3 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan! Yuk, Ketahui Efek Sampingnya Juga

09 Mei 2020 @ 21:42:11
Merayakan Hari Palang Merah Sedunia yang diperingati tiap 8 Mei, yuk ingat lagi alasan-alasan mengapa donor darah menjadi penting.

Penyakit atau keadaan tertentu dapat membuat seseorang kehilangan darah dalam jumlah cukup banyak. Tanpa jumlah darah yang cukup, oksigen dan nutrisi lain tidak akan tersebar ke seluruh tubuh. Dampaknya, tubuh akan lemas, letih, lesu, bahkan pada kasus tertentu yang sangat ekstrim bisa menyebabkan kematian.

Banyak rumah sakit dan pusat kesehatan yang membutuhkan donor darah untuk menyelamatkan nyawa pasien. Menurut The Red Cross di laman situs mereka, donasi darah dari 1 pendonor dapat menyelamatkan hingga 3 nyawa manusia lain. 

Pun, karena produk darah dan bagiannya (termasuk plasma dan trombosit) tidak dapat diproduksi secara kimia maupun menggunakan mesin, maka penting bagi mereka yang bisa mendonorkan darah untuk melakukannya agar dapat membantu orang lain yang darurat membutuhkan darah.

Apalagi sebenarnya donor darah tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang mendapatkan donor, tapi juga memberi manfaat kesehatan bagi si pendonor. Berikut beberapa manfaat dari kegiatan rutin mendonorkan darah yang bisa kamu dapatkan, bahkan secara nggak sadar, lho.

1. Donor Darah Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Jantung



Cadangan zat besi yang tinggi di dalam tubuh meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung. Zat besi sendiri adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Jumlah zat besi yang berlebihan dapat tersimpan di berbagai organ dalam tubuh dan membahayakan fungsi organ seperti liver dan jantung.

Menurut penelitian dari American Journal of Epidemiology bahwa orang yang melakukan donor darah secara rutin memiliki resiko terkena serangan jantung 88% lebih rendah. Juga, 33% lebih rendah dengan rsiko terkena penyakit jantung lainnya.

2. Selain itu Juga Mengurangi Risiko Terkena Kanker



Simpanan zat besi yang berlebih di dalam tubuh, selain memicu serangan jantung juga meningkatkan radikal bebas. Dengan melakukan donor darah akan menurunkan tingkat simpanan zat besi sehingga terbukti menurunkan risiko kanker spesifik tertentu dan menurunkan risiko keganasan baru.

Ini dibuktikan pada penelitian yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute dengan mengikuti dua kelompok pria selama 4,5 tahun. Kelompok pertama yang rutin mendonorkan darah menurunkan kadar zat besi tubuh mereka, begitu juga dengan resiko terkena kanker dibandingkan dengan kelompok pria yang tidak mendonorkan darah.

3. Bisa Sekaligus Periksa Kesehatan, Pastikan Kamu Benar-Benar Sehat ya Sebelum Mendonorkan Darah!



Setiap orang yang ingin mendonorkan darah harus melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes darah lebih dulu. Seseorang yang mendonorkan darahnya seharusnya tidak memiliki penyakit yang ditularkan melalui darah seperti Hepatitis B, Hepatitis C dan HIV. Kamu juga tidak bisa mendonorkan darah bila jumlah darah yang kamu miliki sedikit atau di bawah rata-rata dan tubuhmu kekurangan zat besi. 

Oleh karena itu, selama proses mendonorkan darah kamu akan mendapatkan informasi terkait kesehatanmu melalui pemeriksaan kesehatan yang dilakukan. Baik pemeriksaan kesehatan umum ataupun pemeriksaan kesehatan penting seperti pemeriksaan jumlah darah yang disebut pemeriksaan Hemoglobin (Hb). 

Efek Samping Melakukan Donor Darah



Secara umum, donor darah sangat aman dan tidak berbahaya bagi tubuh, namun beberapa orang mungkin akan merasakan efek samping donor darah seperti memar dan nyeri di daerah bekas suntikan serta pusing dan pingsan. kondisi ini biasanya berlangsung selama beberapa menit saja. Kamu bisa berbaring dengan kondisi kaki ditinggikan.

Ingat untuk mengkonsumsi air mineral yang cukup, makan makanan bergizi dan bernutrisi untuk mengembalikan stamina. Jika bekas suntikan mengeluarkan darah, balut lengan lalu tekan dan angkat selama 5 hingga 10 menit. Efek samping donor darah hingga memerlukan perawatan medis sangat jarang terjadi. Apabila kamu mengalami efek sampingnya dalam waktu lama, segera menemui dokter ya.

Ada fakta menarik juga nih seputar donor darah. Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan piagam penghargaan kepada setiap Donor Darah Sukarela (DDS) yang telah menyumbangkan darahnya 15 kali, 30 kali, 75 kali, dan 100 kali. Khusus untuk DDS 100 kali  PMI dan Departemen Sosial memberikan  penghargaan berupa Satyalancana Kebaktian Sosial yang disematkan langsung oleh Presiden RI. Menarik ya, yuk mulai berbagi kebaikan Lemonizen!

Artikel ini telah di-review oleh Tim Dokter Mamanesia (dr. Pritta Diyanti, dr. Rizqii Nurdini, dan dr. Kanya Tania)

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020