4 Langkah Realistis Memulai Kebiasaan Olahraga, Kamu Pasti Bisa!

03 Feb 2020 @ 16:29:21
Gimana hari-harimu belakangan ini? Tugas sekolah atau kuliah semakin menumpuk dan beban pekerjaan terasa semakin berat? Semuanya membuatmu selalu merasa capek dan rasanya tiap akhir minggu cuma ingin dihabiskan untuk tidur dan rebahan? 

Eits, tahan dulu. Di sela-sela padatnya jadwal dan kegiatan harian serta keinginanmu untuk istirahat di akhir minggu, gimana kalau kamu coba luangkan waktu untuk berolahraga?Jangan dulu berpikir kalau olahraga adalah hal yang berat, karena sebenarnya kamu bisa melakukannya dengan gampang. Olahraga membawa banyak dampak baik bagi tubuh seperti, membuat tubuh lebih santai dan meringankan stres, membakar kalori, serta meningkatkan metabolisme tubuh kita.Nggak perlu langsung melakukan olahraga dengan aktivitas fisik yang berat, kamu bisa mulai olahraga dengan gerakan-gerakan sederhana.

Supaya kamu punya habit yang bagus untuk berolahraga, berikut ini ada 4 pedoman yang diberikan oleh Dokter Manny Alvarez, M.D. dalam bukunya yang berjudul The Checklist: What You and Your Family Need to Know to Prevent Disease and Live a Long and Healthy Life (2007). 

1. Mulai dengan Melakukan Olahraga Favoritmu



Hal yang pertama ini penting. Lakukanlah hal yang sesuai kesukaanmu dan buang jauh-jauh bayangan kalau olahraga itu ribet. Ingat, olahraga itu adalah kegiatan fisik dan ada banyak sekali kegiatan fisik sederhana yang dapat kamu lakukan, misalnya naik turun tangga, lari-lari kecil jogging memutari kompleks perumahan, bahkan juga membersihkan rumah! 

Kamu juga bisa explore lebih banyak lagi varian olahraga yang lebih ‘umum’ seperti berenang, bersepeda, bermain basket, sepakbola, dan sebagainya tergantung kesukaanmu. Yang terpenting adalah jangan habiskan waktu untuk hanya berpikir dan menimbang-nimbang jenis olahraga yang mau kamu lakukan. Pilihlah yang paling cocok denganmu, yang paling sederhana, dan lakukanlah.

2. Lakukan Olahraga Kesukaanmu dengan Rutin



Tantangan lain dalam berolahraga adalah melakukannya secara rutin. Sesuatu yang rutin menuntut konsistensimu. Bisa nggak sih kamu melakukannya setiap hari atau paling tidak 3 kali dalam sepekan? Hal ini akan menjadi berat ketika kamu sedang merasa lelah atau malas. 

Kata dr. Manny, membakar 120 kalori sehari saja tidaklah cukup. Yang perlu kamu lakukan adalah membakar 120 kalori sehari dan itu dilakukan setiap hari. Menteri Kesehatan Nila Moeloek juga menganjurkan hal yang sama, lho. Sarannya, masyarakat melakukan aktivitas fisik atau selama minimal 30 menit setiap hari dengan harapan membuat masyarakat hidup lebih sehat.

Pilihlah olahraga yang disukai, aman, mudah, dan sesuai  dengan kondisi fisik. Untuk mencapai hasil optimal, olahraga perlu dilakukan minimal  3 kali seminggu.

3. Bakarlah Paling Tidak 120 Kalori Sehari



Perhitungan kalori tiap orang tentu berbeda-beda sehingga ini tidak serta merta menjadi patokan ya. Tapi, kalau menurut dr Manny, tiap kegiatan olahraga paling tidak membakar 120 kalori tubuh dalam sehari. Paling bagus lagi kalau kamu bisa mencapai 500 kalori dalam sehari, yang artinya 3500 kalori dalam seminggu. 

Ia memberikan contoh untuk seseorang dengan berat badan sekitar 70 kilogram. Pada seseorang dengan berat badan 70 kilogram, beberapa kegiatan berikut menggambarkan jumlah kalori yang dibakar setiap menitnya; mencuci piring dan peralatan dapur (3 kalori), berjalan kaki (5 kalori), bercocok tanam (6 kalori), jogging (8 kalori), bersepeda (10 kalori), bermain basket (12 kalori), dan berlari (20 kalori).

Nah, sekarang kamu bisa hitung sendiri kan? Misalnya untuk jogging. Kalau setiap menit, dengan jogging, kamu bisa membakar 8 kalori, maka kira-kira minimal setiap harinya kamu perlu melakukannya selama 15 menit untuk membakar sekitar 120 kalori. Tentu, lebih dari 15 menit juga boleh, lho.

4. Pastikan Minum Air yang Cukup ya