4 Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Mengkonsumsi Oats

28 Jul 2017 @ 10:32:25
Oats merupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan manfaat. Kandungan seratnya yang tinggi sangat baik bagi pencernaan dan dapat membantu Anda dalam program penurunan berat badan maupun menjaga kesehatan. Selain itu oats juga sangat dianjurkan bagi penderita kolesterol tinggi karena dapat membantu menyerap kandungan lemak dalam tubuh. 

Akan tetapi memang oats memiliki rasa dan tekstur yang kurang lezat jika Anda salah dalam mengolahnya. Oleh karenanya, gunakan tips-tips di bawah ini dalam memasak oats agar sajiannya lebih lezat sehingga Anda tetap bisa mengkonsumsi makanan sehat ini dengan nikmat.

Membuat Campuran Oats

Mengkonsumsi oats saat sarapan akan membantu Anda mengendalikan nafsu makan sehingga pola makan akan lebih terkontrol karena rasa kenyang lebih lama di dalam perut Anda. Sarapan dengan oats yang dibuat menggunakan susu akan memberikan efek kenyang lebih lama daripada menggunakan air putih biasa. 

Jika sedang dalam program diet, sumber protein lain bisa Anda gunakan seperti susu kedelai, santan, atau susu almond. Akan tetapi, jika Anda menggunakan santan atau susu almond yang kandungan proteinnya tidak terlalu tinggi, sebaiknya tambahkan sumber protein lain seperti kacang-kacangan atau biji-bijian utuh ke dalam campuran oats.

Muesli merupakan oats utuh yang dicampur dengan berbagai macam kacang-kacangan, biji-bijian atau buah-buahan kering. Dengan penambahan bahan-bahan tersebut selain menambah kelezatan rasa, kandungan protein yang dibutuhkan untuk memberikan efek kenyang lebih lama pada oats akan terpenuhi. Oleh karenanya, sarapan dengan muesli juga merupakan pilihan yang tepat untuk mendukung program diet Anda.

Tidak Memperhatikan Waktu Memasukkan Oats ke Dalam Cairan

Tekstur oats yang dihasilkan sangat bergantung pada waktu memasukkan oats ke dalam cairan. Jika Anda menyukai oats dengan tekstur creamy dan lebih lembut, masukkan oats ke dalam cairan yang telah mendidih. 

Akan tetapi jika Anda menyukai oats yang lebih bertekstur dan bentuknya tidak berubah, masukkan oats ke dalam cairan dalam keadaan dingin. Akan tetapi jika Anda biasa memasak oats menggunakan microwave, maka waktu memasukkan oats ke dalam cairan bukanlah masalah.

Lama memasak oats juga perlu Anda perhatikan karena bubur oats yang dimasak terlalu lama akan membuat tekstur oats menjadi lembut dan sebaliknya. Begitu pula dengan jumlah cairan yang digunakan. Apabila jumlah cairan yang digunakan terlalu banyak maka tekstur bubur oats akan menjadi lebih cair. Kedua hal ini tentu juga perlu Anda perhatikan jika ingin membuat bubur oats dengan tekstur yang pas sesuai selera.

Tidak Menambahkan Garam ke Dalam Oats

Sebagian orang enggan mengkonsumsi oats karena rasanya yang hambar. Untuk mengatasinya, tambahkan sedikit garam saat memasak bubur oats agar rasanya menjadi lezat dan tidak membosankan. Bukan hanya olahan oats gurih yang bisa menggunakan tips ini, olahan oats manis pun sangat cocok jika ditambahkan sedikit garam ke dalamnya. Sedikit rasa asin akan membuat sajian oats manis menjadi lebih lezat. Akan tetapi, hindari menambahkan garam pada akhir proses pengolahan oats karena akan membuat rasanya menjadi aneh.

Tidak Mengaduk Oats

Aduklah oats saat memasaknya. Aduklah terus menerus jika Anda memasak oats menggunakan kompor dan aduklah setiap 45 detik jika Anda memasak oats menggunakan microwave. Proses pengadukan akan membuat cairan dan bumbu yang digunakan dalan proses pemasakan oats merata. Selain itu mengaduk akan membantu melepaskan lebih banyak pati sehingga teksturnya lebih creamy. 



Artikel Terkait

Ayah Milenial: Bangun Hubungan Setara Mengurus Rumah Tangga
Ayah milenial berbeda dengan ayah generasi sebelumnya. Mereka membangun hubungan yang setara dalam hal mengurus rumah ta..
Shella Rafiqah Ully
17 Juni 2019
Mudik Anti Panik Saat Bawa Si Kecil, Begini Persiapannya
Mudik bersama si kecil sering bikin repot dan panik. Berikut tips mudik anti panik yang bisa orang tua terapkan sebelum ..
Shella Rafiqah Ully
02 Juni 2019
Cara Tepat Membuat Aneka Gorengan Sehat
Menyantap aneka gorengan yang diolah dalam minyak goreng memang nikmat, namun kerap dianggap kurang sehat. Simak cara me..
Shella Rafiqah Ully
29 Mei 2019