Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

3 Manfaat Baik Ubi Ungu yang Kamu Perlu Tau!

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
03 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Ubi Ungu
Siapa yang tak kenal ubi ungu, si superfood kaya antioksidan dari pangan lokal nusantara?

Ubi ungu adalah jenis umbi-umbian yang tumbuh di lebih dari 100 negara di dunia. Kebanyakan ubi ungu dapat tumbuh dengan baik di negara-negara tropis, misalnya di benua Asia seperti di Tiongkok, Indonesia, India, dan Filipina. Tapi, taukah kamu apa saja kandungan gizi dan manfaat mengonsumsi ubi ungu?
Dalam buku Sweet Potato: An Untapped Food Resource (1992) yang ditulis Jennifer A. Woolfe, ubi ungu dicatat mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat sebagai penyedia energi (energy provider), protein, serat (dietary fibre), vitamin (vitamin A, vitamin C, dan cukup kandungan vitamin B1, B2, B3, dan B6), dan mineral (beberapa di antaranya adalah kalium, potassium, dan magnesium).

Adelia Bovell Benjamin dalam bukunya Sweet Potato: Post Harvest Aspects in Food, Feed, and Industry (eds. Ramesh C. Ray dan K. I. Tomlins; 2009) juga mengungkapkan setidaknya ada 3 manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi ubi ungu.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Lebih dari 230 juta anak di dunia mengalami kekurangan vitamin A, terutama di negara-negara berkembang. Hal ini tentu memprihatinkan. Meskipun tidak mengandung vitamin A, ternyata ubi ungu mengandung pro vitamin A (beta karoten dan karotenoid lain) yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Dengan demikian, ubi ungu juga punya andil besar dalam mengisi kebutuhan vitamin A pada tubuh, yang misalnya penting untuk menjaga kesehatan mata.
banner consideration promotion bg blue

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Adelia menuliskan salah satu kesimpulan demikian dalam penelitiannya, “Juice from purple-fleshed sweet potato has been shown to effectively lower blood pressure in humans.” Yak, benar. Menurut Adelia, dengan mengonsumsi ubi ungu, kita dapat menurunkan tekanan darah, serta mengurangi resiko terkena serangan jantung. Karotenoid dan antosianin yang terkandung dalam ubi ungu memiliki sifat antioksidan yang berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan Kadar Glukosa dalam Darah

Ubi ungu bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah. Hal ini tentu masih berkaitan dengan senyawa yang memiliki sifat antioksidan yang terkandung dalam ubi ungu, Bagi mereka yang menderita penyakit diabetes, ubi ungu bisa menjadi alternatif makanan yang ‘ramah dan bersahabat’.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, jika selama ini kamu terbiasa dengan sumber-sumber energi berupa nasi atau jagung mulai sekarang kamu bisa mulai melirik ubi ungu sebagai alternatif makanan sehari-hari. Apalagi, ada berbagai macam olahan dan resep yang bisa dibuat dengan bahan dasar ubi ungu. Cobain deh!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.