Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

3 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju, Dijamin Untung!

Rizki Indra
Rizki Indra
15 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Cara memulai bisnis online shop baju mudah dilakukan dan menguntungkan.

Memulai bisnis online pakaian bisa dilakukan oleh siapa saja. Tidak peduli apakah kamu sudah memiliki toko pakaian offline butik dunia nyata, atau hanya ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Agar bisnis menjadi berkembang, kamu harus tahu cara memulai bisnis online shop baju yang benar.


Toko online memberikan potensi penghasilan tinggi tanpa membutuhkan biaya besar. Hal ini disebabkan karena di masa kini semakin banyak pembelian yang dilakukan secara online. Namun tentunya dibutuhkan persiapan dan cara memulai bisnis yang benar agar jalannya bisnis bisa lancar. Nah, agar bisnis kamu sukses, simak cara memulai bisnis online shop baju berikut:

1. Ketahui Bagaimana Cara Kerja Bisnis Online Baju


Penting untuk memahami seluruh proses sebelum kamu terjun ke bisnis pakaian online. Buatlah beberapa pertanyaan untuk memudahkan kamu untuk belajar. Misalnya, asal produk, bagaimana mereka dibuat, dan bagaimana cara pengirimannya.


Cara yang mudah untuk mempelajarinya adalah dengan melakukan riset pada toko online yang berbintang lima. Mungkin mengajukan pertanyaan secara langsung atau melakukan wawancara tidak diperbolehkan, maka cara yang paling mudah adalah dengan berbelanja.


Pelajari layanan yang mereka berikan seperti lama pengiriman, ekspedisi apa yang digunakan, atau program promo yang ditawarkan. Kamu bahkan bisa mempelajari hal simpel seperti cara membungkus pesanan dan apa saja yang disertakan di dalam bungkusan tersebut.


Apakah mereka gampang menerima retur jika barang tidak sesuai? Bagaimana cara komunikasinya? Intinya, semakin banyak yang diketahui maka akan semakin mudah untuk memulai bisnis pakaian online kamu sendiri.

2. Membuat Rencana Bisnis yang Matang


Bisnis akan gagal atau tidak berkembang besar jika tidak memiliki rencana yang baik. Tanpa rencana, biaya operasi kamu akan membengkak dan mengakibatkan kemampuan melayani pelanggan dengan baik akan menurun. Kamu bisa kehilangan pelanggan dan bisnis tidak akan berhasil.


Tulislah semua rencana dengan jelas dan fokus dan beri tanda apabila satu rencana telah selesai dikerjakan. Beberapa rencana yang bisa dibuat antara lain:

  • Merek apa yang akan dijual dan di mana kamu bisa mendapatkannya?
  • Siapa target pembeli kamu dan di mana bisa menemukan pelanggan tersebut?
  • Berapa harga untuk setiap barang yang bisa menjadi margin keuntungan kamu?
  • Bagaimana cara promosi yang harus dilakukan?
  • Apakah kamu butuh karyawan?

Di atas hanya contoh pertanyaan penting yang harus kamu susun. Semakin rinci rencana yang dibuat, akan makin mudah kamu mengarahkan bagaimana bisnis akan beroperasi. Apakah ingin menyetok barang, atau melakukan penjualan secara dropshipping, yang penting adalah menuliskan rencana untuk mewujudkannya.

3. Membangun Situs Web


Jika ingin berjualan online, membangun sebuah situs web adalah keharusan. Situs web memungkinkan kamu membuat daftar barang dengan cepat dan mudah, mengunggah foto, menambahkan deskripsi produk, dan mengatur proses pembayaran.


Situs web harus dibuat dengan tampilan yang menarik dan mudah diakses. Tidak melulu berisi barang dagangan, namun situs web harus mengandung konten yang dapat memberikan info yang menarik dan edukatif. Hal ini akan menarik perhatian orang untuk terus mengunjungi situs web kamu. Daftarkan juga bisnis online ke dalam platform media sosial seperti Facebook dan Instagram. Buatlah tautan agar media sosial ini terhubung dengan situs web kamu.


Memulai bisnis online baju memang harus dengan perencanaan yang matang agar berhasil. Manfaatkan dukungan dari media sosial atau situs web yang tepat untuk membuat bisnis kamu berkembang. Semoga tips cara memulai bisnis online shop baju tersebut bisa membantu kamu, ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.