Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

3 Contoh Usaha Mikro di Berbagai Bidang untuk Anda

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak contoh usaha mikro yang bisa dicoba.

Ulasan ini akan menyajikan 3 contoh usaha mikro yang dapat menjadi referensi usaha Anda. Menurut UU nomor 20 tahun 2008, disebutkan bahwa kriteria sebuah usaha masuk kategori mikro ditinjau dari besaran modalnya. Jika modal berputar (tidak termasuk tanah dan bangunan) tidak melebihi 50 juta maka tergolong usaha mikro. Berikut beberapa contoh usaha mikro yang bisa Anda pilih:

banner consideration shipping bg blue

1. Usaha Mikro di Bidang Kuliner


Bidang kuliner merupakan bidang usaha yang tidak ada matinya selama ada manusia yang hidup di muka bumi. Karena selama manusia membutuhkan makanan maka industri kuliner harus terus berproduksi. Tanpa ketersediaan makanan, manusia akan punah dengan sendirinya.

a. Jualan Jajanan Pasar

Jual jajanan pasar merupakan usaha mikro yang mudah dan murah. Jika Anda bisa membuatnya sendiri, selain menyalurkan hobi juga bisa mendulang rezeki. Namun jika tidak, Anda bisa menjadi fasilitator teman atau tetangga yang menitipkan jualan dengan komisi tertentu.

Jenis jajanan pasar yang dijual tentu tergantung pada daerah tempat tinggal. Karena jajanan ini tidak tahan lama dan lekas basi, maka sebaiknya awali dengan menjual jajanan yang berpotensi laris. Sehingga jika ada sisa tidak terlalu banyak dan mubazir.

b. Jual Jajanan Anak Sekolah

Anak sekolah mulai TK hingga perguruan tinggi sangat butuh dan suka jajan. Mulai dari makanan ringan, minuman kekinian, hingga makanan berat tinggi karbohidrat dan serat. Anda hanya perlu mencari lokasi berjualan yang strategis untuk tempat anak sekolah berkumpul.

Untuk menyiasati sekolah yang masih tutup hingga saat ini, Anda bisa memasarkan jajanan melalui media sosial. Jangkauan penjualan dengan cara ini tentu lebih luas, tidak hanya menyasar anak sekolah.

c. Jual Makanan/Minuman Tren

Makanan dan minuman kekinian yangs edang tren selalu mendapat tempat khusus bagi milenial. Terbukti dengan banyaknya jenis kopi yang dijual di sepanjang jalan atau kedai franchise, tetap memiliki peminat masing-masing.

banner consideration promotion bg blue

2. Usaha Mikro Bidang Digital


Selain makanan, usaha di bidang digital juga semakin eksis selama pandemi. Minimal ada dua jenis usaha di bidang digital yang dapat dijadikan referensi usaha sebagai pengganti pekerjaan yang sedang lesu.

a. Usaha Dropship

Usaha dengan cara memasarkan tanpa harus memiliki stok ini menjadi pilihan paling mudah bagi generasi muda. Barang yang dipasarkan pun bebas, tergantung ketersediaan supplier. Mulai dari kaos, souvenir, tumblr, alat rumah tangga, dan sebagainya.

b. Reseller Sesuai Kebutuhan dan Hobi

Bidang usaha kedua yang patut dilirik untuk menghasilkan uang adalah reseller. Misalnya dengan bergabung tim Wiranilo dari Lemonilo. Hanya dengan modal 300K sudah resmi menjadi reseller dan mendapat berbagai kemudahan sekaligus keuntungan.

3. Usaha Mikro Bidang Jasa


Di bidang jasa, sebenarnya ada lebih banyak ruang kreasi yang bisa diambil. Karena cakupan jasa sangat luas, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk memenuhi kebutuhan sekunder dan tersier. Dua diantaranya adalah:

a. Usaha Jasa Desain

Anda bisa membuka usaha desain untuk pakaian, interior, alat rumah tangga, atau desain gambar-gambar custom. Nantinya berbagai gambar tersebut bisa diaplikasikan pada benda-benda kesayangan.

b. Usaha Pembuatan Konten dan Optimasi

Usaha bidang jasa berikutnya yang banyak dicari adalah pembuatan konten dan optimasi akun bisnis. Karena para pengusaha belum banyak yang memahami algoritma berbagai platform maka mereka membutuhkan tenaga ahli. Semakin banyak keahlian yang dimiliki seseorang, semakin banyak peluang usaha terbuka.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah ulasan singkat 3 contoh usaha mikro yang dapat dijadikan referensi untuk membuka usaha baru. Memaksimalkan kemampuan dan minat Anda di bidang yang dikuasai. Agar hasil yang diperoleh nantinya juga maksimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.