4 Kebiasaan Baik untuk Mendukung Pola Makan Sehat

04 Aug 2017 @ 01:40:25
Oleh OT Handoko
4 Kebiasaan Baik untuk Mendukung Pola Makan Sehat

Biasakan Sarapan Pagi

Tips hidup sehat yang paling dianjurkan adalah dengan membiasakan diri sarapan pagi. Para ahli setuju jika sebagian besar orang yang memiliki pola makan berlebihan pada siang dan malam hari adalah orang-orang yang kekurangan asupan nutrisi pada pagi hari dan melewatkan sarapan. Sebuah studi menyatakan bahwa 80 persen responden yang biasa sarapan pagi mampu mengontrol berat badan dan bahkan menurunkannya hingga 13 kilogram.

Sebuah teori juga menyatakan bahwa dengan sarapan dengan makanan sehat akan mengurangi rasa lapar berlebih sepanjang hari. Nafsu makan yang terkontrol akan menghindarkan Anda dari kecenderungan memilih makanan-makanan berkalori tinggi. Maka dari itu, pola hidup sehat akan lebih mudah terwujud jika Anda membiasakan diri sarapan dengan aneka makanan sehat.

Konsumsi Variasi Sayuran dan Buah

Buah dan syuran kaya akan serat yang membantu memperlancar pencernaan. Selain itu kandungan vitamin, mineral, dan beberapa mikronutrien di dalamnya sangat dibutuhkan untuk menjaga kebugaran tubuh. 

Jangan abaikan juga kandungan air di dalam sayuran dan buah yang cukup tinggi karena dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Menerapkan pola hidup sehat dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah selain karena kandungan nutrisinya, rasa kenyang yang ditimbulkan juga akan membuat Anda mengurangi konsumsi aneka makanan tidak sehat atau tinggi kalori.

Satu tips hidup sehat tambahan dalam mengkonsumsi sayur dan buah adalah dengan memakannya dalam aneka warna. Selain untuk menghindari kebosanan, warna dalam sayur dan buah juga kaya akan fitonutrien. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur aneka warna, maka semakin variatif fitonutrien yang kita peroleh.

Makan Porsi Kecil Tapi Sering

Pola hidup sehat yang tidak kalah penting adalah dengan makan dengan frekuensi sering namun dalam porsi kecil. Mengapa demikian? Karena ketika kita membiarkan tubuh tanpa asupan makanan selama tiga jam, level hormon kortisol akan meningkat. Hormon kortisol yang tinggi akan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk menimbun lemak. Akibatnya penumpukan lemak pada tubuh pun meningkat. Selain mengganggu kesehatan, hal ini juga tentu akan meningkatkan berat badan Anda.

Sebuah studi yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine, mereka yang makan enam kali sehari dalam porsi kecil selama dua minggu lemak perutnya berkurang dan memiliki kadar kortisol lebih rendah 17% dibandingkan orang-orang yang makan tiga kali sehari dalam porsi besar. Padahal jumlah kalori makanan yang mereka makan sama. Oleh karenanya sangat baik menjadikan kebisaan ini sebagai salah satu tips hidup sehat.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tips hidup sehat terakhir yang tidak kalah penting adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Minum cukup air akan menjaga keseimbangan fungsi tubuh. Orang-orang yang minum minimal 6-8 gelas air putih sehari akan lebih terjaga kebugaran tubuhnya daripada mereka yang kurang asupan cairan. Kebutuhan cairan tubuh selain diperoleh melalui air putih juga bisa didapat dari asupan makanan seperti sayur dan buah.

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan, pola hidup sehat dengan memperbanyak minum yang dimaksud adalah dengan meminum air putih, bukan minuman lain. Jika Anda mencoba mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak minum kopi, teh, atau bahkan soda, maka hal itu justru akan merusak kesehatan. 

Kopi kaya akan kafein yang jika dikonsumsi berlebih akan meningkatkan tekanan darah dan mengiritasi lambung. Soda dan teh manis kaya akan gula yang akan menambah asupan kalori dalam tubuh sehingga dapat memicu penyakit diabetes dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Artikel Terkait

Oleh OT Handoko
Menjalani pola hidup sehat secara konsisten itu tidak sulit. Jika Anda memulainya sejak hari ini, pasti Anda semakin cep..
Oleh OT Handoko
Selama Bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dengan menahan hawa nafsu yakni salah satunya adalah dengan..
Oleh OT Handoko
Banyak kebutuhan lebaran yang mesti Anda persiapkan mulai sekarang. Agar momen lebaran menjadi semakin istimewa dengan p..