Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

2 Strategi Pemasaran Bagus Untuk Memajukan Bisnis Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Strategi pemasaran sangat penting dilakukan agar usaha semakin maju.

Strategi pemasaran seperti mata tombak dalam rangka memajukan sebuah bisnis. Jika strategi yang digunakan tepat sasaran, bisa dipastikan bisnis dapat berkembang dengan baik. Oleh karena itulah sebaiknya kamu memilih cara yang tepat untuk menarik pelanggan agar bisnis yang ditekuni dapat terus berlangsung.

Cara mencari target pasar untuk online shop, kafe, toko dan bisnis lainnya bisa dilakukan dengan berbagai metode. Nah, jika kamu masih bingung mau menggunakan strategi yang mana, maka kamu sudah menemukan artikel yang tepat. Karena di sini akan dibahas beberapa macam jenis strategi dalam memasarkan produk.

banner consideration shipping bg blue

Strategi yang tepat dapat membantu untuk meningkatkan jumlah pembeli. Inilah 2 strategi pemasaran yang bisa kamu coba:

1. Decoy Effect


Pernah tahu bahwa dalam beberapa strategi marketing yang ada, terdapat produk yang diciptakan untuk tidak dibeli? Merasa aneh dengan sistem ini? Ini bukanlah trik baru, dari dulu pun sudah dijalankan dengan beberapa metode oleh para pelaku bisnis. Decoy ini memberikan ilusi pada konsumen untuk memilih produk yang paling menguntung bagi penjual Misalnya, dalam detail seperti ini.

Nama produk : Susu Segar Enak

Harga normal :

Rp. 10. 000 untuk kemasan 500 ml

Rp. 20. 000 untuk kemasan 1000 ml

Harga setelah dikenai decoy effect:

Decoy 1: Harga normal X 1.5 = Rp. 15.000

Decoy 2: Harga antara decoy 1 dan decoy 3 yang lebih tinggi ke arah decoy 3 = Rp. 25. 000

Decoy 3 : Harga normal x 3 = Rp. 30. 000

Dari gambaran ini, jelas terlihat bahwa harga Rp, 25. 000 perlu diciptakan. Sehingga terciptalah kemasan 750 ml dengan harga yang tipis bedanya dibanding kemasan 1000 ml.  Secara psikologis, konsumen tentu akan memilih ambil yang kemasan kecil 500 ml Rp 15. 000 atau yang besar sekalian yaitu Rp. 30.000. Sehingga, pada konsepnya kemasan 750ml ini diciptakan untuk tidak dibeli. Misal ada yang beli, ya tidak akan rugi juga. Karena sudah memiliki margin yang tinggi.

banner consideration promotion bg blue

2. Promo Bundling


Memiliki beberapa produk yang saling complement atau melengkapi? Tidak ada salahnya menerapkan strategi satu ini. Promo ini dapat menaikkan omset secara signifikan, baik secara margin bersih atau dari perputaran produk agar fast moving atau penjualan berjalan dengan cepat. Jika produk fast moving, artinya semakin kecil risiko dead stock dan cash flow modal pun tidak terganggu.

Bagaimana teknisnya? Sebelum membahas teknis, maka pastikan produk yang hendak di bundling itu saling melengkapi atau minimal memberikan value lebih bagi pembeli. Misalnya saja, produknya adalah fashion. Maka bisa bundling dari sisi fungsi yang saling melengkapi. Detailnya, bisa dilihat dalam penjelasan di bawah ini.

Produk yang hendak di bundling:

  • Gamis Rp.100.000
  • Pashmina Rp.20.000
  • Masker Rp.10.000
  • Kaos kaki Rp.10.000
  • Belt fashion Rp.50.000

Nah itu harga jual satuannya. Maka, ketika bundling, beri promo seolah-olah jika membeli secara bundling bisa menguntungkan. Tekan margin agar tidak terlalu rendah, dan up harga sebelum lakukan bundling. Misalnya dengan diksi begini:

Beli Paket Cantik Hemat Rp. 150. 000 dan Gratis Belt Kece!

Dengan bundling seperti ini, pelanggan juga akan tergiur karena hanya dengan mengeluarkan uang 150.000, namun pembeli juga akan mendapatkan bonus belt. Padahal jika diteliti lebih dalam, dengan 150.000, harusnya memang pembeli akan mendapatkan belt juga.Ini terletak pada permainan kata dan psikologis pembeli karena lebih cenderung tertarik dengan kata bonus.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, itulah tadi 2 strategi pemasaran yang bisa kamu coba untuk mengembangkan bisnis yang akan atau sudah ditekuni. Selain itu, pilihlah produk dan tepat sesuai dengan target yang sudah kamu tentukan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.