Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

4 Alasan Pentingnya Komunikasi untuk Kesehatan Mental

Rizki Indra
Rizki Indra
25 Nov 2021
Clock Icon
4 menit
Pentingnya komunikasi untuk kesehatan mental wajib diketahui sejak dini.

Pentingnya komunikasi baik antara anggota keluarga, teman, guru, maupun orang lain memang sudah harus disadari dan dipupuk sejak dini. Sebab dengan adanya komunikasi maka akan bisa membangun kekompakan keluarga, timbulnya rasa saling sayang dan yang paling penting yaitu bisa menjaga kesehatan mental. Kamu juga harus perlu tahu bahwa kesehatan mental termasuk hal penting yang harus dijaga.


Seseorang dengan kondisi mental yang sehat tentunya akan berpengaruh pada kualitas hidup dan kondisi fisiknya. Apabila kamu sejahtera secara psikologis, emosional maupun sosial maka sudah bisa dipastikan mental kamu sehat. Mental yang sehat juga menjadi cikal bakal untuk kehidupanmu terus berkembang kedepannya. Inilah beberapa alasan betapa pentingnya komunikasi untuk kesehatan mental:

1. Membuat Kondisi Diri Lebih Baik


Jika kamu lebih menutup diri dan tidak ingin berkomunikasi dengan orang lain, justru tidak akan menimbulkan ketenangan. Melainkan bisa mengganggu kesehatan mental yang berujung pada kondisi fisik. Terutama masalah yang akan muncul yaitu depresi.


Di sisi lain, depresi yang terlalu berlebihan akan lebih meningkatkan risiko munculnya penyakit baru yaitu, arteri koroner. Apabila kamu memiliki teman untuk bercerita, maka beban yang ada di pikiran tentu tidak akan terlalu menumpuk, sehingga rasa semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari pun kembali lagi.

2. Menghindarkan Diri dari Tindakan Negatif


Komunikasi juga akan sangat berperan penting ketika kamu memasuki masa remaja menuju dewasa. Melansir dari laman Association of Maternals & Childs Programs, ketika memasuki usia 18 tahun, anak akan cenderung mengubah cara pandang dan pikirnya terhadap diri sendiri, orang lain, dan dunia sekitar.


Dalam proses tersebut tidak jarang kamu akan memiliki kemauan atau idealisme tersendiri untuk mencapai hal yang kamu inginkan dalam hidup. Untuk itulah kamu akan berusaha mengkomunikasikan hal ini dengan orang disekitar termasuk orang tua. Nah, disinilah peran dari komunikasi akan sangat membantu.


Jika kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik sekaligus memiliki kemampuan untuk menerima masukan dan pendapat dari orang lain, maka segala hal terkait keputusan dan prinsip hidup bisa menjadi lebih terarah. Sebaliknya, jika kamu tidak bisa mengkomunikasikan hal ini, maka yang muncul hanyalah perdebatan dan juga perasaan tidak enak. Kamu juga akan lebih cenderung untuk mengalami rasa cemas berlebihan karena merasa tidak ada solusi atas hal yang kamu inginkan.


Hal ini memang bisa digolongkan sebagai kejadian yang umum untuk para remaja. Namun, akan menjadi masalah serius apabila tidak mau berkomunikasi sama sekali yang berujung pada terjadinya gangguan kesehatan mental kamu. Pastinya hal ini akan membuatnya ingin melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan seperti mengonsumsi alkohol, obat-obatan terlarang, dan yang lainnya dengan harapan bahwa masalahnya tersebut akan lebih cepat selesai.

3. Merasa Lebih Bertanggung Jawab dan Percaya Diri


Seperti yang diketahui bahwa menjalani kehidupan sebaik mungkin memang bukanlah perkara yang mudah. Karena pasti akan selalu ada masalah yang kamu temui dan pada akhirnya bisa berpengaruh pada kesehatan mental.


Namun, hal ini tentunya tidak akan terjadi apabila kamu memiliki komunikasi yang baik dengan orang lain. Ketika kamu memiliki masalah, maka berbagi cerita dengannya akan menjadi solusi utama bagi diri kamu pribadi. Hal ini pastinya akan membuat kamu menjadi lebih percaya diri apabila ada masalah yang menghadang di depan mata.

4. Mampu Berinteraksi dengan Baik pada Siapapun


Sebagai manusia sudah pasti kamu tidak akan terlepas dengan kehidupan sosial. Oleh karena itu, komunikasi menjadi hal penting yang harus kamu miliki sejak dini. Orang yang mampu berkomunikasi dengan baik pada siapapun pastinya kondisi mental akan lebih optimal karena ia mampu berbaur dengan mudah bersama lingkungan barunya.


Itulah alasan pentingnya komunikasi agar kesehatan mental kamu tetap terjaga. Memang berkomunikasi dengan orang baru itu sangat sulit, namun seiring berjalannya waktu pastinya kamu akan lebih terbiasa dan bisa menjalani hubungan baik dalam hidup dengan komunikasi yang baik.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.