Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

4 Alasan Mengajarkan Pentingnya Menabung Sejak Dini Pada Anak

Rizki Indra
Rizki Indra
14 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Anak harus tahu pentingnya menabung untuk masa depan.

Menjadi orang tua memang tak mudah. Banyak tantangan yang dihadapi Lemoparents untuk mempersiapkan buah hati menyambut masa depan. Mulai dari memikirkan pendidikan formal, mendidik secara agama, pengembangan karakter, mencukupi kebutuhan mereka hingga mengajarkan tentang finansial agar kelak si Kecil bisa mandiri. Salah satunya adalah dengan mengajarkan pentingnya menabung sejak dini. Mengapa hal yang satu ini menjadi prioritas bagi para orang tua? Simak alasannya berikut ini.

1. Mengajarkan Anak Hidup Hemat


Salah satu tujuan membiasakan anak menabung adalah untuk menjadikan mereka pribadi yang lebih hemat. Karena saat ini banyak orang yang memiliki sifat konsumtif, sehingga kecenderungan untuk menyimpan uang rasanya lebih sulit. Tak hanya itu, hal tersebut juga bisa  memberikan contoh kepada si kecil untuk membeli barang yang dibutuhkan, tidak hanya mengikuti keinginan semata.

2. Mengajarkan Cara Mengatur Uang


Tak banyak orang memiliki kemampuan mengatur uang. Salah satu cara melatihnya adalah dengan menabung atau kita bisa mengajarkan anak untuk membeli barang pribadi mereka dengan menyisihkan uang jajan. Dengan begitu, si kecil juga dapat menentukan skala prioritas dan apa yang akan dilakukan berikutnya.


Bahkan, tak hanya untuk saat ini saja, manfaat menabung dapat terbawa hingga si kecil dewasa nanti. Karena perhitungan keuangan ketika dewasa akan cenderung lebih rumit. Namun, jika sudah terbiasa sejak dini maka semua akan terasa lebih ringan.

3. Mengajarkan Anak Hidup Disiplin


Seperti yang telah sedikit disinggung sebelumnya, dengan menabung anak pun akan terbiasa berperilaku disiplin. Salah satu cara yang bisa dilakukan  adalah dengan menentukan berapa nominal yang harus mereka sisihkan dalam satu periode tertentu, atau mungkin Lemoparents  dapat mengawasi serta tak lupa mengingatkan mereka untuk tetap menabung.

4. Mengajarkan Anak Bagaimana Menghargai Kerja Keras


Uang didapat dari hasil kerja keras, dan anak-anak harus menghargai itu. Jika tidak ada usaha, maka uang itu akan sulit dimiliki, maka janganlah menghabiskannya untuk hal-hal yang kurang penting. Sesekali ajak si kecil untuk membeli apa yang diinginkan, namun tetap dalam batasan ya, Moms.


Di usia sekolah pun, Lemoparents juga bisa mulai mengajarkan atau membiasakan si kecil untuk memutarkan uang dan  menghasilkan uang sendiri, dengan begitu si kecil akan merasa bangga dan lebih menghargai apa yang dimiliki. Selain itu, Lemoparents juga bisa memberi pengertian pada anak tentang untuk apa tabungan dialokasikan, seperti:

a. Tabungan untuk Darurat

Dana simpanan atau tabungan yang nantinya akan membantu dalam kondisi mendadak atau darurat, seperti sakit atau keadaan lainnya.

b. Tabungan untuk Keinginan

Seperti yang telah disebutkan Lemoparents dapat membiasakan si kecil untuk menyisihkan uang untuk barang ataupun liburan yang mereka inginkan.

c. Tabungan untuk Masa Depan

Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit, menabung pangkal kaya. Itulah beberapa kalimat yang dapat menggambarkan apa yang kita dapat dari menabung. Uang yang disimpan, akan berguna di masa yang akan datang.


Demikian informasi pentingnya menabung yang dapat Lemoparents  tanamkan pada anak sejak dini. Setiap orang tua pasti ingin mempersiapkan yang terbaik untuk masa depan anak-anaknya. Salah satu langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengajarkan pentingnya menabung pada anak. Dengan begitu, anak bisa memiliki kebiasaan yang baik bagi kehidupan finansialnya di masa mendatang.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.