4 Cara Mengolah Kacang Almond Jadi Cemilan Sehat dan Enak

23 Sep 2020 @ 09:31:01
Salah satu cara menjaga kesehatan adalah memperhatikan cemilan yang kita konsumsi. Jika khawatir dengan cemilan kemasan yang banyak dijual, kamu bisa lho membuat cemilan sendiri. Tentunya kamu bisa membuat yang lebih sehat sekaligus nikmat. 

Salah satu bahan yang biasa digunakan untuk cemilan sehat adalah kacang almond. Kacang almond memiliki rasa yang manis sehingga mudah diolah menjadi kue atau campuran makanan lain. Dirangkum dari laman Gonutify, berikut adalah cara mengolah kacang almond untuk cemilan sehat.


Kacang almond panggang

Memanggang kacang almond tidak membutuhkan proses yang rumit. Kacang almond bisa dipanggang dalam waktu beberapa menit saja namun sudah menghasilkan cita rasa yang khas dan berbeda. Aroma harum dari almond pun akan tercium setelah dipanggang.

Cara memanggang kacang almond ini sangat mudah. Panaskan oven hingga 176.7 derajat celcius, sebar kacang almond pada loyang yang dilapisi kertas roti, dan panggang selama lima sampai sepuluh menit. 

Jangan lupa untuk mengaduk kacang almond beberapa kali agar proses pemanggangan lebih merata. Ketika sudah sepuluh menit, kacang almong akan berubah warna menjadi cokelat keemasan dengan aroma yang sangat harum. 

Dicampur cokelat

Agar mendapatkan rasa yang lebih nikmat, campurkan almond dengan cokelat. Cara membuatnya sangat mudah, lho. Siapkan setengah cangkir almond yang sudah dipanggang dan satu bar cokelat yang sudah dilelehkan.

Kemudian, celupkan setengah atau seluruh bagian kacang almond ke dalam cokelat yang meleleh. Setelah itu, diamkan hingga cokelat pada kacang almond mengeras. Mudah sekali, bukan? Hanya dua bahan dan kamu sudah bisa membuat cemilan sehat yang enak.

Dicampur oatmeal

Kacang almond bisa diolah juga menjadi energy bar. Cemilan ini sangat cocok kalau kamu sedang menjalankan program diet atau menurunkan berat badan. Energy bar mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga bisa membuatmu kenyang lebih lama.

Tidak perlu membeli, kamu bisa membuat energy bar dengan resep sederhana. Bahan utama yang kamu butuhkan adalah kacang almond dan oatmeal. Tentunya energy bar yang kamu buat tidak akan kalah nikmat dari yang dijual di pasaran.

Cara membuat energy bar yang pertama adalah menyiapkan kacang almond, oatmeal, madu, dan kismis secukupnya. Setelah itu, campurkan semua bahan ke dalam wadah yang besar. Aduk hingga merata dan cetak adonan ke dalam loyang.

Setelah itu, panggang hingga matang dengan tekstur yang sudah padat dan keras. Potong-potonng sesuai selera dan kamu bisa langsung menyantap energy bar kacang almond yang enak dan sehat. Jika sedang terburu-buru, kamu bisa lho menyantap cemilan ini sebagai sarapan.

Dibuat kue pai

Ingin cemilan yang lebih mengenyangkan? Olah kacang almond menjadi kue pai! Tidak hanya almond, kue pai yang kamu buat bisa juga ditambahkan dengan blueberry agar lebih segar dan menambah rasa. 

Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah baking powder rendah lemak, gandum mentah, gula merah, kacang almond panggang, bubuk kayu manis, pala bubuk, mentega light, gula pasir, tepung serbaguna, blueberry, dan jus lemon.

Cara pertama, campurkan baking powder, gandum, gula merah, bubuk kayu manis, pala bubuk, dan mentega. Kemudian, masukkan gula pasir dan tepung. Setelah adonan merata, campurkan dengan blueberry dan simpan di loyang yang sudah diberi sedikit minyak.

Sebagai sentuhan terakhir, taburkan kacang almond panggang. Masukkan adonan yang sudah siap tersebut ke dalam oven dengan suhu 176 derajat celcius selama 50 menit sampai berwarna keemasan. 

Itulah beberapa cara mengolah kacang almond yang mudah. Ternyata tidak sulit kan untuk membuat sendiri cemilan yang sehat dan nikmat? Jadi, kamu tidak perlu lagi jajan cemilan yang kandungannya belum tentu sehat.

Artikel Terkait

Kenali 6 Jenis Minyak untuk Masakan, Mana yang Sering Kamu Gunakan?
Salah satunya adalah minyak kelapa yang bisa digunakan hingga tiga kali penggorengan..
Shella Rafiqah Ully
14 Oktober 2020
Resep Sundubu Jjigae ala Drakor Itaewon Class, Spesial Pakai Mie Lemonilo!
Makanan khas Cafe DanBam di drama korea Itaewon Class ini jadi lebih spesial dengan mie instan Lemonilo!..
Shella Rafiqah Ully
08 Oktober 2020
6 Pilihan Tepung Bebas Gluten untuk Hasilkan Makanan Sehat dan Nikmat
Masing-masing tepung bebas gluten ini memiliki rasa, tekstur, dan kandungan nutrisi yang berbeda..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020