4 Fakta Dark Chocolate, Bisa Turunkan Berat Badan?

25 Aug 2020 @ 18:22:04
Kita tidak asing dengan dark chocolate yang banyak digunakan dalam berbagai resep makanan atau minuman. Faktanya, dark chocolate mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi otak.

Banyak juga yang penasaran, apakah dark chocolate benar-benar bisa menurunkan berat badan? Agar tidak salah informasi, berikut adalah fakta tentang dark chocolate yang perlu kamu ketahui. 

Meningkatkan Sensitivitas Insulin
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dark chocolate bisa meningkatkan sensitivitas tubuhmu terhadap insulin. Insulin adalah hormon yang bertanggungjawab untuk mengeluarkan gula dari aliran darah dan masuk ke sel yang dapat digunakan untuk energi.

Dilansir dari Healthline, dark chocolate mampu menurunkan kadar insulin dalam darah yang mungkin terkait juga dengan penurunan berat badan dan berkurangnya lemak. Meski demikian, fungsi dark chocolate yang mampu mengontrol gula darah masih membutuhkan banyak penelitian lebih lanjut.

Mengurangi Rasa Lapar
Dikutip dari Healthline, dark chocolate mampu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Manfaat dark chocolate yang satu ini sangat berhubungan dengan penurunan berat badan.
Sebuah penelitian yang melibatkan 16 responden membandingkan efek cokelat susu dan cokelat hitam. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa responden merasa tidak mudah lapar dan kenyang untuk waktu lebih lama setelah menyantap dark chocolate.

Penelitian lain melibatkan 14 perempuan pascamenopause menunjukkan bahwa mengonsumsi dark chocolate mengurangi keinginan untuk makan dalam jumlah besar. Sementara itu, mengonsumsi cokelat putih dan susu tidak memberikan efek yang sama.

Meski beberapa penelitian telah memperlihatkan hasil yang demikian, hubungan antara dark chocolate dengan mengurangi rasa lapar masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

Memperbaiki Mood
Sejumlah penelitian telah menjelaskan bahwa dark chocolate mampu memberi pengaruh baik untuk kesehatan mental dan memperbaiki suasana hati. Mood baik inilah yang akan membantumu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian dengan melibatkan 13.626 responden memperlihatkan hasil yang senada. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mengonsumsi dark chocolate dalam jumlah lebih tinggi mampu menurunkan gejala depresi.

Dalam studi lainnya, mengonsumsi 40 gram dark chocolate setiap hari mampu mengurangi stres pada perempuan selama dua minggu. Sementara itu, konsumsi dark chocolate selama 30 hari dapat menimbulkan peningkatan perasaan tenang dan puas.

Nah, kalau kamu mengalami hari yang buruk hingga merasa stres, marah, atau sedih, kamu bisa mencoba untuk konsumsi dark chocolate. Suasana hatimu pun perlahan dapat diperbaiki. Jadi, manfaatnya tidak hanya untuk menurunkan berat badan, lho!
 
Adanya Kemungkinan Dampak Buruk
Dark chocolate memang menawarkan beberapa manfaat untuk membantu penurunan berat badan. Meski demikian, dark chocolate juga punya beberapa kemungkinan dampak buruk yang harus dipertimbangkan.

Pertama, dark chocolate memiliki kandungan lemak dan kalori. Dilansir dari Healthline, satu ons dark chocolate mengandung 155 kalori dan hampir 9 gram lemak. Beberapa dark chocolate juga mengandung gula tambahan dalam jumlah yang cukup tinggi.

Tambahan gula dalam produk dark chocolate bisa memicu gangguan kesehatan kronis, seperti penyakit hati, penyakit jantung, dan diabetes. Dengan demikian, dark chocolate memang bermanfaat untuk menurunkan berat badan namun kualitas dan jumlah yang dikonsumsi harus tetap diperhartikan.

Itulah beberapa fakta dark chocolate yang wajib kamu ketahui. Jika kamu memilih untuk menurunkan berat badan dengan mengonsumsi dark chocolate, tetap perhatikan kemungkinan dampak buruknya, ya! Jangan sampai manfaat dark chocolate tidak bisa didapatkan dengan maksimal dan kita hanya mendapatkan dampak negatifnya.


Artikel Terkait

6 Salad Dressing Sehat dan Nikmat, Cocok untuk Semua Jenis Salad
Salad menjadi pilihan menu sehat yang nikmat dan mudah penyajiannya. Berbagai pilihan salad dressing ini bisa kamu coba ..
Norman Mahardhika
25 Agustus 2020