Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

4 Cara Cepat Membersihkan Karang Gigi Manual di Rumah

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Kulit jeruk bisa digunakan sebagai cara membersihkan karang gigi.
Adanya karang pada gigi tentu memberikan dampak buruk bagi dari segi kesehatan, kenyamanan, maupun penampilan. Karang gigi sendiri terbentuk dari plak gigi yang mengeras dan tidak kunjung dibersihkan dengan baik. Plak gigi adalah lapisan tipis yang lengket dan tidak memiliki warna yang ada di permukaan gigi. Ketika gigi tidak rutin dibersihkan dengan benar, plak gigi akan berubah menjadi karang gigi yang sulit dibersihkan.

banner consideration shipping bg blue

Cara membersihkan karang gigi sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke klinik perawatan gigi. Namun hasil yang didapat tidak bisa instan seperti melakukan scaling gigi di klinik tapi cukup efektif untuk membuat gigi kamu terlihat bersih meskipun harus dilakukan secara rutin. Berikut ini beberapa cara menghilangkan karang gigi yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan cepat!

1. Garam



Bahan alami pertama yang dapat membantu menghilang karang gigi yaitu garam. Garam dapat menjadi bahan dapur yang bisa kamu pakai membersihkan gigi dengan mencampurnya dengan air cuka dan baking soda. Caranya siapkan sejumput garam campurkan dengan 1 sendok makan baking soda.

Letakkan permukaan sikat gigi ke campuran garam dan baking soda lalu gosokan ke gigi yang terdapat karang gigi. Cara kedua larutkan garam dengan segelas air hangat dan tambahkan 2 sendok makan cuka ke dalamnya, kemudian gunakan untuk berkumur.

2. Buah-buahan Mengandung Vitamin C



Vitamin C dipercaya dapat membantu menghilangkan karang gigi serta juga dapat membunuh bakteri di area mulut. Kamu dapat membuat pasta vitamin C dari buah-buahan seperti stroberi, tomat, jeruk dan lain-lain. Caranya cukup haluskan hingga buah-buahan tersebut lumat dan menyerupai pasta kental. Aplikasikan ke permukaan gigi dan diamkan selama 5 menit setelah itu bersihkan dengan berkumur-kumur.
banner consideration promotion bg blue

3. Lidah Buaya



Selain berguna untuk menjaga kecantikan kulit dan menyuburkan rambut lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menghilang karang gigi. Cara menggunakannya siapkan 1 sendok teh gel lidah buaya, 4 sendok teh gliserin, minyak lemon, dan air secukupnya. Lalu campurkan semua bahan tersebut hingga tercampur rata dan gunakan sebagai scrub gigi saat malam hari sebelum tidur.

4. Kulit Jeruk



Selain buahnya yang dapat membantu menghilang karang gigi karena mengandung vitamin C, kulit jeruk juga memiliki manfaat yang sama. Jadi jangan buang kulit jeruk dan manfaatkan sebagai pembersih karang gigi dengan menggosok-gosokkan kulit jeruk ke permukaan gigi. Bisa juga dengan cara lain yaitu dengan membuat pasta dari kulit jeruk dengan menghaluskan kulit jeruk dengan sedikit air dan gunakan untuk menggosok gigi.

Setelah berhasil membersihkan karang gigi, kamu juga harus mencegah agar karang gigi tidak muncul kembali. Inilah beberapa cara agar karang gigi tidak kembali muncul:

1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari


Membersihkan gigi secara teratur dengan rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari merupakan hal utama yang harus dilakukan. Sikat gigi minimal dilakukan selama dua menit agar gigi benar-benar bersih untuk menghindari munculnya karang gigi.

2. Memilih Pasta dan Sikat Gigi yang Tepat


Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang halus agar tidak melukai gusi. Sesuai ukuran dan bentuk kepala sikat dengan lebar mulut kamu. Pilihlah juga pasta gigi yang mengandung fluoride karena zat tersebut dapat membantu menghilangkan plak gigi penyebab munculnya karang gigi.

3. Menggunakan Obat Kumur


Berkumur dengan air saja kurang efektif untuk mencegah karang gigi. Untuk itu gunakan obat kumur atau mouthwash setelah menggosok gigi. Obat kumur dapat membantu menghilangkan kotoran dari sisa makanan yang menempel dan plak gigi.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah cara membersihkan karang gigi yang dapat kamu coba di rumah. Perlu diingat bahwa cara-cara tersebut harus dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal karena cara tersebut tidak memberikan hasil yang instan melainkan memberikan hasil yang bertahap. Semoga membantu dan selamat mencoba!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.