Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

3 Resep Ati Ampela Agar Nikmat Tanpa Bau Amis

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Nikmati lezatnya ati amplela dengan resep ati ampela yang benar.
Ati dan ampela merupakan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, sehingga ada berbagai resep ati ampela yang bisa dinikmati. Hidangan dari ati dan ampela sebenarnya mudah untuk dibuat. Hanya saja memang memerlukan trik khusus agar aroma dan rasa amis yang terkadang masih ada pada ati maupun ampela bisa dihilangkan. Perlu diingat juga bahwa ati ampela termasuk dalam jeroan ayam yang mengandung kadar kolesterol cukup tinggi. Jadi, akan sangat disarankan untuk bijaksana dalam mengkonsumsinya dan jangan sampai berlebihan.
banner consideration shipping bg blue
Jika Anda ingin memasak ati ampela di rumah, berikut resep sederhana yang bisa digunakan. Selain enak, resep tersebut juga anti amis karena ati dan ampela telah diolah terlebih dahulu. Semua bahan yang Anda perlukan juga mudah di dapatkan di pasar tradisional maupun supermarket.

1. Nasi Goreng Ati Ampela



Nasi goreng ternyata makin nikmat jika dicampur dengan ati dan ampela, untuk membuatnya Anda hanya membutuhkan bahan yang sederhana. Jika Anda sajikan untuk menu makanan keluarga, semua anggota keluarga tentu akan menyukainya. Cara membuat nasi goreng dengan campuran ati dan ampela mudah sekali, setelah nasi goreng matang, Anda bisa menambahkan ati dan ampela yang telah digoreng sebagai tambahan topping.

Agar ati ampela untuk nasi goreng yang satu ini tidak berbau amis, Anda bisa merendamnya dengan air jeruk nipis terlebih dahulu. Sebelum memasak, rendam ati dan ampela terlebih dahulu dengan air jeruk dan diamkan selama 15 menit. Setelahnya, nasi goreng yang siap dihidangkan bisa Anda sajikan dengan potongan ati dan ampela yang telah digoreng.

2. Tumis Ati dan Ampela



Resep kedua adalah tumis ati dan juga ampela, yang bisa Anda campurkan dengan air jeruk atau cuka agar rasanya makin sedap. Menu ini bisa Anda buat dengan mudah dari berbagai bahan, dari sayuran hingga berbagai bahan yang lain. Untuk menghilangkan bau amis dari ati dan ampela, Anda bisa menggunakan air perasan dari umbi jahe.

banner consideration promotion bg blue

Jahe memang dikenal memiliki aroma yang kuat, sehingga bisa menyamarkan aroma amis pada ati dan juga ampela. Anda bisa dengan merendamnya terlebih dahulu dengan air jahe selama 15 menit, setelahnya bilas dengan air bersih dan campurkan dengan tumisan. Anda juga bisa menulisnya terlebih dahulu dan mencampurkannya dengan sayuran kemudian.

3. Rendang Ati dan Ampela



Resep ati ampela tanpa bau amis selanjutnya adalah olahan rendang dari bahan utama ati dan juga ampela. Selain menggunakan daging, Anda juga bisa menggunakan ati dan ampela untuk membuat rendang. Rasanya tidak kalah dengan daging sapi, asalkan Anda mengolahnya sesuai dengan resep rendang pada umumnya.

Bumbu rendang akan menyamarkan aroma dari amisnya ati dan ampela, sehingga rasa masakan semakin enak dan sedap. Untuk membuat rendang ati dan ampela, Anda tidak membutuhkan waktu yang lama. Untuk resep rendangnya, Anda bisa menyontek resep rendang sapi pada umumnya, sebab proses pengolahannya tidak akan membutuhkan waktu yang lama.

Selain diolah menjadi tiga resep sebelumnya, Anda juga bisa mengolah ati dan ampela menjadi makanan pendamping nasi. Misalnya dengan menggorengnya kemudian menjadikannya sebagai ati ampela balado. Selain mudah dibuat, bahan untuk membuatnya bisa Anda temukan dengan mudah di dapur, mulai dari cabe, garam, hingga merica dan berbagai bahan lainnya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah tiga resep ati ampela yang bisa Anda coba di rumah, selain mudah dibuat, rasanya yang enak bisa menjadi variasi masakan untuk keluarga. Karena rasanya yang lezat, Anda bisa menyajikan masakan ati dan ampela untuk sarapan pagi, makan siang, hingga untuk makan malam. Selamat mencoba berbagai resep enak dari ampela dan ati tersebut ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.