Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

3 Cara Mengolah Paru Sapi yang Sehat

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Nikmati paru sapi yang lezat dengan cara memasak paru sapi yang benar.
Ada beberapa cara mengolah paru sapi yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan hidangan paru sapi yang lezat dan variatif. Teruntuk kamu yang belum tau, paru sapi adalah salah satu macam jeroan yang terdapat pada daging sapi atau daging merah lainnya. Jeroan ini merupakan yang paling favorit karena memiliki cita rasa gurih dengan tekstur yang kenyal. Selain lezat, ada banyak manfaat paru sapi yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Ada banyak kandungan gizi yang terkandung di dalamnya seperti zat besi, protein, lemak, dan berbagai mineral penting lainnya.
banner consideration shipping bg blue

Cara Mengolah Paru Sapi yang Sehat


Sebelum mengolah paru sapi menjadi berbagai macam variasi menu masakan, kamu harus mengetahui bagaimana mengolahnya untuk bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Jangan sampai salah, berikut ini cara pengolahan paru sapi yang benar supaya tekstur kenyalnya tetap ada dan bau anyirnya jadi hilang.

1. Memilih Paru Sapi yang Berkualitas Baik Terlebih Dahulu



Sebelum mengolahnya, kamu wajib memilih paru sapi dengan kualitas terbaik supaya hasil masakannya juga berkualitas. Beberapa ciri daging sapi dengan kualitas bagus antara lain adalah:

a. Memiliki Tekstur Kenyal dan Tidak Berlendir


Tekstur adalah salah satu kunci untuk memastikan kualitas dari paru sapi yang akan diolah. Paru sapi yang berkualitas baik dan segar akan memiliki tekstur yang kenyal seperti spons saat disentuh. Selain itu, perhatikan juga permukaan paru sapi saat menyentuhnya. Pastikan bahwa permukaannya tidak berlendir, jika berlendir maka jangan beli paru tersebut karena kualitasnya pasti sudah tidak bagus lagi.

b. Memiliki Warna Merah Segar


Paru yang berkualitas pasti memiliki warna merah segar. Jangan sekali-kali membeli daging berwarna biru kehitaman. Sebab, hal itu menandakan daging tersebut tak lagi segar dan kualitasnya juga buruk.

c. Perhatikan Bagian Tengah Paru Apabila Membeli yang Sudah Direbus


Selain dijual dalam keadaan mentah, paru sapi juga biasanya dijual dalam keadaan sudah direbus. Jika membeli paru dalam keadaan sudah direbus, kamu juga harus tetap memperhatikan kualitasnya karena bisa saja paru yang dijual itu diolah dari paru yang tidak segar. Pastikan bahwa bagian tengah paru rebus memiliki warna coklat kemerahan, jika memiliki warna coklat cenderung hitam, maka hindari untuk membelinya ya. Sebab kualitas paru tersebut tidak baik.
banner consideration promotion bg blue

2. Membersihkan Hingga Benar-benar Bersih



Setelah paru sapi terlebih, jangan lupa mencucinya terlebih dahulu sebelum memasaknya. Tidak bisa asal membersihkan, karena paru memiliki banyak sekali serat dan otot-otot berlubang yang menjadi tempat utama kotoran. Cuci di bawah air mengalir sembari menggosok secara perlahan supaya kotoran meluruh. Jangan lupa, beri perhatian lebih pada otot berlubang karena di sanalah berbagai kotoran menumpuk sehingga harus dibersihkan.

3. Cara Memasak Paru Sapi



Kini, saatnya kamu mulai memasak paru sapi dengan teknik yang tepat. Mari ikuti panduannya berikut ini :

  • Sebelum dibumbui dan diolah, sebaiknya paru direbus terlebih dahulu untuk menghilangkan bau dan membuat tekstur daging menjadi lebih empuk ketika dimakan.
  • Potong menjadi dua hingga empat bagian dengan tujuan membuat tekstur kenyal pada paru tetap terjaga. Selain itu, cara ini membuat proses masak menjadi lebih cepat.
  • Rebus paru hingga menyusut dan jangan lupa tambahkan daun salam serta daun jeruk untuk menghilangkan bau anyirnya.
  • Jika sudah matang, potong dadu atau iris tipis paru tersebut. Buang saja apabila masih ada bagian yang keras.
  • Terakhir, silakan bumbui dan olah sesuai selera kamu sendiri.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah beberapa cara mengolah paru sapi yang benar. Meski makanan ini lezat dan mengandung banyak manfaat, ada baiknya kamu tidak terlalu banyak memakannya karena adanya kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Jadi, konsumsi dalam batas wajar dan imbangi dengan makanan bergizi lainnya ya!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.