3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Atasi Tumit Pecah-Pecah, Coba Pakai VCO!

30 Des 2019 @ 19:13:01
Siapa di sini yang suka jalan nggak pake alas kaki terus tumit dan telapak kakinya jadi kering dan pecah-pecah? Atau maksain kaki pake sepatu sempit sampe bikin tumit sakit terus kulitnya juga pecah-pecah? Ya, tumit pecah-pecah memang masalah umum sih tapi kalau dibiarkan lama-lama selain mengganggu penampilan juga rentan bikin kaki berdarah dan infeksi.

Kamu perlu tau kalau sebenarnya kulit telapak kaki secara umum memang lebih kering dibanding kulit lainnya. Ini karena di bagian telapak kaki minim kelenjar keringat sehingga memang di bagian ini terasa kering dan kasar. Makanya, disarankan untuk menghindari hal-hal yang membuatnya gampang pecah-pecah seperti berdiri terlalu lama, pakai sepatu yang sempit atau pakai sabun yang terbuat dari bahan iritatif.

Di luar hal-hal tersebut penyebab kaki pecah-pecah juga dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Misalnya karena penyakit kulit, kaki kapalan, diabetes dan hipotiroidisme, kegemukan, dan kekurangan nutrisi seperti vitamin A dan lemak. Para perokok dan orang yang mengonsumsi minuman beralkohol juga berisiko mengalami kaki pecah-pecah lho.

Jadi, Gimana Cara Mengatasinya?

Coba sekarang cek tumitmu, apakah ada gejala kering dan pecah-pecah? Kalau iya, kamu bisa melakukan perawatan sederhana untuk mencegah tumit keringmu semakin parah. Sebelumnya, scrub dulu bagian tumit menggunakan batu apung atau alat scrub untuk menghilangkan sel kulit mati. Lakukan secara rutin untuk menghindari penumpukan sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit semakin kasar.

1. Pakai Pelembap yang Bertekstur Kental Misalnya Gel dari Lidah Buaya

Untuk mengatasi telapak kaki dan tumit kering, disarankan menggunakan pelembap yang memiliki tingkat kelembapan tinggi seperti gel dari lidah buaya, petroleum jelly, atau shea butter. Oleskan pelembap pada bagian tumit kaki setiap malam sebelum tidur. Lakukan setiap hari setelah kaki di-scrub, maka tumitmu akan kembali halus pada keesokan harinya. 

2. Oleskan VCO Sambil Pijat Perlahan, Kandungan Trigliseridanya Bisa Membuat Kulit Lembap Lebih Lama

Minyak kelapa telah lama direkomendasikan untuk mengatasi masalah kulit kering seperti eksema atau psoriasis. Minyak kelapa biasa ataupun minyak kelapa murni yaitu virgin coconut oil (VCO) memiliki kandungan trigliserida yang mampu memberi kelembapan kulit lebih lama. Minyak kelapa juga memiliki sifat antiperadangan dan antimikroba sehingga baik untuk mendinginkan telapak kaki yang mudah mengalami peradangan.

Oleskan VCO pada bagian kaki yang bermasalah sambil pijat perlahan. Pijatan lembut pada kaki akan membantu melancarkan peredaran darah sehingga membuat kaki lebih rileks dan nyaman. Kamu juga bisa membungkus kaki dengan kaos kaki atau membiarkannya terbuka hingga perlahan-lahan mengering dan meresap pada kulit. 

Dibandingkan dengan lotion atau krim pelembap, minyak cenderung lebih cepat menyerap ke dalam kulit. Jadi, VCO bisa menjadi andalanmu untuk atasi tumitmu yang kering dan pecah-pecah!

3. Pastikan Tubuh Terhidrasi ya, Minum Air Putih 8 Gelas Sehari!

Saat tubuh kekurangan cairan kita akan merasa haus dan tenggorokan menjadi kering, begitu juga dengan kulit. Untuk membantu meningkatkan kelembapan dari dalam tubuh, perbanyak minum air putih setidaknya 1,5 liter hingga 2 liter per hari. Jika kulit terasa lembap, maka kulit pecah-pecah akan perlahan memudar. 

Nah, coba pelan-pelan atasi tumit kering dan pecah-pecah dengan tiga cara di atas ya. Jika dirawat dengan baik dan rutin, kulit kaki atau tumit yang kering dan pecah-pecah akan membaik secara perlahan. Jadi, jangan lupa rawat kulit kakimu ya!

Artikel Terkait

Bikin Sendiri Masker Gula ala Skincare Korea, Mudah Murah dan Banyak Manfaatnya
Kalau dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, gula bisa bikin masalah. Tapi kalau dipakai jadi skincare malah banyak manfaat..
Shella Rafiqah Ully
23 Januari 2020
Nggak Perlu Setiap Hari, Ini Waktu Tepat Memakai Masker Wajah yang Kamu Perlu Tahu
Kamu harus tau nih kapan waktu-waktu terbaik memakainya. Misal, sebelum tidur dan di pagi hari sebelum pakai make up...
Shella Rafiqah Ully
16 Januari 2020
Cara Gampang Bikin Masker Lidah Buaya di Rumah
Kamu bisa bikin sendiri masker lidah buaya di rumah dengan simak tips berikut!..
Shella Rafiqah Ully
25 Juni 2019