamat korespondensi jika alamat tidak sesuai dengan KTP, dan terakhir isi nomor rekening.
  • Jika seluruh data yang diminta oleh FDIP sudah diinput, pihak BPJS Kesehatan akan melakukan proses validasi data pendaftar. Pada saat proses validasi berlangsung, pendaftar bisa melihat daftar keluarga yang sudah terdaftar dalam jaminan BPJS Kesehatan. Setelah pihak BPJS berhasil memvalidasi, virtual account milik pendaftar akan diterbitkan. Calon pendaftar bisa melakukan pembayaran melalui virtual account tersebut.
  • Setelah virtual account diterbitkan, pihak BPJS Kesehatan akan menerbitkan kartu identitas milik pendaftar. Kartu ini baru bisa diterbitkan jika pendaftar sudah membayar iuran BPJS. Masa berlaku dari kartu ini hanya 7 hari setelah melakukan pembayaran iuran.
  • Sebagai informasi, nomor Virtual Account harus disimpan baik-baik karena setiap jatuh tempo pembayaran iuran bulanan, pembayaran akan dilakukan melalui Virtual Account tersebut.

2. Menggunakan Aplikasi Mobile JKN


Aplikasi Mobile JKN adalah salah satu sumber informasi terpercaya yang menampilkan seputar fasilitas kesehatan, pendaftaran online untuk mendapatkan pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan rujukan, informasi ketersediaan ruang rawat inap, informasi jadwal operasi, konsultasi kesehatan, jenis obat yang berada dibawah tanggungan BPJS Kesehatan, dan masih banyak lagi fitur yang berkaitan dengan kesehatan.banner consideration promotion bg blue

  • Pertama, download aplikasi mobile JKN di Google Play Store, lalu klik bagian ‘Pendaftaran Peserta Baru’, terakhir baca dan setujui opsi ‘ Syarat dan Ketentuan’.
  • Jika seluruh bagian pembukaan sudah selesai, Anda bisa mulai mengisi kolom informasi yang diminta, masukkan NIK, Kartu Keluarga, dan Nomor Rekening Bank. Tunggu hingga aplikasi mencari dan menampilkan data dari Kartu Keluarga yang Anda masukkan.
  • Lakukan pendataan seluruh anggota keluarga yang ada dalam Kartu Keluarga. Lengkapi data, mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, status pernikahan, alamat, pilihan kelas perawatan, FKTP terdekat, email aktif, nomor handphone, dan terakhir nomor rekening Bank.
  • Buka email Anda lalu cari pesan dari BPJS Kesehatan yang berisi nomor verifikasi. masukkan nomor verifikasi tersebut pada aplikasi Mobile JKN. Data virtual account sebagai media pembayaran akan dikirimkan melalui email. 
  • Pembayaran harus dilakukan dalam jangka waktu 14 sampai 30 hari setelah pendaftaran. Kartu JKN-KIS akan dikirimkan maksimal 6 hari setelah pendaftar melakukan pembayaran.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah dua cara daftar BPJS online keluarga yang mudah dan cepat. Satu lagi yang perlu Anda ketahui, jika salah satu anggota keluarga telah lebih dulu terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, maka proses pendaftaran tidak bisa dilakukan secara online. Pendaftar harus mengurus sendiri pendaftaran di Kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.