Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

3 Cara Membuat Es Kopyor Segar Pas untuk Menu Buka Puasa

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Cara membuat es kopyor sangat mudah untuk pemula.

Sebentar lagi bulan puasa tandanya harus menyiapkan menu untuk takjil agar momen berbuka puasa jadi lebih spesial. Salah satu menu yang bisa dijadikan andalan saat buka puasa adalah es kopyor. Cara membuat es kopyor ini sangat mudah dan butuh waktu yang singkat. Kreasi dari es kopyor ini sendiri ada banyak dan bisa dicoba di rumah.

banner consideration shipping bg blue

1. Es Kopyor Otentik dan Sederhana 


Kreasi es kopyor yang pertama adalah es kopyor otentik atau yang paling sederhana. Bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan mudah didapatkan di pasar. Langsung saja intip bagaimana cara membuat es kopyor otentik ini.

Bahan yang dibutuhkan:

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah atau gelas saji. Jika sudah masukkan kelapa kopyor dan air kelapa muda.
  2. Tambahkan es batu di atas kelapa kopyor tanpa diaduk.
  3. Es kopyor siap disajikan

Santap segera selagi es belum mencair, jika ingin menyantapnya nanti bisa dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu.

2. Es Kopyor Agar-Agar


Kreasi es kopyor juga bisa kamu buat dengan menggunakan agar-agar sebagai bahan utama lho! Sebab, agar-agar ini bisa menambahkan tekstur yang unik dan juga rasa yang lebih nikmat saat dicampur pada es kopyor. Bagaimana ya cara membuat es kopyor agar-agar ini?

Bahan yang dibutuhkan:

  • 450 ml santan instan
  • 200 ml air
  • 100gr gula pasir
  • 1 bks agar-agar plain
  • 4L air matang
  • Es batu sesuai selera

Cara membuat es kopyor agar-agar:

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan agar-agarnya. Langsung saja campur bubuk agar-agar plain, air, dan santan. Aduk agar-agar dengan air hingga larut dan tidak menggumpal lalu baru berikan santan sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk. Masak sampai mendidih lalu angkat dan dinginkan.
  2. Jika agar-agar sudah agak dingin, siapkan es batu dan air matang dalam satu wadah. Tuang agar-agar tadi di atas bongkahan es batu sedikit-sedikit. Sesaat setelah dituang langsung saja tarik ke bawah dengan menggunakan garpu agar bisa berbentuk seperti serabut kopyor. Lakukan ini sampai agar-agar habis.
  3. Jika sudah, bahan-bahan siap disusun di gelas saji. Masukkan sirup dulu dalam gelas, lalu disusul dengan agar-agar kopyor dan airnya. Berikan es batu sesuai selera.
banner consideration promotion bg blue

3. Es Kopyor Tanpa Sirup


Bagi yang tidak terlalu suka manis dari sirup, bahan ini bisa di skip. Es kopyor tidak harus menggunakan sirup dan bisa diganti dengan bahan lain seperti susu kental manis atau air jeruk manis. Berikut ini cara membuat es kopyor dengan susu coklat dan tanpa menggunakan sirup.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 700 cc air
  • 200gr gula
  • 1 sachet bubuk jelly atau agar-agar rasa coklat
  • 1 sachet madu
  • Es batu

Cara membuat:

  1. Pertama, langsung campur semua bahan pada wadah dan masak hingga mendidih diatas api sedang. Pastikan untuk terus mengaduk agar tidak ada gumpalan. Jika sudah mendidih langsung angkat dan diamkan sebentar agar agak dingin.
  2. Jika agar-agar sudah agak dingin, langsung siapkan es batu pada sebuah wadah lalu tuangkan sedikit demi sedikit agar-agar tadi di atas es batu lalu tarik ke bawah dengan garpu agar terbentuk seperti serabut kopyor. Lakukan sampai agar-agar habis.
  3. Jika sudah, tuang madu pada gelas saji, kopyor coklat, lalu berikan air dan es batu sesuai selera. Agar terlihat cantik di atas es batu tuang susu kental manis coklat.
  4. Es kopyor siap disantap.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, itulah beberapa cara membuat es kopyor dengan kreasi yang berbeda-beda. Mudah bukan membuat es kopyor ini? Yuk siapkan hidangan spesial untuk bulan puasa nanti. Selamat mencoba.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.