Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

3 Resep Empal Daging Sederhana Mudah Dan Dijamin Enak

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak inspirasi resep empal daging yang wajib dicoba.

Bagi Anda pecinta empal daging, beberapa ragam resep empal daging berikut bisa menjadi referensi andalan. Daging merupakan sumber lemak, protein dan mineral yang baik untuk tubuh. Meskipun jika terlalu banyak mengonsumsi, bisa memicu kolesterol tinggi.


banner consideration shipping bg blue

Untuk mengolah daging dengan benar, Anda membutuhkan resep yang tepat. Selain itu, sebagian orang memilih resep yang praktis agar mudah ditiru. Daging yang digunakan untuk resep berikut boleh daging kambing atau daging sapi.

1. Empal Gepuk Daging Sapi


Untuk memasak empal gepuk daging sapi, dibutuhkan sekitar 1 kilogram daging sapi has. Pilih bagian daging tanpa serat dan masih baru. Kemudian rebus bersama serai dan daun salam hingga setengah matang atau presto 30 menit. Setelah di angkat, tiriskan daging dan biarkan sisa airnya.

Daging yang sudah direbus tersebut nanti diiris tipis sesuai selera. Lalu dipukul-pukul (gepuk) menggunakan ulekan atau palu kayu atau sejenisnya, sehingga gepeng. Selama merebus daging, Anda bisa menyiapkan bumbu sebagai berikut:

Cara membuatnya:

  1. Haluskan bumbu: bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, ketumbar, jinten, merica, kunyit dan lengkuas. Sisihkan sementara. Bumbu lainnya cukup dicuci dan diletakkan di atas bumbu yang sudah dihaluskan.
  2. Masukkan bumbu halus dan bumbu pelengkap ke dalam wajan bersama daging yang sudah dimemarkan. Lengkapi dengan santan, kelapa sangrai halus (koya), dan air kaldu sisa rebusan daging.
  3. Aduk dan biarkan hingga mendidih dengan api sedang. Jika sudah pas rasanya, biarkan hingga menyusut sambil diaduk beberapa menit sekali. Matikan kompor jika daging sudah empuk dan air sudah menyusut.

2. Empal Goreng Daging Sapi Praktis


Untuk olahan empal daging sapi yang disajikan bersama sayur, bisa disajikan dalam bentuk empal goreng. Jadi setelah diungkep bersama bumbu dan santan, daging yang sudah dimasak sesuai dengan resep pertama tadi diambil dan tiriskan.


banner consideration promotion bg blue

Di mangkuk yang lain, larutkan tepung bumbu secukupnya. Lalu balur daging masak tadi satu per satu, kemudian goreng dengan minyak panas. Setelah dibalik dan matang kecoklatan, daging empal disajikan bersama sayur asem, sayur lodeh, atau lainnya.

3. Empal Daging Pedas


Pilihan inovasi resep masakan daging pedas ini tidak membutuhkan santan. Anda bisa menggunakan daging sapi atau kambing, sesuai selera. Bumbu yang bisa digunakan antara lain:

Cara memasaknya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk langkah awal, cincang semua bumbu. Bumbu yang sudah dicincang tersebut ditumis hingga harum.
  2. Lalu masukkan irisan daging yang sudah empuk dan bumbu pelengkap lain.
  3. Tambahkan air kaldu (dari sisa rebusan daging) secukupnya, lalu aduk rata. Kemudian cek rasa dan pastikan seimbang.

    banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikian ulasan beberapa resep empal daging yang praktis dan lezat. Pilih resep yang paling sesuai dengan selera Anda dan keluarga agar bisa menikmati kelezatannya saat makan bersama. Selamat mencoba resep ini ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.