Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

3 Resep Semur Daging Sapi Sederhana dan Mudah Dijamin Enak

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Nikmati semur daging sapi yang enak dengan resep semur daging sapi yang benar.
Anda penggemar daging sapi? Pasti olahan semur tentu sudah tidak asing lagi kan bagi Anda? Hidangan satu ini memang sudah terkenal akan kelezatannya. Rasanya yang lezat dan mudah dibuat membuat semur daging sapi disukai oleh banyak orang. Untuk Anda yang ingin membuatnya, berikut resep semur daging sapi yang bisa Anda buat di rumah.
banner consideration shipping bg blue

1. Semur Daging Sapi Kentang dan Telur Puyuh



Resep pertama yang bisa Anda ikuti adalah semur daging sapi dengan tambahan kentang dan telur puyuh. Pertama, siapkan bahan-bahannya yang terdiri dari daging sapi yang sudah direbus dan dipotong-potong, kentang yang sudah dipotong dan direbus, telur puyuh rebus, kecap manis, tomat, air kaldu, minyak, daun bawang, garam, gula, bawang goreng, penyedap rasa atau penyedap jamur.

Untuk bumbu halusnya, Anda bisa menyiapkan beberapa bahan seperti bawang merah, bawang putih, merica, dan pala. Pertama, tumis bumbu halus hingga mengeluarkan bau yang harum lalu tambahkan air kaldu secukupnya. Masukkan bahan utama yakni daging sapi dan telur puyuh yang sudah direbus sebelumnya. Tambahkan garam, penyedap, gula, dan kecap manis, ungkep sebentar agar bumbu bisa meresap sempurna.

Jika air sudah sedikit menyusut, masukkan kentang goreng lalu ungkep lagi selama beberapa saat. Sebelum diangkat, tambahkan tomat dan daun bawang sebagai pelengkapnya. Terakhir, beri taburan bawang goreng agar rasanya semakin lezat.

2. Semur Daging Sapi Betawi



Tahukah Anda, Betawi memiliki semur daging sapi versinya sendiri yang bercita rasa lezat dan nikmat. Pembuatan semur daging sapi khas Betawi ini memang sedikit lebih rumit dibanding dengan semur daging pada umumnya. Bahan untuk membuat semur daging Betawi ini akan dibedakan menjadi tiga macam yakni bahan utama, bahan bumbu, dan bumbu halus.

Siapkan bahan utamanya lebih dulu yang terdiri dari daging sapi, tomat, dan bawang goreng. Untuk bahan bumbunya, siapkan kecap manis, kecap ikan atau kecap asin, gula aren, bawang goreng, air, garam, gula, daun salam, kaldu bubuk, dan daun jeruk. Bumbu halusnya bisa Anda buat dari bawang merah, kemiri, kayu manis, lada bubuk, bawang putih, pala bubuk, jintan, ketumbar, laos, dan jahe.

Masuk dalam tahap memasak, tumis bumbu halus bersama dengan daun salam dan daun jeruk hingga harum. Masukkan daging, aduk agar tercampur dengan bumbu lalu tunggu sesaat sampai berubah warna. Setelah itu, masukkan bahan bumbu yang tadi sudah disiapkan kemudian masak hingga daging melunak.
banner consideration promotion bg blue
Jika air habis sebelum daging melunak, Anda bisa menambahkan air lagi dan tunggu hingga daging menjadi lebih lembut atau empuk. Saat daging sudah melunak dan air mulai menyusut, koreksi rasa. Jika dirasa sudah pas, Anda bisa mematikan kompornya dan semur daging sapi Betawi siap dinikmati.

3. Semur Daging Sapi Sederhana Ala Rumahan



Resep yang satu ini paling banyak diikuti karena relative mudah dan tidak menyita banyak waktu saat membuatnya. Pertama, siapkan bahan-bahan yang terdiri dari daging sapi, jahe, bawang merah, bawang putih, kentang, serai, kecap manis, kayu manis, garam, dan gula merah yang sudah disisir.

Pertama, rebus daging lalu tambahkan garam dan jahe, tunggu hingga setengah matang agar garam dan jahe meresap. Tiriskan daging, simpan air bekas rebusan daging tersebut. Setelah itu, tumis bawang putih, kayu manis, serai, dan bawang merah hingga berbau harum. Kemudian tambahkan kentang dan air kaldu bekas rebusan daging yang tadi.

Masak kentang hingga matang. Masukkan daging, gula merah, kecap, dan garam lalu aduk hingga rata dan koreksi rasa dan masak hingga air sedikit menyusut. Setelah itu, angkat dan tiriskan, semur daging sederhana siap dinikmati.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah daftar resep semur daging sapi yang bisa Anda ikuti di rumah. Daging sapi memang menjadi salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat. Bagaimana? Tertarik mencoba membuat semur daging sapi? Selamat mencoba resep ini ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.