Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

4 Gangguan Mental Pada Anak yang Perlu Ibu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
08 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Gangguan mental pada anak penting dipahami agar bisa diatasi dengan benar.

Sebagai orang tua cerdas dan bijaksana, tidak hanya harus memperhatikan kesehatan fisik anak saja. Terdapat hal penting lainnya yang tidak boleh diabaikan yakni kesehatan mental anak. Apabila diabaikan bisa menyebabkan terjadinya gangguan mental pada anak yang berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangannya.


Oleh sebab itu, keduanya dianggap penting karena berhubungan dan tumbuh kembang anak di masa depannya. Dengan mental yang sehat, anak dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Kelak saat dewasa anak akan terhindar dari perilaku yang tidak baik atau menyimpang jika orang tua tidak pernah mengabaikan perkembangan mentalnya.


Ada banyak hal yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan mental seorang anak. Misalnya, riwayat genetik, penggunaan obat, dan faktor kesehatan. Bahkan masalah yang terjadi saat kehamilan pun bisa menyebabkan gangguan mental. Gangguan mentalnya seperti apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini;

1. Gangguan Cemas (Ansietas)


Seorang anak yang memiliki rasa cemas adalah hal yang wajar. Namun, sebagai orang tua apabila rasa cemas yang dimiliki anak telah berlebihan, maka wajib untuk waspada. Pasalnya, hal tersebut bisa membuat kegiatan dan aktivitas anak-anak menjadi terganggu.


Bukan hanya mengganggu kegiatan anak, gangguan berupa kecemasan juga dapat mengganggu perkembangannya. Kecemasan yang dirasakan anak bisa menimbulkan hilangnya konsentrasi dalam melakukan sesuatu.


Oleh sebab itu, orang tua hendaknya mencari tahu apa yang menyebabkan anak mengalami rasa cemas berlebihan. Tidak ada salahnya jika sebagai orang tua yang perhatian dan peduli pada anak selalu mendampingi anak setidaknya hingga rasa cemas tersebut hilang.

2. Bipolar


Penyakit mental pada anak yang sering kali tidak disadari oleh orang tua adalah gangguan bipolar, yakni penyakit mental yang berhubungan dengan adanya faktor kelainan otak. Munculnya gangguan ini dapat menyebabkan perubahan mood dan pergeseran yang tidak lazim pada aktivitas dan tingkat energi yang dimiliki anak-anak.


Seorang anak yang mengidap gangguan bipolar umumnya akan mengalami episode depresi. Pada saat ini anak akan justru lebih bersemangat dan aktif dari biasanya. Meskipun gangguan bipolar ini tidak bisa disembuhkan, tapi sebagai orang tua dapat mendampingi atau membantu anak melewati masa buruk dan belajar mengatur mood-ya agar bisa terkendali.

3. Central Auditory Processing Disorder (CAPD)


Gangguan mental satu ini dikenal pula dengan istilah proses auditori, yaitu sejenis gangguan mental yang dapat mengganggu perkembangan anak. Gangguan ini tidak hanya terjadi pada anak saja, semua usia yang memulai perkembangan juga berpotensi mengalami gangguan ini.


CAPD biasanya menimbulkan masalah pada pendengaran yang timbul saat otak tidak bekerja secara optimal. Anak yang mengalami kesulitan untuk merespon suara, menikmati musik, mengeja atau memahami percakapan dan masalah membaca adalah ciri anak yang mengalami CAPD.

4. Gangguan Spektrum Autisme (GSA)


Gangguan berbahaya lainnya yang wajib orang tua ketahui adalah spektrum autisme, yakni gangguan mental pada anak yang disebabkan karena terjadinya kelainan otak dan berdampak pada kemampuan komunikasi dan interaksi sosial.


Seorang anak yang mengalami gangguan ini akan terlihat seperti anak yang asyik dengan dunia dan imajinasinya sendiri. Mereka tidak mampu menghubungkan emosional mereka dengan lingkungan sekitarnya. Orang tua yang mendapati anak dengan gejala demikian sebaiknya merasa waspada.


Itulah beberapa gangguan mental pada anak yang wajib orang tua ketahui dan sebaiknya tidak mengabaikan, karena jika dibiarkan akan mengganggu emosi dan perkembangan anak. Lebih berbahaya jika dibiarkan hingga dewasa karena akan mengganggu perilaku dan karakternya. Maka dari itu, segera konsultasikan pada dokter seputar gangguan mental pada anak sedini mungkin.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.