3 Cara Bikin Si Kecil Suka Olahraga

23 Sep 2019 @ 13:26:46
Beraktivitas fisik seperti olahraga bukan hanya bermanfaat bagi orang dewasa namun juga bagi si kecil. Membiasakan anak olahraga sejak dini akan membuatnya terbiasa saat dewasa. Lebih penting lagi, aktivitas di luar ruangan seperti olahraga bisa menjadi salah satu cara mengalihkan perhatian anak dari ketergantungannya terhadap gawai.

Kira-kira, apa ya yang perlu orang tua lakukan untuk menumbuhkan minat si kecil terhadap olahraga? Simak tips berikut.

1. Cari ide olahraga bersama 

1. Cari ide olahraga bersama

Luangkan waktu paling tidak 60 menit di akhir pekan untuk beraktivitas fisik bersama si kecil. Manfaatkan kegiatan menyenangkan yang bisa dijadikan olahraga dan bisa dilakukan sambil bermain. Misal ajak anak main sepeda, lompat tali atau berenang jika si kecil senang bermain air. 

2. Tidak perlu berlebihan

2. Tidak perlu berlebihan

Ada orang tua yang mendorong anak (usia dini) fokus pada satu olahraga sementara yang lain mendaftarkan anak mereka dalam empat olahraga sekaligus. Keduanya bisa jadi bumerang bagi anak karena akan membuat mereka merasa olahraga seperti pekerjaan bukan lagi kegiatan yang menyenangkan. Cukup fokuskan pada latihan-latihan yang menyenangkan.

3. Idealnya hanya 2-3 jenis latihan olahraga setahun

3. Idealnya hanya 2-3 jenis latihan olahraga setahun

Daniel Gould, Ph.D, Direktur Institute for Study of Youth Sports di Michigan State University mengatakan di usia dini anak-anak harusnya latihan dua atau tiga olahraga setahun sehingga mereka bisa dapat banyak keterampilan. Seiring bertambahnya usia, biarkan mereka memutuskan untuk mengurangi atau tetap mengikuti semua latihan yang mereka sukai. Mungkin orang tua berpikir mengikutkan anak pada berbagai latihan fisik dan olahraga demi kebaikan anak sendiri tapi hati-hati bisa saja yang terjadi malah sebaliknya.

3. Idealnya hanya 2-3 jenis latihan olahraga setahun

Tunjukkan pada anak bahwa olahraga adalah bagian dari permainan dan setiap permainan pasti menyenangkan. Biarkan mereka memulainya dengan apa yang mereka senangi dan kemudian jadi kebiasaan di kemudian hari. Itu tips dari Moni, kalau dari Moms sendiri ada tips apa lagi? Yuk berbagi.