4 Bukti Hidup Sehat Nggak Perlu Mahal, Kamu Bisa Jalankan dengan Gampang Lho!

10 Des 2019 @ 18:06:48
Punya tubuh sehat, bugar, dan bahagia hingga usia tua tentu jadi idaman semua orang di dunia. Tapi, itu semua nggak serta merta bisa kamu capai jika kamu nggak berusaha untuk menerapkan pola hidup sehat dari sekarang. 

Nggak perlu mahal dan repot sebenarnya, perjalanan hidup sehatmu bisa dimulai dengan hal-hal yang sederhana dan tidak menguras biaya. Nih, Moni kasih tau 4 cara hidup sehat yang bikin kamu tetap hemat ya.

1. Buat Kamu yang Sering Kesiangan, Ubah Kebiasanmu dengan Mulai Bangun Pagi

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa orang-orang yang punya kebiasaan bangun pagi cenderung memiliki emosi yang lebih baik. Ini karena mereka yang bangun lebih pagi punya waktu lebih banyak untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk bersosialisasi dengan orang lain sehingga ia bisa mencapai keseimbangan hidup antara pekerjaan dan hubungan sosialnya. Work-life balance ini ternyata membawa pengaruh besar pada kebahagiaan seseorang.

Bangun pagi membuatmu punya lebih banyak waktu untuk beraktivitas fisik seperti jalan pagi atau jogging sebentar di taman dekat rumah. Jadi, bangun pagi bukan hanya bagus untuk kesehatan mental tapi juga untuk kesehatan fisikmu. 

2. Usahakan untuk Olahraga  atau Beraktivitas Fisik Sederhana, Misalnya Naik dan Turun Tangga di Kantor

Jadwal pekerjaan yang padat merayap seringkali jadi alasan untuk nggak punya waktu olahraga? Yaudah, kalau gitu olahraganya di sela-sela jam kerja aja. Kamu bisa beraktivitas fisik sederhana seperti naik dan turun tangga selama di kantor, atau bisa jalan kaki atau naik sepeda kalau jarak kantor dan rumahmu terbilang dekat.

Kamu juga bisa mencari standing desk di kantormu agar bisa bekerja sambil berdiri jika sudah merasa terlalu lama duduk. Sesekali bisa juga selingi dengan squad atau gerakan-gerakan sederhana yang bisa dilakukan di balik meja kantormu. Duduk terlalu lama dan minim gerak berbahaya bagi tubuh.

Pada awalnya mungkin memang terasa berat, namun lama-kelamaan tubuhmu akan terbiasa. Selain badan menjadi lebih bugar, manfaat (penting) lainnya kamu juga bisa menghemat pengeluaran, lho.

3. Pastikan Minum 8 Gelas Air Putih Setiap Hari!

Yhaa, saran minum air putih setiap hari ini mungkin kedengaran basi ya. Tapi serius deh, jangan remehkan manfaat minum air putih. Salah satu cara terbaik menjaga kesehatan badanmu adalah dengan disiplin minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas setiap harinya. Air putih membawa sangat banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, menjaga kesehatan kulit, dan membantu proses sirkulasi ginjal.

Biasakan untuk minum 1-2 gelas air putih di pagi hari setelah bangun tidur. Kemudian minum satu gelas setengah jam sebelum makan, sebelum dan setelah berolahraga, serta ketika tubuh merasa lelah.

4. Masak Sendiri untuk Memastikan Nutrisi Tubuh Tercukupi dan Bikin Lebih Hemat Pastinya

Masak sendiri terdengar merepotkan ya? Tapi kenyataannya nggak begitu kok. Kamu bisa memulainya dengan masak makanan-makanan sederhana seperti sayur asem, omelet jamur, tumis brokoli atau masakan lain yang tidak memerlukan banyak bahan. Jika kesulitan menakar bumbu, kamu juga bisa mencari bumbu masak praktis yang dibuat dari bahan-bahan alami, tanpa MSG, juga pengawet agar tubuhmu tetap sehat.


Yang paling penting, dengan masak sendiri kamu bisa memastikan nutrisi yang masuk ke tubuhmu benar-benar tercukupi, tidak berbahaya, dan pastinya bisa menekan bujet pengeluaran sehari-hari. Pilihan konsumsi sehatmu nggak serta merta harus saklek buah dan sayur saja. Kalau tetap mau ngemil atau sesekali ngopi tentu masih tetap boleh asalkan bisa memastikan camilan dan kopimu dibuat dari bahan-bahan alami dan bebas bahan berbahaya.

Cara sehat tapi tetap hemat lainnya adalah dengan menjadi smart buyer alias sebagai pembeli kamu harus rajin mantengin promo-promo menarik dan paket spesial produk-produk makanan sehat di berbagai platform jual beli, baik supermarket atau situs belanja daring seperti Lemonilo! Jangan ragu memanfaatkan momen promo untuk memenuhi kebutuhan sehatmu dengan harga yang lebih miring, lho

Apalagi sebentar lagi Harbolnas. Hmm, bukankah itu waktu yang tepat untuk berburu dan mewujudkan resolusi sehat dengan hemat?


Artikel Terkait

Moms Mau Pedicure Sendiri di Rumah? Ini Caranya
Jika belum memungkinkan ke salon, Moms bisa lho melakukan perawatan kecantikan sendiri di rumah..
Shella Rafiqah Ully
30 Juni 2020
Cara Mudah Membuat Kopi Hijau Serta Manfaatnya
Mengonsumsi kopi hijau setiap hari ternyata menyehatkan tubuh lho, yuk ikuti cara membuat kopi hijau berikut ini!..
Rizki Indra
15 Mei 2020
Cukup Mudah, Seperti ini Cara Membuat Tepung Pisang
Tidak usah bingung, begini cara membuat tepung pisang yang gampang banget...
Rizki Indra
14 Mei 2020