Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

4 Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Mengkonsumsi Oats

Oky Tri Handoko
Oky Tri Handoko
03 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
oats
Oats merupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan manfaat. Kandungan seratnya yang tinggi sangat baik bagi pencernaan dan dapat membantu Anda dalam program penurunan berat badan maupun menjaga kesehatan. Selain itu oats juga sangat dianjurkan bagi penderita kolesterol tinggi karena dapat membantu menyerap kandungan lemak dalam tubuh. 
banner consideration shipping bg blue
Akan tetapi memang oats memiliki rasa dan tekstur yang kurang lezat jika Anda salah dalam mengolahnya. Oleh karenanya, gunakan tips-tips di bawah ini dalam memasak oats agar sajiannya lebih lezat sehingga Anda tetap bisa mengkonsumsi makanan sehat ini dengan nikmat.

Membuat Campuran Oats

Mengkonsumsi oats saat sarapan akan membantu Anda mengendalikan nafsu makan sehingga pola makan akan lebih terkontrol karena rasa kenyang lebih lama di dalam perut Anda. Sarapan dengan oats yang dibuat menggunakan susu akan memberikan efek kenyang lebih lama daripada menggunakan air putih biasa. 

Jika sedang dalam program diet, sumber protein lain bisa Anda gunakan seperti susu kedelai, santan, atau susu almond. Akan tetapi, jika Anda menggunakan santan atau susu almond yang kandungan proteinnya tidak terlalu tinggi, sebaiknya tambahkan sumber protein lain seperti kacang-kacangan atau biji-bijian utuh ke dalam campuran oats.

Muesli merupakan oats utuh yang dicampur dengan berbagai macam kacang-kacangan, biji-bijian atau buah-buahan kering. Dengan penambahan bahan-bahan tersebut selain menambah kelezatan rasa, kandungan protein yang dibutuhkan untuk memberikan efek kenyang lebih lama pada oats akan terpenuhi. Oleh karenanya, sarapan dengan muesli juga merupakan pilihan yang tepat untuk mendukung program diet Anda.

Tidak Memperhatikan Waktu Memasukkan Oats ke Dalam Cairan

Tekstur oats yang dihasilkan sangat bergantung pada waktu memasukkan oats ke dalam cairan. Jika Anda menyukai oats dengan tekstur creamy dan lebih lembut, masukkan oats ke dalam cairan yang telah mendidih. 

Akan tetapi jika Anda menyukai oats yang lebih bertekstur dan bentuknya tidak berubah, masukkan oats ke dalam cairan dalam keadaan dingin. Akan tetapi jika Anda biasa memasak oats menggunakan microwave, maka waktu memasukkan oats ke dalam cairan bukanlah masalah.
banner consideration promotion bg blue
Lama memasak oats juga perlu Anda perhatikan karena bubur oats yang dimasak terlalu lama akan membuat tekstur oats menjadi lembut dan sebaliknya. Begitu pula dengan jumlah cairan yang digunakan. Apabila jumlah cairan yang digunakan terlalu banyak maka tekstur bubur oats akan menjadi lebih cair. Kedua hal ini tentu juga perlu Anda perhatikan jika ingin membuat bubur oats dengan tekstur yang pas sesuai selera.

Tidak Menambahkan Garam ke Dalam Oats

Sebagian orang enggan mengkonsumsi oats karena rasanya yang hambar. Untuk mengatasinya, tambahkan sedikit garam saat memasak bubur oats agar rasanya menjadi lezat dan tidak membosankan. Bukan hanya olahan oats gurih yang bisa menggunakan tips ini, olahan oats manis pun sangat cocok jika ditambahkan sedikit garam ke dalamnya. Sedikit rasa asin akan membuat sajian oats manis menjadi lebih lezat. Akan tetapi, hindari menambahkan garam pada akhir proses pengolahan oats karena akan membuat rasanya menjadi aneh.

Tidak Mengaduk Oats

Aduklah oats saat memasaknya. Aduklah terus menerus jika Anda memasak oats menggunakan kompor dan aduklah setiap 45 detik jika Anda memasak oats menggunakan microwave. Proses pengadukan akan membuat cairan dan bumbu yang digunakan dalan proses pemasakan oats merata. Selain itu mengaduk akan membantu melepaskan lebih banyak pati sehingga teksturnya lebih creamy. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.