3 Jenis Buah Berry Yang Mungkin Belum Kamu Tahu

30 Apr 2020 @ 00:27:12
Buah berry adalah buah berukuran kecil tapi memiliki rasa yang sedap. Buah ini sering dijadikan minuman buah yang segar dan banyak dijumpai di pasaran. Buah berry yang dikenal dan sering dijumpai di Indonesia adalah jenis blueberry. Namun, faktanya bukan hanya blueberry saja, loh. Masih ada banyak jenis buah berry dengan ragam varian bentuk, rasa, dan olahan. Apa saja jenis buah berry tersebut? Berikut ini beberapa jenis buah berry yang mungkin belum kamu tahu.

1. Blackberry



Jenis buah berry yang jarang diketahui banyak orang yang pertama adalah blackberry. Meski jenis buah ini tidak asing, namun masih banyak masyarakat yang ragu untuk mengkonsumsi buah ini. Padahal, buah berry yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Blackberry merupakan jenis berry yang dikenal memiliki rasa paling pahit dan juga tajam. Dalam 100 gram blackberry yang kamu konsumsi, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin C sampai persentase 35% loh! Selain itu, buah berry ini juga mengandung zat besi, magnesium, serta kandungan kalium yang mencapai 5%. Kandungan serat dalam buah ini juga tergolong tinggi sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet, selain itu tingkat kalori yang dimiliki oleh blackberry juga tergolong sedikit.

2. Raspberry



Buah Raspberry termasuk buah berry yang lumayan terkenal dan disukai banyak orang. Biasanya, buah ini lebih gampang dijumpai ketika musim kemarau. Ia dikenal karena cita rasanya yang manis dan segar. Buah ini sangat baik untuk program diet karena mengandung kalori yang rendah, kaya mineral, dan juga vitamin.

Kandungan nutrisi yang ada pada raspberry juga sedikit lebih tinggi dibandingkan blueberry. Jika kamu mengkonsumsi buah raspberry ini sebanyak 100 gram, maka kamu bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C mu sebanyak 43% loh! Kadar serat yang ada pada raspberry juga lebih tinggi dibandingkan blueberry.

Kandungan zat besi yang ada pada raspberry juga bekisar 3% dari kebutuhan harian kamu. Zat lain seperti magnesium, dan kalium juga ada dalam raspberry. Konsumsi raspberry juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan menjaga kesehatan aliran darah. Raspberry juga bisa menjadi buah untuk membantu proses menurunkan berat badan karena kalorinya yang tergolong rendah.

3. Blueberry



Diantara 2 jenis berry sebelumnya, blueberry memang terbilang yang paling familiar untuk orang Indonesia. Hanya saja, tingkat konsumsi buah ini juga masih tergolong rendah. Buah blueberry memiliki kandungan vitamin, mineral, dan juga serat yang penting untuk kesehatan tubuh.

Jika kamu mengkonsumsi 100 gram buah blueberry, maka kamu bisa mencukupi sebanyak 16% vitamin C harian yang diperlukan tubuh. Selain itu blueberry juga memiliki kandungan vitamin B6 dan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan zat besi, magnesium, serta kalium yang ada di buah blueberry ini juga sangat bagus.

Buah ini juga memiliki kadar serat yang tinggi dan kalori yang rendah. Sehingga sangat cocok dijadikan makanan pendamping atau cemilan untuk proses diet yang dijalani atau bisa menjadi campuran pada makanan lain seperti oatmeal.

Nah, itulah ulasan tentang 3 jenis buah berry yang mungkin belum kamu tahu. Dengan mengetahui jenis berry di atas, tentu akan membuat pengetahuan lebih banyak. Mungkin suatu hari nanti, bisa mencoba untuk mencicipi beberapa jenis berry tersebut ya!

Artikel Terkait

Manfaat Buah Bit dengan Segudang Kebaikan Bagi Tubuh
Inilah berbagai manfaat buah bit yang memiliki segudang kebaikan untuk kesehatan tubuh..
Rizki Indra
24 Oktober 2020
Manfaat Kayu Secang dan Cara Mengkonsumsinya
Kayu secang memang seringkali dikonsumsi menjadi wedang oleh masyarakat, inilah manfaat kayu secang untuk kesehatan..
Rizki Indra
24 Oktober 2020
Simak 5 Manfaat Buah Pir yang Belum Kamu Sadari
Dikenal sebagai buah yang renyah tapi lezat, inilah beberapa manfaat buah pir yang belum disadari banyak orang..
Rizki Indra
24 Oktober 2020