Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

4 Atasi Rambut Bercabang dengan Bahan Alami Ini

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Rambut bercabang jadi masalah serius yang harus diatasi.
Rambut bercabang merupakan salah satu jenis masalah rambut yang sering dialami kebanyakan orang. Biasanya rambut akan mudah rapuh, kondisi rambut bercabang biasanya karena rambut mengalami kerusakan akibat penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat atau tidak merawat rambut dengan semestinya. Bisa juga karena penggunaan alat-alat styling rambut seperti hair dryer, catokan, dan pengeriting, alat-alat styling rambut yang membuat rambut kehilangan kandungan alaminya.

Pada umumnya tanda-tanda rambut sehat dapat dilihat dari kondisi rambut yang berkilau dan terasa halus, berbeda dengan kondisi rambut bercabang biasanya terlihat lebih kusam dan rapuh. Biasanya orang akan memotong ujung rambut yang bercabang untuk mengatasinya. Namun memotong rambut tidak akan menutrisi bagian dalam rambut karena hanya memangkas bagian bercabang saja.
banner consideration shipping bg blue
Dalam mengatasinya, menutrisi rambut adalah cara yang lebih baik agar rambut kembali sehat. Penggunaan bahan alami juga sangat baik untuk digunakan. Berikut ini bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut bercabang.

1. Buah Pisang



Pisang tidak hanya baik dikonsumsi, buah ini juga cukup efektif dalam mengurangi bercabang. Menggunakan masker rambut yang terbuat dari pisang dipercaya dapat mengembalikan kesehatan rambut. Tidak heran, karena di dalam buah pisang terkandung zinc, kalium, zat besi, dan beberapa jenis vitamin yang dapat mengembalikan elastisitas pada rambut. Cara membuat dan menggunakan masker pisang:

  • Siapkan buah pisang yang sudah matang, potong-potong menjadi beberapa bagian lalu masukan ke dalam blender.
  • Tambahkan 2 sendok makan yogurt tawar dan air perasan lemon ke dalamnya.
  • Nyalakan blender, tunggu hingga semuanya tercampur dan teksturnya halus.
  • Aplikasikan ke rambut seperti menggunakan masker rambut seperti biasanya. Tunggu hingga satu jam agar meresap.
  • Jika sudah selesai, bilas dengan air hingga bersih.

2. Telur



Putih telur biasanya digunakan untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit wajah. Manfaat lain telur juga dapat mengatasi bercabang karena kandungan protein keratin dan asam lemak yang terkandung di dalamnya dapat membantu memperbaiki helaian rambut yang rusak.

Selain itu, protein yang ada di dalamnya juga mengisi bagian rambut yang rapuh dan membuat rambut kembali halus dan sehat serta tahan terhadap kerusakan. Cara menggunakannya sebagai berikut ini:

  • Siapkan kuning telur lalu campurkan dengan 2 hingga 3 sendok makan  minyak zaitun. Dapat juga diganti dengan 1 sendok teh madu murni.
  • Aduk-aduk hingga rata, setelah tercampur sempurna oleskan pada rambut yang sudah dibasahi dengan air. 
  • Tunggu hingga 30 menit, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih gunakan sampo juga bau amis telur yang menempel pada rambut hilang.
banner consideration promotion bg blue

3. Lidah Buaya



Lidah buaya memang dipercaya dapat mengatasi masalah kulit dan rambut. Di dalam lidah buaya mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan rambut, ketebalan rambut, dan melindungi rambut dari kerusakan akibat panas alat styling rambut atau paparan sinar matahari. Cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Siapkan lidah buaya, pisahkan dari kulitnya lalu masukan ke blender.
  • Masukan juga air perasaan jeruk nipis. Blender hingga halus.
  • Oleskan pada rambut dan kulit kepala lalu diamkan hingga satu jam, kemudian dibilas dengan air hingga bersih.

4. Minyak Kelapa



Bahan alami selanjutnya yang dapat membantu mengatasi bercabang adalah minyak kelapa. Itu karena minyak kelapa dapat membantu mencegah rambut mengalami kekeringan. Hal tersebut terjadi karena kandungan dalam minyak kelapa dapat meresap ke pori-pori rambut sehingga dapat memperkuat rambut dan mencegah bercabang.

Cara menggunakannya mudah, cukup oleskan minyak kelapa ke bagian rambut dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas. Lakukan 1 hingga 2 kali tiap minggunya agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Itulah beberapa bahan alami yang dapat mengatasi rambut bercabang. Kandungan nutrisi yang ada pada bahan-bahan tersebut membuat rambut kembali sehat dan terhindar dari bercabang. Selamat mencoba tips ini ya Lemonizen!

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.