3 Resep Olahan Petai Dengan Mengurangi Bau Tanpa Hilangkan Kelezatan

Petai menjadi salah satu bahan masakan yang disukai sebagian orang. Tidak heran jika ada banyak resep olahan petai yang bisa dicoba sebagai variasi untuk mengkonsumsi petai. Bau dan aroma petai yang menyengat tidak menjadi masalah bagi para pecintanya karena ia memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga dikenal lezat.
Selain lezat, olahan petai ini juga tidak begitu sulit untuk dibuat, sehingga bisa Anda buat di rumah dalam waktu yang singkat. Beberapa orang bisa mengkonsumsi petai secara langsung dalam keadaan mentah, namun banyak orang yang bisa mengkonsumsinya dengan cara diolah terlebih dahulu. Apabila Anda tertarik untuk memasak petai dalam waktu dekat, berikut ini merupakan berbagai resep olahan petai yang bisa Anda coba:

banner consideration shipping bg blue

1. Udang Petai Bumbu Balado

Untuk memasak olahan ini, Anda hanya perlu menyiapkan udang yang telah dicuci bersih, buah petai, dan berbagai bumbu tambahan untuk menambah cita rasa. Diantaranya adalah daun jeruk, lengkuas, jeruk nipis, serta bawang merah dan bawang putih. Jangan lupa, untuk membuat resep olahan petai, gunakan penyedap rasa secukupnya.
Setelah udang dibersihkan dengan jeruk nipis, panaskan minyak dan masukkan udang dengan berbagai bumbu. Setelah harum,masukan petai, jahe, dan daun jeruk kemudian aduk hingga merata. Tambahkan air kemudian masak hingga udang dan petai benar-benar matang, agar lebih enak, Anda juga bisa menambahkan sayuran lain.

2. Oseng Peda Petai Cabe Ijo

Petai memang enak jika dikonsumsi dengan makanan yang pedas, kalau Anda setuju dengan pernyataan tersebut, oseng peda petai cabai ijo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Untuk membuatnya siapkan ikan asin peda yang sudah dibersihkan, bumbu oseng, tomat, serta cabai untuk menambah rasa masakan agar semakin nikmat.

banner consideration promotion bg blue

Ikan peda yang sudah dibersihkan, goreng sebentar dan masak hingga matang. Kemudian masukkan cabai, bumbu oseng, serta tomat yang telah disiapkan sebelumnya. Resep olahan petai tidak membutuhkan waktu yang lama, karena setelah masakan beraroma harum, Anda bisa langsung memasukkan petai dan aduk rata. Setelah semua matang, sajikan oseng peda cabai ijo hangat-hangat.

3. Daging Petai Cabai Ijo

Mencampurkan daging dengan petai juga merupakan kombinasi yang tepat, sebab rasa makanan akan bercampur dengan merata. Bahan yang Anda butuhkan adalah daging, cabai, hingga bumbu penyedap, dan sayuran. Untuk membuatnya Anda hanya perlu memasak semua bumbu sampai harum, kemudian masukkan daging dan petai setelahnya.
Jika sudah masak, Anda bisa menambahkan penyedap rasa agar rasa masakan semakin enak. Setelah daging matang, Anda bisa mengangkat dan menyajikannya olahan petai yang satu ini. Resep daging petai cabai ijo ini bisa Anda nikmati dengan nasi putih yang masih hangat.

Manfaat Petai untuk Kesehatan

Selain dapat diolah dengan berbagai resep, petai ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di Malaysia, Filipina dan Thailand, petai bahkan dikonsumsi dan digunakan sebagai obat herbal. Apabila Anda mengkonsumsi petai secara rutin, baik dengan dimakan langsung atau diolah terlebih dahulu dengan resep olahan petai, tetap ada manfaat yang bisa Anda dapatkan.
Petai dikenal karena ia dapat mengontrol gula darah dan melawan radikal bebas, sebab di dalam petai terdapat berbagai kandungan nutrisi yang bisa menangkal berbagai radikal bebas pada sel tubuh. Sehingga penyakit kanker, katarak, jantung, bahkan penuaan dini bisa dikurangi resikonya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa resep olahan petai yang bisa Anda coba sebagai variasi menu makanan di rumah. Selain nikmat, petai ternyata memiliki manfaat yang besar pada kesehatan tubuh manusia. Namun, selalu ingat untuk tetap mengkonsumsinya dengan tidak berlebihan ya!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami