3 Manfaat Penting dari Vitamin D untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin D merupakan jenis vitamin yang identik dengan sinar matahari. Bukan tanpa alasan, vitamin yang satu ini produksinya terjadi sebagai respons terhadap sinar matahari. Vitamin D juga termasuk vitamin yang larut dalam lemak. Adapun keluarga senyawa vitamin D mencakup vitamin D1, vitamin D2, dan vitamin D3.

Vitamin D memiliki beberapa fungsi yang penting untuk kesehatan terutama tulang dan gigi. Mendapatkan asupan vitamin D yang cukup penting untuk tubuh karena akan mendorong pertumbuhan dan perkembangan tulang serta gigi. banner consideration shipping bg blue

Jika tubuh kekurangan vitamin D, tubuh akan berisiko mengalami kelainan atau penyakit pada tulang seperti osteomalasia dan osteoporosis.

Nah dilansir dari Healthline, berikut adalah 3 manfaat vitamin D yang perlu kamu ketahui:

1. Membantu Melawan Penyakit

Selain manfaat utamanya untuk tulang dan gigi, penelitian menunjukkan bahwa vitamin D juga berperan dalam mengurangi risiko multiple sclerosis yakni suatu penyakit saat sistem kekebalan tubuh menggerogoti lapisan pelindung saraf.

Kemudian, vitamin D juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung, sebagaimana diungkapkan dalam temuan penelitian tahun 2008 yang dilakukan oleh American Heart Association. 

Terakhir, vitamin D mampu mengurangi risiko terkena flu, menurut penelitian tahun 2010 yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition.

2. Mengurangi Depresi

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin D mungkin memiliki peran penting dalam mengatur suasana hati dan mencegah depresi. Dalam sebuah penelitian, ilmuwan menemukan bahwa orang dengan depresi yang menerima suplemen vitamin D mengalami gejala yang lebih baik.

Dalam studi lain terhadap orang-orang dengan penyakit fibromyalgia, peneliti menemukan kekurangan vitamin D lebih sering terjadi pada mereka yang mengalami depresi dan kecemasan.

banner consideration promotion bg blue


3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, coba tambahkan suplemen vitamin D ke dalam makanan. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D setiap hari mampu menurunkan berat badan. Para ilmuwan mengatakan, tambahan kalsium dan vitamin D memiliki efek menekan nafsu makan yang berlebihan.

Makanan Sumber Vitamin D

Beberapa makanan mengandung vitamin D secara alami dan dinilai bisa menjaga imunitas tubuh, sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Oleh sebab itu, makanan ini wajib dikonsumsi untuk memenuhi asupan vitamin D. Makanan yang mengandung vitamin D meliputi:

  • Ikan salmon
  • Ikan sarden
  • Ikan tuna
  • Minyak hati ikan kod
  • Kuning telur
  • Udang
  • Susu
  • Sereal
  • Yogurt
  • Jus jeruk

Gejala Kurang Vitamin D

Ketika kekurangan vitamin D tubuh akan mengalami berbagai gangguan. Gejala kekurangan vitamin D pada orang dewasa biasanya berupa kelelahan, nyeri, perasaan tidak enak badan, nyeri otot, dan fraktur stres, terutama di kaki, panggul, dan pinggul.

Biasanya dokter akan melakukan tes sederhana untuk memeriksa apakah tubuh kamu mengalami kekurangan vitamin D atau tidak. Jika telah dipastikan tubuh kekurangan vitamin D, dokter mungkin akan pemeriksaan lanjutan terkait kekuatan tulang dengan sinar X.

Setelah didiagnosis dengan kekurangan vitamin D, biasanya dokter akan akan merekomendasikan kamu untuk mengonsumsi suplemen vitamin D setiap hari.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Namun, jika ternyata kamu mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin D secara parah, dokter kemungkinan akan merekomendasikan tablet atau cairan vitamin D dengan dosis tinggi.

Nah, supaya tidak kekurangan vitamin D, mulai sekarang pastikan kamu selalu berjemur di bawah sinar matahari pagi serta meningkatkan asupan makanan yang mengandung vitamin D ya, Lemonizen. 

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami