4 Alternatif Olahraga di tengah Kesibukan yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

29 Feb 2020 @ 12:25:24
Bagi para pekerja, menyempatkan berolahraga di tengah kesibukan bukanlah perkara mudah. Bahkan, kadang membership di gym juga bisa jadi sia-sia karena jam kerja yang lumayan padat. Pun begitu dengan Moms yang tiada habisnya berkutat dengan segala pekerjaan rumah tangga. Padahal, tubuh perlu rutin berolahraga agar senantiasa bugar dan sehat untuk jangka panjang. 

Untungnya, ada beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah sebelum berangkat bekerja. Gerakan olahraga ini cukup mudah dan tidak memakan banyak waktu sehingga bisa kamu lakukan setiap hari. Tentunya, jangan lupa lakukan pemanasan sebelum berolahraga ya!

Sempatkan waktu berolahraga di pagi hari, ini manfaatnya!

Berolahraga di pagi hari ternyata membawa lebih banyak manfaat dibanding berolahraga saat sore atau malam hari. Dilansir dari laman NY Times, orang yang berolahraga di pagi hari dapat lebih fokus berolahraga karena menghadapi lebih sedikit distraksi. Orang yang lari pagi atau jalan pagi pun dapat menghirup udara yang lebih segar karena belum tercemar polusi. 

Menurut jurnal yang diterbitkan International Journal of Obesity, orang yang berolahraga pagi cenderung memilih makanan yang lebih sehat di sepanjang harinya. Olahraga di pagi hari juga dapat memengaruhi hormon yang mengatur rasa lapar sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. 

Temuan ini mendukung penelitian serupa di tahun 2019 yang menyebutkan bahwa olahraga pagi dapat meningkatkan kewaspadaan, membantu pembelajaran visual dan dapat membantu mengambil keputusan lebih baik.

Olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah 

Ada beberapa pilihan jenis olahraga yang bisa kamu lakukan baik di dalam maupun di luar rumah. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan kemampuan dan berapa banyak waktu yang tersedia. Olahraga tersebut antara lain:

1. Jogging

Jika kamu punya banyak waktu sebelum berangkat bekerja, coba sempatkan untuk jogging di sekitar kompleks rumahmu sekitar 20-30 menit. Kamu bisa mengawalinya dengan berjalan cepat, lalu tingkatkan menjadi berlari selama 30 menit. Dengan intensitas olahraga seperti ini, tubuh akan membakar kalori hingga 300 kalori. Jogging yang dilakukan dengan rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. 

2. Jumping Jacks

Gerakan jumping jacks adalah salah satu gerakan paling mudah yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa bantuan apa pun. Kamu bisa melakukannya dengan atau tanpa alas matras. 

Cara melakukannya, berdiri dengan kedua kaki, posisi kedua tangan ada di samping badan. Kemudian angkat kedua lengan Dengan tempo secara serentak hingga di atas kepala dan lompat sambil merentangkan kaki dengan lebar. Sebagai awalan, lakukan gerakan ini selama 15-30 detik, lalu tingkatkan hingga 1 menit atau lebih sesuai kemampuan. Meskipun tampak sederhana, namun gerakan ini cukup membakar kalori lho!

3. Squat

Gerakan squat bisa kamu lakukan untuk mengecilkan lingkar paha dan memperkuat otot paha, lengan dan perut. Caranya, buka kaki selebar bahu lalu letakkan tangan di belakang kepala atau di depan dada, mana yang membuatmu nyaman. Kemudian, naik dan turunkan badanmu dengan cara dorong pinggul ke bawah sambil menekuk lutut hingga posisi setengah jongkok. Lakukan gerakan ini sebanyak 10-15 kali. 

Sebagai variasi, jika ingin melatih otot lengan, kamu bisa memadukan squat sambil mengangkat barbel. Gerakan ini dapat membakar hingga 150 kalori jika dilakukan dengan benar. 

4. Push up

Merasa waktumu di pagi hari sangat terbatas? Coba lakukan push up yang tak kalah praktis. Gerakan ini dapat membantu memperkuat otot bahu, lengan, hingga otot perut dan cukup membakar kalori. 

Posisikan badan seperti tengkurap lalu letakkan tangan di matras. Sejajarkan pergelangan tangan dengan bahu, posisi bahu dan leher lurus. Hindari posisi terlalu mendongak atau tegang karena dapat menyebabkan sakit leher. Jaga otot perut tetap kencang, lalu dorong badan ke bawah dengan menekuk siku namun jaga agar posisi badan tetap lurus. Lakukan gerakan ini hingga 10-20 kali. 

Berbagai gerakan olahraga ini meskipun sederhana namun dapat membantumu menjaga kesehatan dan membantu memperbaiki peredaran darah akibat terlalu lama duduk di kursi. Lakukan latihan sesuai dengan prosedur dan kemampuanmu. Bukan hanya untuk pekerja, olahraga ini juga cocok untuk ibu rumah tangga lho! 

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020