Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

4 Cara Memakai Softlens yang Baik dan Benar

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Cara memakai softlens sangat penting diperhatikan agar tidak salah.

Softlens seringkali digunakan anak millenial untuk memperindah mata hingga membantu memperjelas penglihatan yang  terganggu karena malas jika harus menggunakan kacamata. Cara memakai softlens yang benar juga tidak bisa diabaikan. Sebab, akan menyebabkan mata kamu mungkin terasa perih hingga iritasi akibat penggunaan softlens yang salah. Maka dari itu kamu harus menggunakan softlens dengan cara yang baik dan benar.

banner consideration shipping bg blue

Cara Memakai Softlens yang Baik 


Kamu harus mengetahui cara memakai softlens agar tidak membuat mata perih hingga iritasi seperti ulasan berikut ini:

1. Cuci Tangan Sebelum Menggunakan Softlens

Cuci tangan kamu menggunakan sabun dan air mengalir sebelum menggunakan softlens. Hal ini karena ketika kamu memegang softlens tanpa mencuci tangan terlebih dahulu akan berisiko memindahkan kuman penyebab infeksi dari jari tangan ke softlens, dan menempelkannya pada kedua mata kamu.

Karenanya, pastikan membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan bilas dengan air mengalir hingga bersih, lalu keringkan sebelum kamu memegang softlens.

2. Membersihkan Softlens

Bersihkan lensa kontak lagi saat akan digunakan. Meskipun lensa dalam kondisi terendam saat disimpan, sebaiknya kamu membersihkan lagi saat akan menggunakannya.

3. Memegang Softlens dengan Jari

Saat memasang softlens gunakan jari telunjuk kanan untuk mata kiri, dan gunakan jari telunjuk kiri untuk memasang softlens pada mata kanan atau sesuaikan dengan jari yang paling nyaman digunakan.

Saat menerapkannya dengan jari tangan, pastikan posisi softlens berbentuk "U" sempurna seperti mangkuk dan hindari posisi softlens terbalik atau berbentuk setengah lingkaran sempurna. Jika bagian dalam softlens melipat ke luar, balik lensa kontak dengan perlahan untuk membalikkan. Namun, jika lensa kontak rusak, jangan digunakan.

banner consideration promotion bg blue

4. Aplikasikan Softlens

Untuk Cara memakai softlens, buka mata kamu dan tahan bagian bawah kelopak mata menggunakan jari. Letakkan softlens di ujung jari telunjuk atau jari tengah, tetapi pastikan jari sudah dalam keadaan kering dulu.

Sambil melihat cermin, buka, tarik, dan tahan bagian atas dan bawah kelopak mata kamu, dan secara bersamaan gunakan jari tangan lainnya untuk menempelkan softlens pada bagian hitam bola mata dengan lembut dan perlahan.

Pejamkan mata beberapa kali untuk menempatkan lensa kontak sesuai dengan letak bola mata. Softlens sendiri akan dengan otomatis menyesuaikan posisi pada bagian tengah bola mata kamu. Jika kamu masih merasa tidak nyaman, lepas kontak lensa, bilas menggunakan cairan pembersih khusus, dan ulangi cara memakai softlens kembali hingga terpasang.

Cara Melepas Softlens


Tidak hanya memasang, melepas softlens juga harus dilakukan dengan benar. Sebelum melepas softlens, biasakan membersihkan kedua tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, dan keringkan tangan menggunakan handuk bersih. Saat melepas softlens gunakan jari tengah atau jari yang nyaman untuk menarik kelopak mata bawah kamu. Arahkan bola mata ke atas atau ke samping. Gunakan jari telunjuk atau jari kamu  yang lainnya untuk mengambil lensa kontak.

Ambil lensa dengan lembut ke bagian putih mata dengan dicubit dan keluarkan softlens dari mata kamu. Setelah softlens dikeluarkan, letakkan pada telapak tangan dan basahi dengan cairan pembersih khusus untuk lensa kontak. Gosok perlahan softlens selama 30 detik untuk membersihkannya dari sisa-sisa kotoran atau minyak yang mungkin masih menempel. Bilas lensa dengan cairan khusus lagi dan letakkan pada wadahnya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah cara memakai softlens yang baik dan benar. Dengan cara pemakaian yang benar, kamu bisa memakai softlens dengan nyaman dan terhindar dari iritasi. Jadi jangan sampai mengabaikan cara ini ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.