4 Dampak Buruk Kerang Hijau Bagi Kesehatan

Meski dikenal sebagai jenis seafood yang memiliki gizi baik, konsumsi yang berlebihan bisa menimbulkan dampak buruk kerang hijau bagi kesehatan. Perlu diketahui juga bahwa dampak buruk kerang hijau pada masing-masing orang berbeda-beda tergantung dari ketahanan tubuh yang dimiliki. Disisi lain juga tergantung dari bagaimana kerang tersebut diolah dan disajikan. Sebelum mengkonsumsinya, simak terlebih dahulu dampak buruk di bawah ini.

1. Meningkatkan Resiko Munculnya Penyakit Berbahaya

Kerang hijau memiliki kandungan vitamin B12 serta zat besi dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Namun apabila mengkonsumsi secara berlebihan, tentunya asupan gizinya terlalu tinggi dan sisanya tidak digunakan oleh tubuh. Kondisi seperti ini bisa memicu munculnya resiko penyakit seperti kerusakan hati hingga diabetes yang tergolong berbahaya. Kandungan zat besi yang berlebihan dalam tubuh juga dapat memicu resiko meningkatnya penyakit Alzheimer di hari tua nanti.

2. Keracunan Makanan

Kerang merupakan makhluk laut yang hidup dimana saja dan memakan apapun yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Salah satu kekurangan kerang adalah tidak memiliki kemampuan untuk memilih apa saja yang diserap, sehingga selain memiliki zat yang baik, kerang juga memiliki zat yang berbahaya. Salah satu zat berbahaya yang seringkali ditemukan pada kerang diantaranya ada merkuri, timah, timbal hingga krom. Senyawa tersebut apabila terdapat bagian tertentu kerang dan tidak dibersihkan dengan maksimal, akan membuat seseorang menjadi keracunan.
Beberapa tanda seseorang mengalami keracunan makanan akibat kerang hijau diantaranya ada mual, muntah, sakit kepala berat hingga gatal-gatal. Kondisi seperti ini harus segera ditangani dengan baik dan cepat, karena jika terlalu lama akan berakibat fatal pada kondisi tubuh.

3. Alergi

Alergi karena makanan laut memang menjadi sesuatu yang umum terjadi, namun biasanya disebabkan karena mengkonsumsi makhluk laut golongan Crustacea seperti udang hingga kepiting. Namun bagi orang yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi, mengkonsumsi kerang hijau bisa berdampak alergi.
Seseorang yang mengalami alergi kerang hijau seringkali tidak menyadarinya, bahkan dianggap sebagai alergi biasa. Bahkan beberapa tidak memeriksakan ke dokter dan hanya ke dokter ketika gejalanya semakin parah.  Beberapa alergi kerang hijau yang seringkali dijumpai pada kebanyakan orang diantaranya ada gatal-gatal, muncul bintik-bintik merah di kulit, ruam merah dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebelum mengkonsumsi kerang hijau, pastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi terhadap makanan laut.

4. Kelebihan Vitamin

Dampak buruk kerang hijau yang terakhir adalah bisa menyebabkan seseorang menjadi kelebihan vitamin dalam tubuhnya. Sebab, dalam 100 gram kerang hijau sudah terdapat zat gizi seperti protein, kalsium, zinc, aneka vitamin, karbohidrat dan kandungan gizi baik lainnya. Vitamin B12 yang terkandung di dalamnya memang baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung.
Namun apabila kandungan Vitamin B12 ini terlalu banyak, maka bisa membuat seseorang menjadi kelebihan vitamin. Dampak buruk yang ditimbulkan diantaranya mulai dari diare akut, gatal-gatal pada kulit hingga ruam pada bagian kulit tertentu.  Jika tidak ingin seperti ini, Anda perlu mengkonsumsi secukupnya saja. Apabila Anda ingin mengolahnya sendiri, pastikan mengetahui asal dari kerang tersebut hingga memperhatikan kandungan gizi yang dimiliki. Dengan demikian, Anda bisa mengkonsumsi dengan benar dan aman.
Setelah mengetahui dampak buruk kerang hijau di atas, sekarang Anda bisa lebih berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Jika memang ingin mengkonsumsi, disarankan 1x dalam seminggu dengan jumlah yang tidak terlalu banyak agar mendapatkan seluruh manfaat yang dimiliki.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami