Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

2 Resep Donat Kentang Gurih dan Empuk Ala Dapur Sendiri

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak resep donat kentang yang mudah dibuat

Apakah kamu sedang mencari resep donat kentang yang empuk dan enak? Pasti banyak yang penasaran bagaimana resep rahasianya. Bagaimana caranya membuat donat kentang yang empuk dan gurih. Sebab kebanyakan sering gagal membuat donat yang empuk. Sering kali donat menjadi keras setelah matang.

Padahal resep yang digunakan serta caranya tidak jauh berbeda dengan resep donat yang lainnya. Walaupun takaran resep yang digunakan sama, jika teknik yang digunakan berbeda, bisa jadi hasilnya akan berbeda. Tidak empuk dan enak. banner consideration shipping bg blue

Sekilas membuat kentang donat terlihat begitu sepele, padahal jika dipraktekkan ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Ada 2 resep yang bisa kamu praktekkan untuk membuat donat kentang yang enak. Perbedaan diantara resep ini adalah untuk resep pertama donat akan empuk dengan menggunakan tambahan tepung ketan. Sementara untuk resep kedua, donat akan empuk karena teknik yang digunakan saat membuat donat. Kamu bisa memilih yang mana dari 2 resep ini yang paling mudah untuk kamu ikuti.

1. Resep Donat Kentang (Dengan Tambahan Tepung Ketan)


Bahan yang digunakan antara lain;

  • Kentang rebus atau tepung kentang
  • Tepung Protein tinggi
  • Ragi
  • Gula pasir
  • 1 kuning telur
  • Air
  • Mentega
  • Tepung ketan

Cara membuatnya adalah:

  1. Kukus terlebih dahulu kentang bersama dengan kulitnya hingga matang. Jika sudah matang angkat dan hancurkan kentang sampai halus.
  2. Apabila kentang telah dingin sesuai suhu ruang, campur dengan tepung terigu. Alternatif lain yang dapat digunakan adalah menggunakan tepung ketan jika tidak menggunakan kentang segar.
  3. Campur adonan kentang dan tepung bersama gula dan kuning telur yang telah dikocok. Campur pula dengan mentega dan ragi yang telah dicampur dengan air hangat. Untuk memastikan raginya aktif atau tidak.
  4. Masukkan air secara perlahan dan uleni hingga kalis. Nah, di sini rahasianya agar donat bisa empuk adalah dicampur dengan tepung ketan. Tepung ini harus dimasak dahulu dengan air, tidak bisa langsung diuleni.
  5. Jika sudah kalis, biarkan adonan dahulu, tutup dengan kain hingga mengembang. Setidaknya dibiarkan selama 1 jam. Jika sudah satu jam bentuk menjadi bulat dan biarkan kembali hingga mengembang. Baru setelah itu digoreng hingga kecoklatan.banner consideration promotion bg blue

2. Resep Donat Kentang (Dengan Teknik Proofing)


Bahan yang dibutuhkan:

  • 210 gr tepung terigu protein tinggi
  • Kentang rebus
  • 30 gr gula
  • 20 gr susu bubuk
  • 1 sendok makan ragi
  • 150 gr air dingin
  • 4 sendok makan mentega
  • 1 kuning telur
  • 1 sendok teh garam

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Campur terigu, kentang yang telah dihancurkan, gula dan susu bubuk. Tambahkan ragi dan kuning telur. Beri air dingin secara perlahan dan aduk hingga kalis. Jika ada mixer bisa juga menggunakan mixer.
  2. Setelah adonan kalis, tambahkan mentega cair dan garam ke dalam adonan. Aduk adonan kembali hingga kalis.
  3. Kunci donat bisa empuk dan kenyal adalah pada teknik proofingnya. Proofing adalah tahapan pengistirahatan adonan pada saat proses fermentasi. Teknik ini dilakukan setelah adonan kalis dan tercampur rata. Tujuannya agar adonan bisa mengembang dengan sempurna.
  4. Lakukan proofing donat selama kurang lebih 40 menit.  Jangan lupa untuk menutup wadah adonan dengan kain serbet bersih atau plastic wrap. Proofing ini dilakukan 2 kali saat adonan sudah kalis dan saat adonan telah dibentuk. Jika sudah mengembang goreng donat hingga kecoklatan dan beri topping sesuai selera.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, itulah beberapa resep donat kentang yang mudah ala dapur sendiri. Mudah dan dijamin bikin donat empuk dan gurih. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat donat kentang pun tidak terlalu sulit dan sangat mudah untuk dibuat. Bagaimana? Yuk, segera coba sekarang juga ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.