Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

4 Contoh Usaha untuk Pemula yang Mudah Dilakukan

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak contoh usaha untuk pemula yang bisa dicoba.

Banyak orang ragu untuk memulai usaha sendiri karena minimnya modal dan kemampuan wirausaha. Namun, sebenarnya ada beberapa usaha untuk pemula yang bisa dicoba. Berbagai usaha ini selain bisa dimulai dari modal yang tidak terlalu banyak, juga bisa dijalankan oleh pemula yang memiliki pengalaman minim. Inilah beberapa usaha yang bisa kamu coba sebagai pemula: 

1. Membuka Gerai Kopi


Usaha untuk pemula yang pertama adalah usaha gerai kopi. Jika ingin memulai usaha yang sangat besar, tentu diawali dengan usaha kecil dulu misalkan dengan menjual kopi. Jika kamu beranggapan saat menjual kopi harus punya gerai besar dahulu, itu adalah anggapan yang tidak tepat. Kamu bahkan bisa jualan kopi hanya dengan gerai kecil atau warung kecil.


Kemudian diiringi dengan waktu yang fleksibel sehingga kamu bisa berjualan kopi di pagi hari, siang hari, sore hari hingga malam hari. Lalu bagaimanakah cara memulai bisnis kopi tersebut? Hal ini tergantung dari budget yang kamu miliki.


Umumnya kamu hanya perlu menyiapkan tempat untuk jualan. Setelah itu, siapkan peralatan untuk membuat kopi beserta bahan membuatnya. Untuk promosi, bisa dilakukan secara offline melalui teman, saudara dan keluarga. Atau bisa juga secara online melalui media sosial.

2. Desain Grafis


Ini juga termasuk usaha yang tidak perlu modal banyak bahkan juga bisa dijadikan sebagai bisnis utama kamu. Sebab, ketika menjalankan usaha desain grafis, maka kemampuan kamu adalah yang utama. Usaha ini juga bisa digunakan untuk jangka yang panjang karena dunia desain grafis kini semakin popular digunakan karena berhubungan erat dengan setiap bisnis yang ada.


Hal ini membuat banyak orang semakin membutuhkan jasa desain grafis. Tidak hanya kebutuhan bisnis saja bahkan juga perusahaan-perusahaan tertentu. Misalkan saja desain kartu nama, desain interior rumah, keperluan desain rumah minimalis dan mendesain logo bisnis. Tidak heran jika desain grafis bisa menjadi salah satu usaha untuk pemula yang potensial untuk kamu jalankan.

3. Penerjemah


Jika kamu memiliki keahlian untuk berbahasa asing, maka menawarkan diri sebagai penerjemah akan sangat menguntungkan sekali. Penerjemah ini pun juga terbagi dua yaitu penerjemah pemula dan profesional. Biasanya untuk penerjemah profesional tarifnya akan relatif mahal dan bekerja di bawah sumpah.


Untuk kamu yang ingin mencoba contoh usaha ini, maka sebaiknya mulailah dengan menerjemahkan dokumen dasar seperti makalah, skripsi, artikel, dan sebagainya. Modal yang harus dikeluarkan pun juga cenderung lebih murah, hanya butuh laptop, dan koneksi internet yang stabil.

4. Jasa Titip Beli


Bisnis ini sedang populer dilakukan oleh para anak muda. Kemudian juga lebih diuntungkan dengan adanya kemajuan teknologi sehingga proses pemasarannya bisa dilakukan melalui media sosial yang akan menjangkau lebih banyak pelanggan.


Kamu cukup membelikan pelanggan barang yang ia pesan lalu kirimkan dan ditambah dengan ongkos kirim. Modalnya pun juga relatif lebih kecil, namun omsetnya sangat besar bahkan hingga jutaan rupiah. Kemudian kamu juga hanya perlu pasang foto produk lalu sebarkan ke sosial media.


Nah Lemonizen, itulah bermacam-macam usaha untuk pemula yang bisa dijalankan dan tentunya membangun peluang yang besar. Kamu juga hanya perlu pertimbangkan saja apakah bisnis tersebut sanggup dilanjutkan untuk jangka waktu yang panjang atau sekedar mengikuti trennya saja. Karena tentu akan jauh lebih baik jika menjalankan usaha yang prospek masa depannya bagus. Jadi, pastikan untuk mempertimbangkannya dengan baik ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.