3 Minuman Fermentasi yang Berkhasiat untuk Kesehatan Kulit

26 Jul 2020 @ 23:06:48
Bukan rahasia lagi jika perawatan kulit tidak hanya dari luar tetapi juga dari dalam. Selain menggunakan berbagai produk skin care, kamu juga harus mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat agar nutrisi kulitmu tetap terjaga. Apalagi jika kamu ingin selalu tampil bugar dengan kulit yang sehat, asupan sehat wajib tentu wajib untukmu.

Berbicara tentang makanan sehat, tidak hanya sayur dan buah lho yang bisa kamu konsumsi. Ada pula beberapa minuman fermentasi yang memiliki banyak manfaat dan salah satunya untuk kesehatan kulit. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah tiga minuman fermentasi yang memiliki manfaat baik untuk kulitmu.

Cuka Apel (Apple Cider Vinegar)



Cuka apel atau apple cider vinegar memang dikenal sebagai obat rumahan. Sebenarnya, cuka apel merupakan jus apel. Hanya saja, dalam prosesnya ditambahkan ragi sehingga cuka apel merupakan minuman fermentasi dengan rasa dan aroma asam yang kuat.

Cuka apel tak hanya bisa dikonsumsi tetapi bisa juga diaplikasikan langsung pada kulit dalam jumlah kecil dan dilarutkan dengan air. Dilansir dari Healthline, asam organik dalam cuka apel terbukti bekerja pada kulit. Asam laktat yang dikandung cuka apel pun terbukti memperbaiki tekstur, pigmentasi, dan tampilan kulit dengan bekas jerawat.

Tak hanya itu, sebagaimana dilansir Healthline pula, cuka apel juga memiliki manfaat lain untuk kulit, seperti mengencangkan sel-sel kulit dan mencegah keriput. Namun, penggunaannya tidak disarankan untuk yang memiliki kulit sensitif ya karena bisa menyebabkan kerusakan kulit. Jika salah dalam penggunaannya, cuka apel bisa memberikan sensasi terbakar pada kulit wajah.

Kombucha



Kombucha adalah teh fermentasi yang telah dikonsumsi selama ribuan tahun dengan kandungan vitamin B1, B6, B12, dan Vitamin C. Kandungan dalam kombucha ini mampu mencerahkan kulit wajah, mendukung fungsi seluler, perbaikan kerusakan oksidatif, serta mempertahankan elastisitas kulit. Tak hanya dikonsumsi, saat ini sudah banyak produk skin care yang mengandung kombucha dan mengambil manfaatnya. 

Sebagaimana dilansir dari Healthline, kombucha memberikan manfaat serupa teh hijau karena banyak mengandung senyawa bioaktif, seperti polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan kuat. Sejumlah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau bisa meningkatkan pembakaran kalori, menurunkan kadar kolesterol, mengontrol gula darah, hingga mengurangi risiko kanker payudara, usus, dan prostat.

Coconut kefir



Coconut kefir merupakan air kelapa yang sudah difermentasi dengan kefir. Sebagaimana susu kefir, coconut kefir memiliki bakteri baik yang memiliki manfaat untuk sistem pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meski mengandung banyak nutrisi, coconut kefir memiliki natrium yang lebih tinggi dan sebagian besar kalorinya berasal dari gula.

Kefir juga populer sebagai bahan pembuatan produk skin care. Tak sedikit masker wajah yang menggunakan kefir sebagai bahan utama. Kaya akan probiotik, mineral, dan vitamin, kefir membawa banyak sekali manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk kesehatan kulit. Kefir bisa membuat wajahmu tampak lebih glowing dan mengatasi hiperpigmentasi. Jadi, tidak hanya sehat untuk tubuh, kefir juga sehat untuk kulit.

Itulah tiga minuman fermentasi yang memiliki banyak kebaikan untuk kulit, mulai dari cuka apel, kombucha, hingga coconut kefir. Bagi kamu yang ingin merasakan manfaatnya, bisa langsung mencoba, ya. Jangan lupa untuk mencermati terlebih dahulu efek samping dari minuman fermentasi tersebut agar manfaatnya bisa kamu dapatkan dengan maksimal.

Artikel Terkait

Punya Masalah Kulit Wajah Kering? 7 Rekomendasi Buah Ini Bantu Kulit Lebih Sehat
Inilah beberapa pilihan buah yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi kulit wajah yang kering...
Shella Rafiqah Ully
30 September 2020
Ketahui 6 Manfaat Masker Putih Telur dan Cara Membuatnya
Ada banyak sekali manfaat masker putih telur untuk kesehatan kulit wajah dan kecantikan kamu..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Air Mawar yang Bukan Hanya Untuk Hiasan Ruangan
Ada 7 manfaat air mawar yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit kamu, apa aja sih?..
Rizki Indra
17 September 2020