Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

3 Obat Alami Cacar Air Pada Anak, Bunda Harus Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Madu jadi salah satu obat alami untuk cacar air.
Anak-anak memang memiliki daya tahan tubuh yang belum sesempurna orang dewasa sehingga rentan terkena penyakit. Salah satunya yaitu cacar air, pada umumnya penyakit cacar air lebih banyak diderita oleh anak-anak meskipun orang dewasa juga dapat mengalami penyakit tersebut. Penyakit ini terjadi karena disebabkan oleh virus Varicella Zoster  yang biasanya menginfeksi anak-anak berusia di bawah 12 tahun.
banner consideration shipping bg blue
Perlu kamu ketahui juga bahwa cacar air dapat menular melalui percikan air ludah dan dahak melalui udara serta bersentuhan langsung dengan ludah, dahak, dan cairan yang berasal dari ruam tubuh. Penyakit ini ditandai dengan munculnya ruam merah yang berisi cairan dan disertai rasa gatal.

Anak yang terserang penyakit ini juga akan mengalami demam dan merasa nyeri di bagian otot. Jika gejala-gejala tersebut telah didapati pada kondisi tubuh anak, maka diperlukan tindakan sesegera mungkin untuk mengatasinya. Nah, berikut ini akan membahas mengenai obat alami yang dapat digunakan untuk mengobati cacar air pada anak.

1. Madu



Madu disinyalir dapat berguna untuk melawan virus Varicella Zoster yang menyebabkan anak mengalami cacar air pada tubuhnya. Menurut sebuah riset madu manuka empat kali lebih ampuh dari madu biasa dalam melawan virus Varicella Zoster, hal tersebut terdapat pada sebuah penelitian dari jurnal Translational Biomedicine pada tahun 2012.

Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa madu manuka memiliki sifat antiradang, antibakteri, antijamur, serta antineoplastik. Madu manuka sendiri adalah madu yang berasal dari New Zealand. Jika di rumah tersedia madu lokal, jangan pesimis dulu ya bunda madu biasa terutama madu murni juga dapat membantu menyembuhkan penyakit cacar air yang dialami anak tersayang. Cukup oleskan pada ruam cacar yang terasa gatal pada tubuh si anak.

2. Oatmeal



Obat alami cacar selanjutnya yaitu oatmeal, oatmeal dipercaya dapat membantu meredakan rasa gatal yang kerap kali dirasakan ketika terserang cacar air. Tidak hanya dapat meredakan rasa gatal, oatmeal juga dapat menghambat penyebaran cacar air ke bagian kulit tubuh lainnya. Untuk cara penggunaan obat alami ini, langkah pertama yaitu menghaluskan oatmeal dengan diblender lalu siapkan air hangat pada bak mandi.

banner consideration promotion bg blue

Tinggal menaburkan bubuk oatmeal tersebut ke dalam bak mandi anak. Usahakan badan si anak terendam sempurna selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, gunakan juga lotion yang terbuat dari campuran bubuk oatmeal dan air untuk dioleskan ke bagian kulit anak yang terasa gatal.

3. Soda Kue



Obat cacar satu ini mudah ditemukan di dapur sehingga cukup mudah untuk digunakan ketika dalam kondisi genting. Soda kue memiliki khasiat yang dapat memberikan efek menenangkan kulit sehingga rasa gatal-gatal pada kulit anak dapat berkurang.

Cara penggunaannya hampir sama dengan oatmeal, yaitu dicampurkan dengan air hangat dalam bak mandi. Mandikan anak 2 hingga 3 kali sehari menggunakan air campuran soda kue, untuk hasil yang optimal gunakan soda kue sebagai obat oles dengan mencampurkan soda kue bubuk dengan sedikit air hingga memiliki tekstur seperti pasta. Lalu oleskan pada bagian lenting cacar dengan begitu akan membuatnya cepat mengering.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Agar anak terhindar dari penyakit cacar air, sebaiknya pastikan anak mendapat suntikan vaksin untuk cacar air. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain itu, sebelum menggunakan rekomendasi obat alami diatas, alangkah baiknya jika berkonsultasi dulu dengan dokter untuk menghindari efek samping yang muncul.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.