Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

4 Cara Memakai Masker yang Benar untuk Mencegah Virus Masuk

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Cara memakai masker yang benar sangat penting untuk menghindari virus.

Semakin maraknya virus Covid-19 membuat masyarakat khawatir tertular penyakit yang saat ini sedang mewabah di dunia. Karenanya, banyak yang berbondong-bondong untuk membeli masker sebagai pencegahan terkena dari paparan virus tersebut. Namun, masih banyak yang tidak mengetahui cara memakai masker yang benar.

banner consideration shipping bg blue

Meski kelihatan mudah, cara memakai masker yang benar tidak boleh sembarangan. Pemakaian yang keliru justru bisa meningkatkan risiko terjadinya masalah, seperti kebocoran atau masuknya bakteri dan virus melalui sisi masker. Berikut cara menggunakan masker yang benar:


1. Ukuran Masker Pas Wajah

Pastikan ukuran masker pas dengan wajah kamu, tidak kebesaran atau kekecilan. Selain punya banyak pilihan bahan dan jenis, masker juga hadir dalam berbagai ukuran. Termasuk untuk anak-anak dan orang dewasa. Dengan masker yang pas menutupi setiap ruang yang ada, virus akan sulit untuk tembus.

2. Cuci Tangan

Pastikan sebelum menyentuh masker, tangan sudah bersih. Ini sangat penting untuk kamu perhatikan karena bagian tangan adalah bagian yang mudah ditempeli oleh virus maupun kuman. Jangan sampai kuman yang ada di tangan malah berpindah ke masker yang akan digunakan. Maka dari itu, penting untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer.

3. Memegang Tali Ketika Menggunakan Masker

Saat akan mengaplikasikan masker ke bagian mulut, bagian yang harus kamu perhatikan adalah bagaimana cara memegangnya. Cara yang benar ketika memegang masker adalah dengan memegang bagian tali maskernya dulu, lalu kaitkan ke bagian kepala.

4. Atur Sisi Atas Masker

Tentukan sisi atas masker yang digunakan, biasanya ditandai dengan adanya garis kawat hidung. Untuk masker yang menggunakan tali gunakan cara berikut:

  • Posisikan kawat menutupi hidung dengan jari dan ikat kedua sisi tali di bagian atas pada kepala mendekati ubun-ubun.
  • Setelah masker terpasang, tarik masker ke bawah untuk menutup area mulut hingga dagu. 
  • Ikatkan tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher kamu supaya masker terpasang sempurna.

Sementara untuk masker karet gunakan cara berikut: 

  • Untuk langkah awal, kamu cukup mengaitkan tali karet pada masker ke bagian belakang telinga kamu. 
  • Setelah masker menempel aman di wajah, cubit bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidung kamu agar masker lebih tertutup rapat dan tidak sesak saat bernapas.
  • Panjangkan lipatan-lipatan masker ke bawah untuk menutup semua bagian yang harus ditutup meliputi hidung, mulut, hingga dagu.
  • Setelah masker terpasang dengan benar dan menutup sempurna, hindari menyentuh masker apalagi sebelum mencuci tangan.

Sebagai catatan tambahan, jika kamu menggunakan masker sekali pakai, maka masker yang sudah digunakan tersebut hanya boleh digunakan 1 kali saja ya. Bahkan beberapa sumber menyebutkan masker bedah efektif digunakan selama 3-4 jam hingga maksimal 1 hari pemakaian. Setelah selesai digunakan, lepaskan masker dan lipat tanpa menyentuh bagian dalam maskernya. Segera buang ke tempat sampah.


banner consideration promotion bg blue

Cara Memilih Jenis Masker


1. Masker Kain

Masker kain dibuat dari kain yang dijahit berbentuk masker dengan tali yang bisa diikat ke belakang kepala, tetapi kamu tetap bisa bernafas dengan leluasa.

Saat memilih masker kain, pastikan kamu mengarahkan masker ke cahaya terlebih dahulu. Jika cahaya berhasil tembus kain, artinya masker tersebut kurang aman. Masker ini cocok digunakan di dalam dan luar ruangan.

2. Masker Sekali Pakai

Masker yang dikenal dengan sebutan masker bedah sangat mudah ditemukan di mana saja. Saat memilih masker sekali pakai, hindari memakai masker terlalu longgar dan jangan memakai masker jika sudah basah atau kotor.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah cara memakai masker yang benar untuk mencegah virus masuk sekaligus memilih masker yang benar. Dengan memahami cara ini, diharapkan kamu bisa menggunakan masker untuk melindungi kesehatan kamu dengan lebih baik dan optimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.