Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

3 Tips Menentukan Diet Terbaik untuk Tubuh Kamu dengan Benar

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Cara melakukan diet terbaik untuk tubuh harus dilakukan dengan benar.
Selama ini banyak orang yang mengabaikan penerapan metode diet terbaik untuk tubuh mereka. Padahal, meski ada banyak cara diet yang bisa dilakukan untuk bisa menurunkan berat badan, Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih cara diet tersebut. Sebab, tidak semua diet berdampak baik bagi kesehatan. Ada beberapa jenis diet yang bisa memberikan perubahan pada berat badan, namun juga memiliki dampak yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Agar Anda tidak melakukan diet yang sembarangan dan bisa menyebabkan bahaya bagi kesehatan, berikut cara menentukan diet terbaik untuk tubuh:
banner consideration shipping bg blue

1. Pahami Arti Diet Terlebih Dahulu



Langkah pertama adalah pahami arti diet terlebih dahulu. Hal ini menjadi penting karena banyak orang yang terjebak pada stigma atau pandangan bahwa diet adalah kebiasaan makan yang harus dibatasi agar berat badan menjadi turun. Hal ini tentu kurang tepat.

Pada dasarnya diet berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti cara hidup. Dari arti inilah bisa kita tahu bahwa cara diet terbaik untuk tubuh adalah yang bisa menjadi cara hidup kita sehari-hari. Selain itu, diet juga bisa diartikan sebagai proses untuk mengatur jumlah dan memilih jenis makanan yang dikonsumsi untuk mencapai tujuan tertentu seperti untuk kesehatan ataupun penurunan berat badan.

2. Tentukan dan Pahami Tujuan Diet



Setelah memahami arti diet, maka tentukan tujuan diet yang Anda lakukan. Hal ini adalah hal yang tidak bisa diabaikan sebab diet tidak hanya tentang menurunkan berat badan. Ada berbagai tujuan yang bisa diraih dengan diet. Contohnya seperti diet untuk menjaga kadar kolesterol, diet untuk meningkatkan performa tubuh, diet untuk menaikkan berat badan, diet untuk menurunkan berat badan, atau diet untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Maka dari itu, segera tentukan tujuan diet yang Anda lakukan.
banner consideration promotion bg blue

3. Perhatikan Kondisi Badan dan Kebutuhan Badan



Setelah 2 tahap telah terlewati, maka langkah akhir adalah memperhatikan kondisi badan dan kebutuhan badan Anda sendiri. Contohnya perhatikan kadar lemak yang ada dalam tubuh Anda, kemudian bagaimana pola hidup yang selama ini sudah Anda jalankan. Dengan menentukan hal ini, Anda bisa menyesuaikan kondisi badan dengan jenis diet yang nantinya akan Anda pilih.

Setelah itu, barulah tentukan jenis diet yang Anda ambil. Selama ini ada beberapa jenis diet yang bisa dipilih. Diantaranya adalah:

a. Diet Mayo


Diet yang satu ini sebenarnya diet untuk menurunkan berat badan dengan memfokuskan mengubah gaya hidup menjadi lebih baik. Akan tetapi ada yang menerapkan salah akan diet mayo ini dengan diet grapefruit. Dimana diet mayo ini menganjurkan untuk mengkonsumsi sedikit karbohidrat namun tinggi lemak dan menyisipkan grapefruit menjadi menu utamanya.

b. Diet Tinggi Protein


Cara diet ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan protein dan membatasi mengkonsumsi karbohidrat, buah-buahan, sayuran dan sereal, dimana asupan karbohidrat sedikit akan membakar lemak menjadi reaksi alami tubuh untuk dapat menghasilkan energi. Jika Anda ingin melakukan diet ini, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, dimana dokter dapat membantu membuat rencana diet yang tetap mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Bagi Anda yang mempunyai penyakit ginjal agar menghindari diet ini karena akan mengganggu fungsi ginjal.

c. Diet Shake


Anda bisa mencoba diet shake (susu diet) yang rendah kalori menjadi bagian dari diet yang Anda lakukan. Diet shake bisa mengubah komponen radang dan stress yang dapat menjadi faktor penyakit kronik.  Diet yang dianjurkan sebaiknya harus seimbang dengan gaya hidup yang sehat. Anda bisa menurunkan berat badan dengan bertahap sehingga dapat mengontrolnya dengan mudah. Mulailah dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan sebagai pengganti makanan berkalori yang didalamnya terdapat serat yang dapat menekan rasa lapar.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itu dia beberapa tips diet terbaik untuk tubuh. Apabila ketiga tahap tersebut sudah dilewati, maka Anda bisa melakukan cara diet terbaik untuk tubuh Anda sendiri. Sehingga proses diet yang dijalani juga tidak akan membahayakan tubuh. Apabila kesulitan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan cara diet terbaik untuk tubuh Anda.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.