Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

4 Makanan yang Mengandung Vitamin C

Rizki Indra
Rizki Indra
26 Apr 2021
Clock Icon
3 menit
Makanan yang mengandung vitamin C penting untuk diketahui.

Tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin yang cukup. Ada banyak jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah vitamin C. Vitamin C memiliki nama lain asam askorbat yang termasuk dalam jenis vitamin larut air. Asupan vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dan mempertahankan kinerja metabolisme agar bisa berjalan dengan baik.  Vitamin C ini bisa didapatkan dari suplemen, makanan, ataupun minuman. Berikut deretan makanan yang mengandung vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

1. Kubis


Sayuran satu ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yakni 92,6 mg per 100 gram. Struktur kubis putih yang renyah dan jelas membuatnya banyak diolah menjadi sup atau olahan makanan lain yang lezat. Agar tidak kehilangan enzim di dalamnya, kubis banyak dijadikan lalapan mentah sebagai pendamping sambal.

Mengkonsumsi kubis setiap hari diketahui dapat mencukupi kebutuhan asupan tubuh berupa 5 gram serat, 50 kalori, dan 3,76 gram protein. Tidak hanya vitamin C saja, kubis memiliki kandungan vitamin lain seperti vitamin B, vitamin K, dan glucosinolates. Antioksidan tinggi yang terdapat pada kubis dapat membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit berbahaya.

2. Brokoli


Masih dari rumpun sayuran, brokoli masuk dalam jajaran makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Brokoli ini memiliki bentuk yang mirip dengan bunga kol namun dengan warna hijau pekat. Umumnya, harga brokoli lebih mahal dibanding dengan bunga kol. Brokoli sering dimasak sebagai sup, bubur, atau makanan sehat lain. Dalam 100 gram brokoli, terdapat sekitar 49 mg vitamin C, 3 gram serat, 23 kalori, dan 1,76 protein.


Selain itu, brokoli juga mengandung glukorafanin, karbinol, dan kaempferol. Glucoraphanin dan karbinol ini dapat dijadikan agen anti kanker sehingga sel-sel berbahaya tidak akan tumbuh dan membawa penyakit. Kaempferol di brokoli juga dikenal baik dapat mencegah terjadinya peradangan dan alergi dalam tubuh. Kandungan serat yang cukup tinggi menjadikan sayuran ini banyak digunakan dalam program diet.

3. Talas


Talas adalah makanan yang masuk dalam rumpun umbi-umbian ini termasuk dalam salah satu makanan dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Biasanya, talas diolah menjadi makanan rebus sederhana yang disajikan dengan cocolan garam. Namun kini, talas sering diolah menjadi keripik beraneka rasa yang gurih, crispy, dan lezat.

Ada banyak jenis talas di Indonesia, salah satu yang paling terkenal adalah talas Bogor. Dalam 100 gram talas mengandung sekitar 3,4 mg vitamin C, 4,4 gram serat, 100 kalori, dan 2,23 protein. Talas sering dijadikan sebagai makanan pengganti karbohidrat bagi para penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan serat dalam talas mampu membantu mengatur kadar gula dalam darah. 

4. Jambu Biji


Jika Anda mengira jeruk adalah buah dengan kandungan vitamin C tertinggi, Anda salah besar. Pemenang dari pemilik kandungan vitamin C tertinggi adalah buah jambu biji. Satu buah jambu biji mengandung sekitar 126 vitamin C. Jumlah ini mampu mencukupi 140 persen kebutuhan vitamin harian Anda.

Tidak hanya itu saja, jambu biji juga memiliki kandungan antioksidan likopen yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Mengkonsumsi jambu biji dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.


Itulah berbagai makanan yang mengandung vitamin C. Seluruh sumber makanan dengan kandungan vitamin C diatas dapat dengan mudah ditemukan di sekitar. Peran vitamin C sangat penting dalam menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Tubuh yang kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu. Jadi, jangan lupa penuhi asupan vitamin C Anda ya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.