Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

4 Bahan Alami Pewarna Rambut Mudah Kamu Buat Sendiri

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Kunyit jadi salah satu bahan alami pewarna rambut.
Untuk meningkatkan penampilan agar semakin cantik dan menarik, banyak orang memilih untuk merubah gaya rambutnya. Seperti yang diketahui, rambut adalah mahkota yang keberadaannya sangat mempengaruhi penampilan seseorang. Salah satu tindakan yang paling sering dilakukan adalah mewarnai rambut. Sayangnya, mewarnai rambut berpotensi membuat rambut menjadi rusak akibat adanya bahan kimia yang digunakan pada pewarnanya.
banner consideration shipping bg blue
Meski sudah banyak produsen cat rambut yang ’berkata’ akan mengganti komposisi produknya menjadi lebih alami, hal ini bukan lagi jaminan jika perusahaan tersebut tidak akan menggunakannya. Nah, kamu juga bisa membuat pewarna alami rambut dengan bahan alami berikut ini:

1. Teh Hitam



Salah satu jenis teh yang bisa membuat rambut kamu terlihat hitam alami adalah teh hitam. Teh hitam bisa digunakan oleh berbagai kalangan usia untuk membuat rambut tampak hitam alami dan lebih berkilau tanpa menggunakan pewarna kimia yang berbahaya bagi kesehatan rambut.

Pertama, kamu bisa menyeduh teh hitam kemudian mengaplikasikannya secara merata ke seluruh bagian rambut. Agar lebih awet, diamkan larutan teh dalam waktu yang cukup lama. Jangan buru-buru membilasnya karena dapat membuat warna teh menjadi pudar dan tidak sempurna ya Lemonizen.

2. Cengkeh dan Kayu Manis



Kamu berpikir bahwa cengkeh dan kayu manis hanyalah bumbu dapur biasa? Faktanya, dua bahan ini bisa menjadi kombinasi epic yang dapat membuat warna rambut terlihat lebih cantik. Dua bahan alami ini dapat memberikan hasil warna coklat muda yang cantik. Untuk kamu yang ingin memiliki warna rambut sedikit lebih cerah, gunakan kedua bahan alami ini.

Kamu hanya perlu menyiapkan kedua bahan ini yakni cengkeh bubuk dan kayu manis bubuk sebanyak setengah atau satu satu cangkir. Kemudian campurkan dengan air hingga membentuk larutan yang nantinya akan diaplikasi pada seluruh bagian rambut. Jika sudah, tunggu selama 30 menit sampai satu jam untuk hasil yang maksimal. Agar warna semakin terlihat cantik, lakukan proses ini hingga tiga kali dalam satu minggu.
banner consideration promotion bg blue

3. Kunyit



Satu lagi rempah-rempah yang bisa digunakan untuk mewarnai rambut adalah kunyit. Kunyit bisa digunakan sebagai pewarna pirang alami yang tidak membahayakan kesehatan rambut. Selain aman, kunyit juga mudah ditemukan dan harganya relatif terjangkau.

Kamu hanya perlu menyiapkan sebuah kunyit, kemudian parut hingga halus sebanyak seperempat cangkir. Tambahkan sedikit air agar cairan kunyit menjadi lebih pekat. Jika sudah, siapkan sebuah botol bentuk spray yang sudah tidak terpakai. Masukkan cairan ke dalam botol lali semprotkan pada seluruh bagian rambut hingga merata.

Remas-remas rambut agar cairan meresap sempurna ke dalam rambut. Tunggu beberapa jam agar cairan pada rambut mengering lalu bilas hingga bersih.

4. Bunga Sepatu



Kamu pasti pernah mendengar nama bunga sepatu. Bunga yang sering hidup di pinggir jalan ini bisa menjadi formula yang digunakan untuk menutupi uban pada rambut. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, pertama siapkan dulu beberapa kelopak bunga sepatu. Agar warnanya menjadi lebih gelap, gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Tunggu hingga seluruh minyak meresap lalu oleskan ke rambut dan pijat secara perlahan untuk memastikan bahwa warnanya telah meresap sempurna ke rambut. Untuk hasil terbaik, diamkan selama setengah jam. Lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Ulangi tahap ini selama beberapa kali sampai rambut benar-benar hitam ya!
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa contoh bahan alami yang bisa digunakan sebagai pengganti pewarna rambut berbahan kimia yang berbahaya. Meski alami, hasil akhir yang ditampilkan patut diacungi jempol. Bagaimana? Tertarik mencobanya Lemonizen?
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.