Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

2 Resep Martabak Telur Rumahan Mudah Lengkap Pasti Enak

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Ada beberapa resep martabak telur yang wajib dicoba.
Martabak telur kerap kali ditemui pada penjual gerobak di pinggir jalan. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah loh! Selain kamu bisa menguasai resep martabak telur sendiri, martabak telur yang dibuat sendiri juga lebih higienis karena bahan dan proses pembuatannya bisa kamu pastikan sendiri kualitasnya.

Sebenarnya membuat resep martabak telur tidaklah sulit, kamu perlu mengikuti cara pembuatannya secara berkala dan sesuai instruksi. Jika gagal mungkin sebuah hal yang wajar untuk mencoba resep pertama kalinya karena kamu belum cukup mampu melakukan cara-cara pembuatannya. Supaya kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, berikut ini resep martabak telur yang dapat dipraktekkan di rumah.
banner consideration shipping bg blue

Resep Martabak Telur yang Mudah Dibuat di Rumah

1. Martabak Telur Biasa



Bahan yang diperlukan untuk isian:


Bahan untuk kulit martabak:


Cara membuat isian:

Panaskan wajan berisi minyak, lalu tumis bawang putih hingga harum, masukkan daging cincang tunggu hingga berubah warna. Setelah itu, masukkan garam, kaldu bubuk, merica, bumbu kari, dan sedikit gula. Aduk hingga rata, dan coba rasakan apakah sudah pas. Selanjutnya, masukkan bawang bombai sambil diaduk sebentar, setelahnya matikanlah api dan sisikan.

Cara membuat adonan kulit:

Campurlah semua bahan kulit martabak menjadi satu hingga tercampur rata, jika perlu saringlah agar tidak ada butiran tepung yang tersisa.

Cara memasak martabak:

Siapkan telur yang telah dikocok dan berilah sedikit garam dan tambahkan isian dan daun bawang. Tuangkan adonan kulit ke loyang atau teflon yang sudah diberi minyak, lalu tuangkan isian bercampur telur ke dalamnya. Lalu lipat kulit martabak, tunggu hingga matang atau berwarna kecoklatan. Setelah itu angkat dan sajikan dengan acar timun.
banner consideration promotion bg blue

2. Martabak Telur Keju Mozarella Ala Rumahan



Bahan yang diperlukan untuk isian:

  • 100 gram daging sapi atau ayam cincang
  • 2 butir telur ayam
  • 5 batang daun bawang
  • Garam secukupnya
  • 1-2 sendok makan bumbu kari

Bahan untuk kulit:


Bahan untuk topping:

  • Keju mozarella dapat juga menggunakan jenis keju lain

Cara membuat adonan kulit:

Masukkan tepung terigu, garam, dan minyak ke dalam wadah, lalu tuangkan sedikit demi sedikit air hingga adonan menjadi kalis. Setelah itu, rendam adonan dengan minyak goreng kurang lebih selama 2 jam dengan kondisi tertutup.

Cara membuat isian:

Tumis daging cincang beserta bumbu kari hingga setengah matang. Jangan sampai dalam keadaan matang. Lalu kocok lepas telur dan tambahkan daun bawang dan tumisan daging.

Cara membuat martabak:

Setelah menunggu adonan selama 2 jam, ambil satu bulatan lalu pipihkan dan beri isian. Lipatlah kulit martabak hingga tertutup rapat, lakukan berulang hingga adonan dan isian habis. Setelah itu, goreng martabak tersebut hingga matang. Angkat lalu tiriskan hingga minyak keluar dan sajikan dengan topping keju mozarella yang di atasnya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Nah, itulah cara membuat resep martabak telur mudah dan praktis yang dapat kamu praktekan sendiri di rumah. Saat menyantap martabak, pastikan mengkonsumsinya dalam batas wajar ya Lemonizen, 2-3 potong saja dalam sekali makan agar tidak berlebihan dan memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Kamu juga bisa menyantapnya dengan acar timun atau wortel agar lebih lengkap dan sehat. Selamat mencoba resep di atas ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.