Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

2 Cara Membuat Ketupat Enak Untuk Sajian Lebaran

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Cara membuat ketupat sangat mudah dilakukan.

Hari Raya Idul Fitri biasanya identik dengan makanan khas yakni ketupat. Ketupat ini merupakan salah satu makanan yang cukup unik cara pembuatannya. Ketupat ini adalah makanan yang enak disantap dengan masakan berkuah santan seperti opor ayam, sayur labu siam dan lodeh kacang tahu tempe. Cara membuat ketupat ini unik karena tempatnya yang terbuat dari anyaman janur. Bahan utamanya sendiri adalah beras dan air. Jadi bisa dikatakan ini adalah pengganti nasi putih. Lalu bagaimana caranya membuat ketupat untuk momen lebaran nanti? banner consideration shipping bg blue

Tenang, membuat ketupat cukup mudah dan sederhana karena bahan dan alat yang dibutuhkan sedikit dan tidak aneh-aneh. Untuk yang suka menganyam sendiri tempat ketupatnya perlu menyiapkan janurnya lalu dianyam. Kalau mau cepat sekarang bisa membeli tempat ketupat yang sudah jadi kok. Berikut ini ada sedikit ulasan cara membuat ketupat yang super mudah.

1. Cara Membuat Ketupat Klasik 


Memasak ketupat membutuhkan waktu antara 4 sampai 6 jam. Disarankan untuk menyiapkan satu hari sebelum disantap agar rasanya lebih enak. Berikut ini ada bahan dan cara membuat ketupat untuk memeriahkan suasana lebaran.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Selongsong ketupat ukuran sedang isi 500 gram
  • Beras
  • Kapur Sirih
  • Garam
  • Air
  • banner consideration promotion bg blue

Cara memasak:

  1. Pertama cuci beras hingga bersih lalu rendam beras tersebut dalam air bersih selama 3 jam. Pastikan saat mencuci beras betul-betul bersih agar ketupat bisa memiliki ketahanan yang lama atau tidak mudah basi.
  2. Kedua, setelah 3 jam direndam air bersih, angkat dan tiriskan beras tersebut. Tiriskan hingga benar-benar tidak ada air yang menetes.
  3. Ketiga berikan kapur sirih secukupnya dan tambahkan sejumput garam. Fungsi garam ini membuat ketupat ada rasa gurihnya. Campur atau aduk dengan rata lalu siapkan selongsong janur ketupat. Coba pilih anyaman yang rapat dan rapi agar beras tidak tercecer saat dimasukkan.
  4. Masukkan beras pada anyaman janur ketupat 2/3 bagian saja. Jika melebihi takaran nanti kematangan tidak bisa merata dengan baik. Kalau kurang nanti tekstur ketupat akan terlalu lembek.
  5. Jika sudah mengisi semua anyaman janur ketupat, maka tahap selanjutnya merebus semua ketupat di dalam air mendidih. Pastikan setiap bagian ketupat terendam air saat direbus agar tampilan ketupat bersih.
  6. Pantau terus air rebusan dan pastikan untuk mengisi air lagi jika air rebusannya sudah berkurang. Berikan air mendidih saat mengisi lagi, tujuannya adalah agar setiap bagian ketupat tetap dalam kondisi terendam selama proses perebusan. Proses merebus ini membutuhkan waktu sedikitnya 4 sampai 6 jam.
  7. Jika sudah matang sebaiknya angkat dan tiriskan ketupat dengan cara digantung agar terkena angin. Oleh karena itu disarankan dibuat sehari sebelum disajikan.

2. Membuat Ketupat dengan Magicom


Cara kedua yang bisa kamu pilih adalah dengan menggunakan magicom untuk membuat ketupat.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 10 buah tempat atau selongsong ketupat siap pakai
  • 1 liter beras

Cara membuatnya:

  1. Untuk langkah awal, silahkan rendam beras terlebih dahulu, cuci hingga bersih, dan tiriskan airnya.
  2. Jika sudah, silahkan masukkan beras yang sudah dicuci ke dalam selongsong ketupat. Isi ⅔ bagian saja ya karena nantinya ketupat ini akan mengembang.
  3. Masukkan ketupat yang sudah diisi ke dalam magicom dan tuang air sampai ketupat terendam seluruh bagiannya. Hidupkan magicom dan masak selama kurang lebih 3 jam.
  4. Setelah matang, angkat ketupat dan tiriskan airnya. Tunggu hingga dingin dan ketupat siap dihidangkan!banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Cara membuat ketupat memang sederhana apalagi sekarang ini sudah banyak selongsong ketupat yang sudah jadi dijual di pasar. Namun waktu pembuatannya cukup lama dan prosesnya membutuhkan ketelatenan. Ketupat ini sangat enak disantap dengan masakan berbau santan termasuk gulai kambing. Nah, setelah tahu resep dan caranya mari coba sendiri yuk di rumah!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.