Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

4 Cara Memisahkan Uang Modal dan Keuntungan, Wajib Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
24 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Cara memisahkan uang modal dan keuntungan penting dilakukan saat menjalankan usaha.

Cara memisahkan uang modal dan keuntungan itu sangat penting saat menjalankan sebuah bisnis. Pelaku bisnis pemula biasanya meremehkan hal ini, lantaran menganggap bahwa keduanya sama saja dan tidak perlu dipisahkan. Padahal, keberadaan uang modal dan keuntungan harus dipisahkan supaya tidak tercampur dan kondisi keuangan usaha menjadi jelas.


Uang modal adalah pondasi paling dasar saat seseorang mendirikan sebuah usaha atau bisnis. Tanpa adanya uang modal tentu bisnis tidak bisa didirikan dan tidak akan bisa berjalan. Uang modal ini perlu disisihkan atau dipisahkan dari keuntungan agar bisnis bisa terus berjalan. Jika tidak demikian tentu perusahaan bisa bangkrut.


Jika bisa disiplin dan jelas dalam melakukan pemisahan uang modal dengan keuntungan perusahaan akan lebih mudah untuk mengontrol seberapa besar keuntungan yang didapatkan dan bisa menyusun rencana pengembangan bisnis lebih besar lagi. Pembukuan keuangan pun bisa lebih efisien dan juga efektif. Untuk bisa lebih mudah dan lebih jelas cara memisahkan uang modal dan keuntungan perlu melakukan beberapa poin berikut ini:

1. Membuat Dua Rekening


Rekening yang berbeda bisa membantu dalam memisahkan mana uang modal dan mana yang merupakan keuntungan dari kegiatan bisnis. Bisa dilakukan di bank yang sama namun dengan dua rekening yang berbeda. Arus kas akan lebih terpantau sekaligus bisa melihat keuntungan yang didapatkan sudah mencapai target atau belum. Jika memang memungkinkan uang keuntungan yang berlebih bisa dijadikan sebagai modal tambahan untuk mengembangkan usaha jadi lebih besar lagi.

2. Membuat Catatan dengan Rinci


Agar bisa lebih mudah melihat transaksi apa saja yang sudah terjadi di perusahaan, pastikan untuk membuat catatan yang isinya semua transaksi yang dilakukan dengan menggunakan uang modal usaha. Catatan keuangan sederhana namun mendetail bisa sangat membantu dalam melihat arus kas masuk dan keluar sehingga bisa dibandingkan dengan lebih mudah. Pastikan ada tanggal, waktu, serta jumlah uang yang digunakan secara terorganisir. Pelaku bisnis bisa melakukan antisipasi pada kas yang dikelola jika ada terjadi minus.

3. Modal Usaha Bukan Untuk Kebutuhan Pribadi


Cara memisahkan uang modal dan keuntungan ini sangat penting agar penggunaan uang tidak campur aduk. Pastikan memegang prinsip untuk tidak menggunakan uang modal usaha untuk memenuhi kebutuhan pribadi meski dalam keadaan genting sekali pun. Jika uang modal sampai digunakan untuk keperluan pribadi maka akan sulit untuk mengembalikan uang modal tersebut nantinya. Bisnis pun bisa terganggu karena modal yang biasa digunakan berkurang.

4. Melakukan Evaluasi Secara Rutin


Evaluasi ini sebaiknya dilakukan oleh pemilik bisnis. Ini bisa dilakukan minimal satu bulan sekali agar bisa mengontrol modal usaha perlu ditambah atau tidak, keuntungan seusai target atau belum, perlu suntikan dana atau tidak, dan semacamnya. Kalau bisnis yang dikelola sudah terbilang besar melakukan audit adalah cara yang terbaik. Audit ini bisa menekan adanya manipulasi uang pada perusahaan.


Cara memisahkan uang modal dan keuntungan pada dasarnya membutuhkan ketelitian dan juga niat. Jika tidak dilakukan, usaha tidak akan bisa berjalan lama karena keuangannya berantakan. Uang modal ini merupakan hal paling mendasar bisnis bisa dimulai dan berjalan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemisahan antara uang modal dengan keuntungan supaya kondisi keuangan perusahaan terus terjaga dan bisnis berjalan dengan baik.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.